Penyakit Liver Ini Pantangannya !

Penyakit Liver Ini Pantangannya !

Penyakit Liver – Liver adalah organ penting yang punya lebih dari 500 fungsi. Salah satu fungsi hati yang utama adalah menetralkan zat-zat yang sangat berbahaya bagi tubuh anda. Hati juga punya fungsi yang sangat penting untuk mengontrol penggumpalan darah. Hati juga membentuk plasma darah serta zat pembeku darah. Ketika anda punya penyakit liver, semua fungsi hati akan terhenti dan anda akan mengalam berbagai penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit liver sangat berkaitan erat dengan organ hati atau yang sering sekali disebut dengan hepatitis . Penyakit liver juga sangat erat dengan peradangan hati.

Hampir semua peradangan pada liver menimbulkan gejala kuning pada tubuh, hal ini disebabkan menurunnya fungsi liver. Namun, hal ini tergantung pada penyebab, gejala serta tanda penyertanya yang seringkali tidak sama. Jika disebabkan oleh infeksi, umumnya akan disertai demam, nyeri kepala, lesu, dan lemah. Selain itu, keluhan mual dan muntah juga selalu menyertai penyakit liver ini.

Penyakit Liver Ini Pantangannya !Bila diperhatikan, kulit dan bagian putih pada mata akan tampak kuning, begitu juga dengan air seni yang akan berubah menjadi berwarna seperti teh. Gejala penyakit liver lainnya adalah nafsu makan menjadi hilang, susah bernafas, gangguan pada pencernaan seiring berjalannya waktu, timbul alergi atau bahkan tidak menyukai makanan sama sekali.

Selain semua gejala diatas, biasanya juga ada rasa tidak enak di perut bagian kanan atas dan terasa nyeri kalau ditekan. Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak semua sakit liver akan menyebabkan gejala kuning pada kulit dan bagian putih pada mata.

Ada banyak pantangan penyakit liver yang sudah seharusnya anda hindari. Penting bagi kita untuk menjaga gaya dan pola hidup yang sehat, supaya terhindar dari penyakit liver. Liver merupakan salah satu organ yang teramat vital serta menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh.

Ketika liver terkena penyakit atau gangguan fungsi. Jenis makanan yang menjadi pantangan penyakit liver dan harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri. Selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita liver mempunyai pantangan penyakit liver sebagai berikut :

  • Pantangan penyakit liver pertama yaitu Berbagai makanan dengan kandungan lemak yang begitu tinggi seperti daging kambing, es krim, jeroan, keju, mentega, makanan berminyak, serta makanan bersantan.
  • Makanan yang ada di dalam kemasan kaleng seperti cornet serta sarden.
  • Kue atau cemilan yang mempunyai kandungan kalori serta lemak jenuh yang tinggi. Kue yang patut untuk dihindari adalah kue tart, gorengan, dan beragam makanan cepat saji.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah makanan yang menimbulkan gas seperti kacang merang, lobak, durian, kol, sawi, serta nangka.
  • Bumbu masakan yang mempunyai rasa serta aroma begitu kuat seperti bawang, cabai, merica, serta jahe.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah minuman yang mengandung soda serta alcohol.
  • Hindari asap rokok.
  • Apabila menkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal, seperti Pegagan, Sambung nyawa, Mahkota dewa, Daun salam, dll.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari makananseafood, seperti udang, cumi-cumi, kerang dan makanan seafood lainnya.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari stress dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.

Penyakit Liver Ini Pantangannya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*