Cara Mencegah Fatty Liver

Cara Mencegah Fatty Liver

Cara Mencegah Fatty Liver

Cara Mencegah Fatty Liver – Fatty liver adalah gejala awal yang dapat menimbulkan masalah pada organ hati dan gangguan fungsi hati. Fatty liver merupakan pembengkakan hati yang disebabkan oleh adanya penimbunan lemak (Lipid) yang berlebihan di dalam sel-sel hati. Jika hati mengalami pembengkakan maka hati atau liver menjadi tidak berfungsi. Kemudian akan timbul gejala-gejala dari penyakit hati atau liver yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab.

Gejala yang biasanya akan dialami oleh para penderitanya adalah rasa tidak nyaman di bagian organ hati yaitu di bagian perut bagian kanan. Hati jika mengalami fatty akan menjadi berlemak dan berwarna kekuning-kuningan. Hal ini juga sangat memungkinkan terbentuknya batu empedu di dalam hati karena adanya timbunan kolestrol dan minyak di dalam hati. Adanya gangguan pada organ hati dapat membuat kondisi kesehatan menjadi semakin terganggu pada jangka waktu panjang. untuk mendeteksi adanya fatty liver ini bisa dilakukan dengan menggunakan USG atau pemeriksaan enzim tertentu di dalam tubuh yang bisa mengindikasikan apakah ada penumpukan lemak yang berlebih di dalam hati atau tidak. – Cara Mencegah Fatty Liver

 

Dibawah ini merupakan beberapa faktor penyebab dari pembengkakan hati yang diakibatkan dari perlemakan pada organ hati. – Cara Mencegah Fatty Liver

 

Berikut diantara penyebab perlemakan hati (fatty liver), diantaranya :

  1. Seseorang yang memiliki bobot tubuh yang berlebihan / kegemukan ( obesitas ).
  2. Menderita kencing manis (diabetes).
  3. Efek samping dari konsumsi minuman beralkohol dan bersoda.
  4. Efek samping dari obat-obatan kimia, seperti kortikosteroid, tetrasiklin, asam valproat, metotreksat, karbon tetraklorid, fosfor kuning.
  5. Seseorang yang kekurangan gizi atau akibat dari diet rendah protein.
  6. Akibat berlebihan mengkonsumsi vitamin A sehingga mengakibatkan tubuh mengalami keracunan vitamin A.
  7. Pasca operasi pada usus kecil yang sudah lama kemudian timbul kembali reaksi yang berlebihan pada usus kecil dan mengganggu fungsi hati.
  8. Fibrosis kistik (bersamaan dengan kurang gizi).
  9. Kelainan bawaan pada metabolisme glikogen, galaktose, tirosin atau homosistin.
  10. Kekurangan rantai-medium arildehidrogenase.
  11. Kekurangan kolesterol esterase.
  12. Penyakit penumpukan asam fitanik (penyakit Refsum).
  13. Abetalipoproteinemia.
  14. Sindroma Reye.
  15. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti: makanan yang menggunakan banyak santan, makanan pedas, gorengan dan makanan atau minuman yang banyak menggunakan bahan pengawet makanan. – Cara Mencegah Fatty Liver

 

Pada fatty liver atau pembengkakan hati atau liver tidak menimbulkan gejala yang signifikan atau terlihat dan dirasakan secara pasti, namun apabila seseorang tidak mampu mengendalikan diri terhadap asupan makanan yang mengandung resiko tinggi terhadap gangguan fungsi hati, maka lambat laun seseorang yang teridentifikasi penyakit liver akan menunjukkan gejala yang dapat dilihat, seperti perubahan pada warna selaput mata yang putih menjadi kuning, perubahan pada warna urine menjadi kuning atu kecokelatan, sering mengalami nyeri terutama pada perut bagian atas, sering merasa mual ingin muntah, timbul bau mulut dan bau badan yang tidak sedap. – Cara Mencegah Fatty Liver

 

Cara Mencegah Fatty Liver

Secara medis pengobatan pada penderita perlemakan hati, jika masih dalam kondisi yang tidak terlalu parah bisanya akan diberikan obat-obatan antivirus dan Obat steroid (kortikosteroid) atau imunosupresan. Namun jika kondisi hati tersebut sudah parah seperti Sirosis dan gagal hati maka harus dilakukan operasi transplantasi hati (pergantian hati). – Cara Mencegah Fatty Liver

Jika berdampak menjadi kanker hati, secara medis pengobatannya tentu harus pengobatan operasi kanker, seperti kemoterapi, radioterapi atau imunoterapi.

Sebaiknya lakukan pencegahan sedini mungkin jika perlemakan hati tersebut masih dalam kondisi awal gejala untuk menghindarinya menjadi parah. Berikut ini beberapa tips Cara Mencegah Fatty Liver agar lemak hati cepat luntur (berkurang) atau menghilangkannya agar tidak semakin parah, antara lain :

  1. Cara Mencegah Fatty Liver dengan mengurangi atau batasi konsumsi makanan yang berlemak, agar lemak di dalam tubuh terutama hati tidak semakin menumpuk dan parah.
  2. Cara Mencegah Fatty Liver dengan menambahkan nutirisi sayuran dan buah-buahan, seperti buah apel, anggur, alpukat, kacang-kancangan dan lain sebaginya karena buah-buahan tersebut bisa membantu menguraikan lemak di dalam tubuh terutama di dalam hati.
  3. Cara Mencegah Fatty Liver dengan rutin berolah raga secara teratur, apalagi jika anda seorang obesitas (kegemukan) yang sangat berpotensi fatty liver harus rutin berolah raga agar lemak di dalam tubuh bisa teruraikan.
  4. Cara Mencegah Fatty Liver dengan menjalankan pola hidup sehat, jika pola hidup anda sehat pasti anda akan lebih sehat begitu pun sebalik jika pola hidup anda tidak sehat sudah pasti anda tidak akan sehat artinya anda akan mudah terserang berbagai penyakit.
  5. Cara Mencegah Fatty Liver dengan menghindari stres, salah satu pemicu tidak bisa melakukan pola hidup sehat adalah setres sehingga secara tidak disadari akan menimbulkan berbagai penyakit yang tidak disadari.

Cara Mencegah Fatty Liver tersebut bisa dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi keparah, namun bukan tidak mungkin bisa menyembuhkannya secara alami.

 

Cara Mencegah Fatty Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*