Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis

Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis

 

Salah satu organ penting yang dimiliki oleh manusia adalah hati. Organ yang satu ini berperan penting dalam melakukan berapa proses yang membantu proses metabolisme tubuh kita. Fungsi hati sendiri ada empat yaitu mengubah betakaroten menjadi vitamin A, menyimpan glikogen, merombak sel sel darah merah yang mati dan penetralan racun.

Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis

Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis

Sayangnya fungsi organ hati juga dapat mengalami gangguan bahkan kerusakan akibat dari berbagai faktor. Jika gangguan ini tidak segara diatasi oleh pengobatan yang tepat maka penyakit hati tersebut dapat berkembang menjadi penyakit liver.

Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis

Cara mengobati penyakit liver kronis secara tradisional bisa menjadi pilihan untuk Anda. Dengan menggunakan rempah-rempah yang ada di sekeliling kita, penyakit liver atau hepatitis yang kita kenal dengan penyakit kuning harus diwaspadai karena kalau dibiarkan tanpa pengobatan akan berdampak negatif bisa mengakibatkan kematian, ada banyak penyebab timbulnya penyakit liver seperti karena keturunan, kekurangan gizi waktu masih didalam kandungan, kelainan sistem metabolisme atau kerusakan proses dalam pencernaan, inveksi atau adanya bakteri, minuman alkohol atau sering meminum minuman yang bersoda, pernah melakukan operasi bagian dalam tubuh dan efek samping dari obat-obatan kimia yang penggunaanya secara terus-menerus dan rokok.

Dibawah ini beberapa cara mengobati penyakit liver kronis secara alami tanpa efek samping :

  1. Temulawak (Curcuma Xathoriza)

Cara mengobati penyakit liver kronis dengan temulawak. Temulawak (Curcuma Xanthoriza) curcumin dari ekstrak temulawak bermanfaat sebagai pelindung liver, dan memperkuat sel-sel liver, seta meningkatkan daya tahan tubuh. Rimpang temulawak mengandung curcumin yang memiliki khasiat alami sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati radang hati.

  1. Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Cara mengobati penyakit liver kronis dengan sambiloto. Sambiloto (Andrographis paniculata) mengandung zat andrographolid. Fungsi dari zat andrographolid adalah merusak inti sel tumor dan meningkatkan daya tahan tubuh, daun ini sangat bagus. Selain itu sambiloto juga efektif untuk infeksi dan merangsang fagositosis yaitu kemampuan sel dalam bekerja membunuh benda asing seperti bakteri, virus, dan sebagainya yang masuk kedalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai sumber penyakit (sebagai imunostimulan). Sambiloto juga dapat digunakan untuk cara mengobati penyakit liver kronis.

  1. Pegagan (Centella Asiatica)

Cara mengobati penyakit liver kronis dengan sambiloto pegagan. Pegagan memiliki efek hepatoprotektor pada penderita hepatitis dengan kandungan asiatikoside dimana mekanismenya menigkatkan perbaikan dan penguatan sel hati disamping itu pula asiatikoside bertindak sebagai pengangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu fungsi dari Pegagan adalah meregenerasi sel-sel liver yang rusak dan mengembalikannya menjadi sel yang sehat.

  1. Daun Sirsak (Annona Muricata L)

Cara mengobati penyakit liver kronis dengan daun sirsak. Di dalam daun sirsak terkandung annonaceous acetorenins yakni semacam zat anti kanker, anti oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan beberapa zat lainya yakni Saponin, polifenol, dan bioflavonoid yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Daun sirsak juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi, mengatasi sakit pinggang, untuk ambeien/wasir dan yang paling menakjubkan adalah bisa menyerang sel-sel kanker dalam tubuh. Bahkan menurut hasil penelitian, menunjukan bahwa daun sirsak mampu menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker, secara selektif memilih target dalam membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya: kanker usus besar, kanker payudara, kanker pankreas dll.

  1. Kunyit ( Curcuma Domestica)

Cara mengobati penyakit liver kronis dengan kunyit. Kunyit (Curcuma domestica) bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan. Beberapa kandungan kimia dari rimpang kunyit yang telah diketahui yaitu minyak atsiri sebanyak 6% yang terdiri dari golongan senyawa monoterpen dan sesquiterpen (meliputi zingiberen, alfa, turmerone), zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi kurkumin 50-60%, modesmetoksikurmumin dan bidesmetoksikurkumin), protein, fosfor, kalium, besi,dan vitamin C.

Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis, Dari ketiga senyawa kurkuminoid tersebut, kurkumin merupakan komponen terbesar. Sering kadar total kurkuminoid dihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Karena alasan tersebut beberapa penelitian baik fitokimia maupun farmakologi lebih ditekankan pada kurkumin.

Itulah beberapa cara mengobati penyakit liver kronis secara alami yang dapat Anda terapkan. Jagalah selalu kesehatan dan kebersihan diri Anda dan lingkungan disekitar Anda agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Semoga artikel mengenai cara mengobati penyakit liver diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Cara Mengobati Penyakit Liver Kronis

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*