Penyakit Liver Cegah Sejak Dini !

Penyakit Liver Cegah Sejak Dini !

 

Penyakit LiverPenyakit liver yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur, serta bakteri yang meracuni liver atau hati seseorang. Penyakit liver adalah penyakit hati menahun yang ditandai lewat sistem peradangan (hepatitis).

Hati, organ besar yang terletak pada sebelah bawah kanan tulang rusuk ini mempunyai fungsi bermacam-macam, yaitu sebagai tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah, sebagai tempat penyimapanan zat-zat mineral, seperti zat besi, kalium dan tembaga, penyimpan cadangan air, dan tempat pembakaran gula serta pembentukan kolesterol. Ia juga yang mengubah lemak menjadi asam lemak. Zat-zat racun yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalam tubuh akan dibuang ke hati bersama-sama cairan empedu menuju usus.

Gejala awal penyakit liver antara lain penurunan berat badan, anoreksia, kelelahan, kelemahan, mual, nyeri perut, dan sembelit atau diare. Seiring dengan perjalanan penyakit, gejala-gejalanya menjadi lebih parah dan dapat mencakup jaundice (perubahan warna pada kulit menjadi kuning), ginekomastia (pertumbuhan berlebihan payudara laki-laki), penyusutan testis, memar, koagulasi darah yang buruk, asites (akumulasi cairan di perut) , dan edema perifer (akumulasi cairan di kaki).

Komplikasi penyakit liver dalam stadium lanjut dapat berakibat fatal. Karena hati yang rusak tidak mampu untuk menetralkan zat-zat beracun, terutama amonia, dan tumpukan racun dalam aliran darah dapat menyebabkan kondisi yang disebut ensefalopati hati. Akibatnya adalah delirium, kebingungan, kelesuan, pembicaraan yang tidak jelas, halusinasi, dan koma. Selain itu, hati yang rusak kehilangan kemampuannya untuk memproduksi protein pembeku, yang dapat menyebabkan perdarahan yang tak terkontrol. Selanjutnya, infeksi, gagal ginjal, dan kanker hati sangat sering ditemui pada pasien ini.

Penyakit Liver Cegah Sejak Dini !

Faktor Risiko Penyakit Liver

  • Penyalahgunaan alkohol kronis: Sedikitnya dua minuman per hari untuk wanita atau empat gelas per hari untuk pria, yang telah dikonsumsi lebih dari 10 tahun, dapat menyebabkan sirosis. Penyakit hati alkoholik menyebabkan 12.000 kematian per tahun di Amerika Serikat. Sayangnya, banyak pasien menunjukkan gejala setelah penyakit hati yang parah telah terjadi.
  • Hubungan seksual yang tidak aman: Hepatitis B dan C infeksi mudah menular melalui hubungan seksual tanpa pelindung.
  • Penggunaan obat intravena: Transmisi Hepatitis B dan C juga umum melalui penggunaan narkoba dengan suntikan.
  • Penyakit hati kronis karena keturunan atau didapat setelah lahir: Hemokromatosis, penyakit Wilson, dan hepatitis autoimun merupakan faktor risiko kuat untuk sirosis.

Mencegah Penyakit Liver

Walaupun penyakit liver termasuk sebagai penyakit yang sulit diobati, tetapi sakit liver masih bisa dicegah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit liver :

  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.
  • Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri
  • Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik.
  • Melakukan hubungan intim yang aman
  • Menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
  • Menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya.
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus. Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional.
  • Menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia.
  • Mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat.
  • Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis a
  • Mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur. Lamanya tidur 6-7 jam perhari.

Ada banyak pengobatan yang dilakukan untuk penyakit liver. Salah satu yang paling utama saat ini adalah pengobatan herbal menggunakan S-Lutena, sebuah obat yang begitu ampuh dan didapatkan dari berbagai bahan-bahan alami. Sudah banyak orang yang mendapatkan kesembuhan dari slutena, sebuah obat serbaguna yang mampu mengatasi masalah hati anda. Ketika anda mempunyai berbagai tanda tanda penyakit liver, segera pesan Slutena sekarang juga.

Penyakit Liver Cegah Sejak Dini !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*