Penyakit Liver Pada Anak

Penyakit Liver Pada Anak

Penyakit LiverPenyakit liver merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit hati atau liver dapat disebabkan oleh virus, yang dikenal dengan penyakit hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis non A dan non B. Selain itu, penyakit hati dapat pula berasal dari pola konsumsi makanan yang salah atau zat-zat kimia yang terkandung dalam obat, seperti antibiotika, parasetamol, arsenal, dan obat-obatan yang dikonsumsi manusia dalam bentuk hidangan fast food.

Jangan dilupakan pula bahwa zat-zat cemaran dari polusi udara mampu menyerang hati secara lambat laun tetapi pasti. Timah hitam (Pb) dan kadmium (Cd) merupakan kntaminan terbesar dari seluruh debu logam di udara. Kontribusi terbesar Pb dan Cd berasal dari knalpot kendaraan bermotor yang selain mencemari udara, juga dapat mencemari makanan dan air. Zat-zat polutan tersebut akan disimpan secara akumulatiof dalam hati dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sirosis hati.

Fungsi liver antara lain mengeluarkan racun dalam tubuh, menyimpan vitamin tertentu, mengontrol kolesterol serta metabolisme lemak dan mengatur hormon. Setiap hari anda terpapar polusi dan racun, akibatnya liver ‘bekerja berat’. Apalagi jika anda perokok, sering begadang, minum obat-obatan dan sering mengkonsumsi alkohol. Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.

Penyakit liver lainnya disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat: tidak pernah berolahraga atau berolahraga terlalu keras tanpa diimbangi istirahat yang cukup, kurang mengkonsumsi buah dan sayur serta air putih, terlalu banyak mengonsumsi alkohol serta makan-makanan cepat saji dan tidak higienis. Semua ini menyebabkan penumpukan bakteri di dalam hati dan akhirnya menimbulakan kerusakan.

Penyakit Liver Pada Anak

Penyakit Liver Pada Anak

Namun, ada juga penyebab yang dibawa sejak lahir dan merupakan sebuah kelainan. Biasanya penyakit ini langsung terdeteksi pada saat baru lahir. Penyakit liver pada anak juga memiliki tingkatan kondisi tertentu, di mana setiap kondisinya juga memerlukan penanganan tersendiri. Di antaranya adalah atresia bilier, penyakit kuning, liver hepatitis, cacat hati bawaan dan lain-lain. Lalu, bagaimana anda mengidentifikasi jika anak Anda terkena penyakit liver? Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah melihat adanya kelainan, seperti:

  • Pada bagian tubuh tertentu anak warna kulit menjadi kuning seperti telapak kaki , mata dan telapak tangan . Jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat , warna kuning ini akan lama hilangnya .
  • Air kencing warnaya cenderung menyerupai teh yang kecoklatan
  • Nafsu makan terus mengalami penurunan sehingga metabolisme tubuh terhambat .
  • Berat badan turun drastis
  • Sangat Sering mual-mual sampai tidak jarang pula muntah-muntah
  • Perut bagian kanan atas terasa sakit.
  • Pembuluh darah menjadi makin besar.
  • Kadar gula yang dihasilkan oleh tubuh semakin turun
  • Mengalami demam dan stres ringan
  • Terjadinya diare untuk jangka waktu tertentu tanpa sebab yang pasti dan biasanya warna feses pada penderita penyakit liver pun cenderung berwarna pucat.

Mencegah Penyakit Liver pada Anak

Berikut adalah beberapa upaya pencegahan terhadap penyakit liver pada anak yang perlu Anda lakukan:

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Contoh sederhananya adalah mencuci tangan setelah dan sebelum makan sehingga dapat terhindar dari bakteri-bakteri dari alat-alat makan yang digunakan. Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua harus mengajari buah hati anda untuk membiasakan hal ini.
  • Rajin mengkonsumsi air mineral 8-10 gelas sehari juga dapat membantu menghambat potensi perkembangbiakan virus di dalam tubuh.
  • Mengecek kondisi tubuh secara rutin untuk mengetahui adanya penyakit ini sedini mungkin. Dengan cara ini, upaya identifikasi penyakit liver dan pengobatannya dapat dilakukan sedini mungkin. Pasien masih berpotensi sembuh total jika penyebaran bakteri masih belum terlalu luas.
  • Mengatur pola hidup menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Bagi penderita liver, terapi diet sangat penting untuk dilakukan. Kandungan gizi pada terapi diet penderita hepatitis berbeda-beda tergantung pada kondisi penderita. Total kalori yang diberikan juga berbeda, tergantung besar badan dan aktivitas penderita penyakit liver.

Penyakit Liver Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*