Buah Untuk Penderita Penyakit Liver

Buah Untuk Penderita Penyakit Liver

Buah Untuk Penderita Penyakit Liver

Liver atau sering juga disebut dengan hati merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh namun kesehatannya seringkali tidak diperhatikan. Tugas liver sendiri terbilang berat dan mempunyai tanggung jawab pada lebih dari 500 fungsi yang berbeda beda. Beberapa fungsi dari liver diantaranya adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menyimpan beberapa jenis vitamin, menjaga kolesterol, mengontrol lebih, mengatur hormon dan beberapa tugas penting lainnya.

Penyakit liver merupakan kondisi medis yang ditandai kerusakan jaringan organ hati secara bertahap mengikuti perkembangan dari penyakit yang bisa berkembang menjadi fibrosis yang merupakan penyakit pada organ hati dan juga sirosis hati. Fibrosis merupakan pembentukan struktur jaringan parut halus yang bisa mengakibatkan pengerasan jaringan sekaligus menghalangi cairan melewati beberapa jaringan tersebut. Sementara sirosis hati merupakan proses terbentuknya jaringan parut di jaringan hati.

 

 

Gejala Penyakit Liver

Gejala penyakit liver yang muncul pada seseorang sangat beragam, tergantung kepada jenis dan penyebab penyakit liver yang diderita. Berikut beberapa gejala yang dapat ditimbulkan dari penyakit liver, di antaranya adalah:

  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Rasa lelah
  • Warna feses berubah menjadi pucat seperti dempul.
  • Warna urine berubah menjadi gelap seperti teh
  • Kulit dan mata menjadi kuning
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Nyeri perut dan perut membesar
  • Pembengkakkan pada tungkai dan kaki
  • Mudah memar

 

 

Buah Untuk Penderita Penyakit Liver

Penyakit liver bisa terjadi karena infeksi, cedera, paparan obat atau zat beracun, autoimun atau cacat genetik yang membuat zat perusak seperti tembaga dan besi menumpuk di organ hati. Apabila anda sudah terlanjur mengalami penyakit liver, berikut ini kami berikan beberapa jenis buah untuk penderita penyakit liver terbaik yang bisa anda konsumsi:

 

  1. Alpukat

Salah satu penyakit liver yakni hepatitis bisa akan membuat fungsi organ hati mengalami gangguan dan membutuhkan pemerbsihan racun serta senyawa berbahaya. Dalam buah alpukat yang merupakan makanan sehat untuk penderita liver ini mengandung zat glutathione yang sangat ampuh untuk membersihkan racun dari organ hati serta kandungan lemak tak jenuhnya sangat bagus dikonsumsi penderita liver dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

  1. Pisang

Buah pisang juga menjadi buah untuk penderita penyakit liver terbaik yang bisa anda konsumsi sekaligus mempercepat penyembuhan penyakit pada organ hati. Dalam pisang mengandung banykan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan hati sehingga disarankan untuk di konsumsi setiap hari.

 

  1. Grapefruit

Grapefruit atau jeruk bali mengandung antioksidan yang sangat tinggi yakni naringinen serta naringin yang sangat bagus untuk melindungi organ hati dan juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk liver bengkak. Kegunaan grapefruit untuk liver adalah melindungi organ hati dari cedera, melindungi dari peradangan dan juga melindungi sel. Antioksidan yang ada dalam grapefruit akan mengurangi perkembangan dari fibrosis hati yang sangat berbahaya yakni menyebabkan terbentuknya jaringan ikat secara berlebihan di organ hati.

 

  1. Cranberries dan Blueberry

Kedua jenis buah berry ini memiliki kandungan antosianon yakni antioksidan pemberi warna pada buah yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh khususnya liver. Mengkonsumsi buah berry ini secara teratur selama 3 sampai 4 minggu sangat baik untuk melindungi hati dari kerusakan, menjaga fungsi organ hati sebagai alat ekskresi, meningkatkan respon sel kekebalan tubuh dan juga enzim antioksidan.

Sementara ekstrak dari buah blueberry sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker hati, memperlambat perkembangan lesi, makanan untuk penderita liver bengkak dan juga fibrosis serta perkembangan jaringan parut pada organ hati sehingga mengkonsumsi 2 jenis buah ini sangat disarankan dalam diet harian anda.

 

  1. Pir Berduri

Buah untuk penderita penyakit liver dan juga obat herbal untuk hepatitis selanjutnya adalah buah pir berduri yang merupakan sejenis kaktus namun bisa dikonsumsi yang lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus. Buah ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional penyakit hati, luka dan juga bisul. Mengkosumsi ekstrak buah pir berduri ini akan menormalkan kadar enzim dan juga kolesterol.

 

  1. Semangka

Buah yang terasa manis dan menyegarkan ini ternyata tidak hanya nikmat namun sangat baik untuk menjaga kesehatan liver dan juga ginjal. Semangka menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk merangsang fungsi hati lebih baik karena sifat deuretik dan kemampuan detoksifikasi tubuh yang sangat tinggi.

 

  1. Lemon

Lemon juga menjadi buah untuk penderita penyakit liver khususnya dikonsumsi saat perut kosong. Lemon adalah agen detkos alami yang efektif mengobati penyakit hati berlemak dan juga masalah liver lainnya seperti obat herbal batu empedu. Kandung vitamin dan mineral tinggi yang ada dalam buah lemon akan memperkuat organ hati sekaligus memecah makanan lebih cepat sehingga bisa meningkatkan sistem pencernaan lebih baik.

 

  1. Apel

Segala jenis apel seperti apel merah dan apel hijau merupakan buah untuk obat liver bagus yang juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi ginjal dan jantung. Apel sangat baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat serta trigliserida dalam darah serta detoksifikasi hati. Idealnya, apel sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan manfaat besar dalam hati.

 

Itulah buah untuk penderita penyakit liver yang ampuh menyembuhkan liver bila dikonsumsi secara rutin dan pastinya rasanya enak dan sangat aman bila dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu yang panjang.

 

 

Buah Untuk Penderita Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*