Ciri-Ciri Kanker Liver Stadium Awal

Ciri-Ciri Kanker Liver Stadium Awal

Ciri-Ciri Kanker Liver Stadium Awal

Kanker liver tergolong penyakit yang mematikan menurut beberapa survei di dunia. Hal tersebut didasari dari penelitian bahwa organ liver memiliki fungsi yang sangat vital pada tubuh manusia. Liver menjadi organ yang berperan sangat aktif saat tubuh menjalani proses metabolisme. Dengan demikian bisa dibayangkan apabila liver dalam kondisi mengalami kerusakan atau tidak normal.

 

Ciri-ciri kanker liver stadium awal mungkin sulit untuk dikenali. Namun, secara kasat mata kita dapat mengamati sebagian kecil gejala tersebut untuk lebih awal memeriksakan kondisi kesehatan. Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa kanker liver terdiri dari dua macam yaitu kanker liver sekunder dan kanker liver primer. Kanker liver yang mayoritas diderita masyarakat adalah kanker liver sekunder atau kanker liver yang berawal dari organ lain dan menuju ke liver. Akan tetapi, secara umum gejala keduanya dapat dikatakan mirip. Berikut ini beberapa ciri-ciri kanker liver stadium awal:

 

  1. Lidah Pahit

Organ liver yang mulai mengalami kerusakan menandai bahwa sel kanker mulai menyebar. Meski masih awal dan berukuran kecil sel kanker ini dapat dengan cepat menyebar ke organ lainnya apalagi bila sudah merambah ke empedu. Empedu yang sudah rusak karena terkena sel kanker akan menaikkan kadar asam lambung sehingga menyebabkan mual dan kadang disertai rasa pahit di sekitar lidah.

 

  1. Nyeri Perut

Perut akan mengalami nyeri yang berbeda dari biasanya karena tekanan yang disebabkan oleh penyebaran sel kanker. Pada kondisi ini sel kanker semakin menyebar dengan cepat disertai dengan rasa penuh pada perut dan mengurangi rasa lapar. Sehingga wajar dalam kondisi ini pula nafsu makan anda akan berkurang.

 

  1. Nafsu Makan Berkurang

Nafsu makan yang berkurang adalah akibat tingginya kadar asam lambung yang terbentuk dari kerusakan organ liver pada waktu awal sel kanker menyebar. Kondisi ini terkadang juga menimbulkan rasa mual serta muntah yang sangat mengganggu aktifitas makan penderita. Tahap ini biasanya dianggap sebagai penyebab penyakit yang sepele, namun sebenarnya pada kondisi inilah sel kanker menyerang tubuh. Jika penderita semakin tidak bernafsu makan akan lebih mudah sel kanker tumbuh karena tubuh dalam kondisi lemah.

 

  1. Nyeri Ulu Hati

Sejauh ini tidak banyak diketahui penyebaran sel kanker yang dapat dengan cepat menuju ke organ lain hanya dalam waktu beberapa minggu saja ternyata disebabkan oleh penanganan yang tidak segera dilakukan saat merasakan nyeri pada ulu hati. Nyeri pada bagian ini biasanya dianggap bagian dari penyakit maag akut. Anggapan semacam ini akan mengakibatkan rasa nyeri terus berlanjut sementara sel kanker tetap menyebar dan menekan organ liver. Bahkan disertai dengan pembengkakan yang akan menekan paru-paru. Terkadang kondisi ini juga disertai dengan sesak napas bagi penderita.

 

  1. Bengkak Kaki dan Tangan

Kondisi organ yang tidak normal lainnya dapat diketahui saat beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan. Khususnya pada kaki dan tangan. Pembengkakan tersebut dapat berlangsung cukup lama tanpa disertai penyebab yang jelas.

 

  1. Penyakit Kuning

Penyebab utama kanker liver biasanya diawali dengan riwayat pasien yang pernah mengalami hepatitis atau gangguan liver. Riwayat kedua penyakit tersebut sangat berkaitan dengan terjadinya disfungsi organ liver, sehingga memerlukan penanganan dan perhatian khusus. Racun yang bersarang dalam tubuh dan seharusnya dinetralisir oleh liver justru semakin menyerang tubuh karena fungsi liver yang tidak optimal. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan cairan empedu yang bercampur dengan darah dan menjadikan beberapa bagian seperti bola mata, kuku menjadi berwarna kekuningan atau biasa disebut penyakit kuning.

 

  1. Berat Badan Menurun

Ciri-ciri kanker liver stadium awal yang berkaitan dengan berat badan yang menurun secara tiba-tiba sebenarnya merupakan pengaruh dari nyeri pada lambung dan ulu hati yang akhirnya memunculkan rasa mual dan berkurangnya nafsu makan. Kondisi tersebut yang mengakibatkan berat badan menurun secara cepat. Apalagi sistem metabolisme tubuh kurang optimal akibat sel kanker yang bersarang di organ dalam paling vital yaitu liver.

 

  1. Komplikasi

Komplikasi dengan penyakit lainnya kemungkinan besar akan terjadi. Terutama jika penderita memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan liver, atau jantung. Hal tersebut dapat mengakibatkan adanya kerusakan yang lebih parah pada organ hati. Komplikasi akan semakin terlihat bersamaan dengan meningkatnya aktifitas sel kanker.

 

  1. Perubahan Warna Feses dan Urin

Fungsi liver yang sangat kompleks menyebabkan organ penting ini berpengaruh signifikan terhadap fungsi bagian tubuh yang lain. Fungsi liver yang paling penting adalah menyerap racun serta membantu metabolisme tubuh. Disfungsi pada liver dapat menyebabkan penyerapan nutrisi pada proses metabolisme kurang optimal, sehingga zat tersebut tidak terserap sempurna dan berakibat perubahan warna pada feses dan urin penederita karena gangguan pada ginjal.

 

  1. Kelelahan

Kelelahan dapat menjadi ciri-ciri kanker liver stadium awal. Pada stadium awal, penderita akan merasakan sesak pada bagian ulu hati yang mengakibatkan rasa nyeri sehingga enggan beraktifitas. Badan juga akan terasa lebih mudah lelah dari biasanya, sambil sesekali pandangan matanya berkunang-kunang. Ini ciri-ciri kanker liver stadium awal yang mulai tumbuh pada bagian tubuh.

 

 

Sebenarnya pencegahan kanker dapat dilakukan dengan mudah seperti menerapkan pola makan yang sehat, serta berolah raga teratur, mengurangi asupan makanan berpengawet, dan mulai berpola pikir yang positif. Beberapa penderita kanker liver biasanya berasal dari mereka yang bekerja terlalu keras dan lupa istirahat cukup.

 

Demikian artikel informatif mengenai ciri-ciri kanker liver stadium awal, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih…

 

 

Ciri-Ciri Kanker Liver Stadium Awal

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*