Penyakit Liver Dan Pencegahannya

Penyakit Liver Dan Pencegahannya

Penyakit LiverPenyakit liver merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit hati atau liver dapat disebabkan oleh virus, yang dikenal dengan penyakit hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis non A dan non B. Selain itu, penyakit hati dapat pula berasal dari pola makan yang salah atau zat-zat kimia yang terkandung dalam obat, seperti antibiotika, parasetamol, arsenal, dan obat-obatan lainnya yang mengandung zat kimia.

Penyakit Liver Dan Pencegahannya

Penyakit Liver Dan Pencegahannya

Gejala awal dari penyakit liver adalah ciri-ciri awal munculnya suatu kelainan dalam tubuh seseorang sehingga menyebabkan ketidak sempurnaan kinerja organ hati dari dalam tubuh. Adapun gejala-gejala penyakit liver yang harus anda waspadai adalah :

  • Adanya perubahan warna kulit, saat seseorang terkena penyakit liver biasanya warna mata dan kulit akan menjadi kekuning-kuningan sehingga sebagian orang-orang menyebutnya sebagai penyakit kuning.
  • Adanya perubahan perut sehingga nampak terlihat buncit, hal ini disebabkan dengan munculnya pembengkakan di area bawah tulang rusuk bagian bawah.
  • Warna kuning kegelapan pada air seni.
  • Ketidak teraturan buang air besar
  • Bentuk kuku berubah menjadi melengkung dan adanya perubahan warna keputihan pada kuku
  • Tubuh mudah memar dan sering mengalami mimisan karena tubuh kekurangan protein

Adapun penyebab dari penyakit liver antara lain adalah sebagai berikut :

  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maupun tidak higienis
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Pola makan yang tidak seimbang dan tidak teratur
  • Terlalu sering mengkonsumsi obat (mengkonsumsi obat berlebihan)
  • Pola hidup yang tidak sehat dan tidak seimbang

Berikut langkah-langkah untuk mencegah penyakit liver :

1. Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Selalu membiasakan diri dari hal yang paling kecil namun memiliki fungsi dan manfaat yang baik, seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu dengan menggunakan sabun khusus pembersih tangan (hand soap) agar bakteri dan kumanyang bersarang pada kulit tangan mati. Mencegah penyakit liver dimulai dari dalam rumah membiasakan untuk menyediakan tempat pembuangan sampah kecil, menutup makanan dengan tudung saji, kebersihan dari kamar kecil (toilet) dsb.

2. Rajin Mengkonsumsi Air Mineral Minimal Sehari 8-10 Gelas

Rajin mengkonsumsi air mineral minimal sehari 8-10 gelas atau setara dengan 1,5-2 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan anda. Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri.

3. Menghindari Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak Jenuh

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi penting dalam tubuh, namun kebutuhan lemak dalam tubuh tetap harus terkendali dan diseimbangkan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi lainnya. Bila tubuh banyak menyimpan dan menimbun lemak maka akan berakibat pada penurunan salah satu fungsi organ tubuh dan mudah terserang penyakit. Mencegah penyakit liver dengan mengHindari makanan seperti makanan yang banyak menggunakan santan, makanan pedas, makanan yang menggunakan bahan pewaran kimia dan bahan pengawet makanan biasanya terdapat pada makanan dalam kemasan atau siap saji yang sudah lama pengolahannya.

4. Banyak Mengkonsumsi Sayur Dan Buah

Buah dan sayur merupakan sumber energi yang mengandung gizi, mineral, zat besi, magnesium, vitamin dan sumber nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah dan sayur. Mencegah penyakit liver Dengan rajin mengkonsusmi yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan D serta vitamin lainnya. Buah yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit liver atau hati seperti buah pepaya, jeruk, pisang, apel, mangga dan macam buah lainnya dan yang harus dihindari adalah buah nanas, nangka, durian. Ketiga buah tersebut mengandung zat yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan hati.

5. Menerapkan Dan Menyeimbangkan Nilai Gizi Yang Dibutuhkan Tubuh

Mengkonsusmsi makanan yang diperkaya dengan karbohidrat, protein, zat besi dan zat gizi lainnya sangat penting dibutuhkan tubuh. Dengan menyeimbangkan kebutuhan akan gizi dan nutrisi dalam tubuh, misalnya ikan, telur, roti, gandum, nasi merah, kacang polong, kacang merah dsb. Tentunya semua itu harus di imbangi dengan gaya hidup, kebiasaan hidup yang baik dengan menghindari kebiasaan buruk. Satu hal yang paling penting bagi penderita yang terdiagnosa terserang penyakit hati adalah menghindari makanan dengan selera pedas, menghindari makanan yang mengandung rasa masam, hindari penggunaan saus, mengurangi kebiasaan minum air dingin, gorengan dan jenis makanan lainnya.

6. Olahraga Yang Teratur Setiap Harinya

Olahraga yang teratur setiap harinya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan anda minimal 2 kali dalam seminggu minimal 1-2 jam per session.

Penyakit Liver Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*