Faktor Penyebab Penyakit Liver

Faktor Penyebab Penyakit Liver

Faktor Penyebab Penyakit Liver

Faktor Penyebab Penyakit Liver – Salah satu organ vital kita adalah liver (hati). Hati adalah organ terbesar dari tubuh dan terlibat dalam lebih dari 500 fungsi yang berbeda dari tubuh termasuk pencernaan, metabolisme, penyimpanan nutrisi dan pembuangan racun.

Oleh karena itu, menjaga agar liver kita tetap dalam kondisi sehat adalah kunci dari kesehatan kita. Kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mungkin pernah kita lakukan secara tidak langsung bisa membuat liver kita menjadi terganggu. Berikut ini adalah beberapa Faktor Penyebab Penyakit Liver, seperti dilansir DNA.

 

  1. Alkohol

Konsumsi alkohol yang sering adalah Faktor Penyebab Penyakit Liver paling umum. Bila Anda minum alkohol, liver akan dialihkan dari fungsi-fungsi lainnya dan berfokus terutama pada mengubah alkohol menjadi bentuk yang kurang toksik. Penyerapan alkohol oleh hati menyebabkan penyakit hati berlemak, peradangan hati, dan sirosis.

  1. Obesitas

Orang yang mengalami obesitas memiliki jumlah kelebihan lemak tubuh yang cenderung menumpuk di sekitar liver yang menjadikan salah satu Faktor Penyebab Penyakit Liver. Obesitas juga dikaitkan dengan sirosis liver dan gagal liver.

  1. Diabetes

Memiliki diabetes meningkatkan risiko penyakit liver sebesar 50 persen. Orang dengan diabetes karena resistensi insulin memiliki tingkat insulin dalam darah mereka yang memicu kenaikan berat badan pada perut. Faktor Penyebab Penyakit Liver ini menyimpan lemak internal, yang menyebabkan penyakit liver berlemak.

  1. Tinggi asupan garam

Asupan garam tinggi dikenal dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi juga dapat menjadi Faktor Penyebab Penyakit Liver berlemak dengan membangun cairan di liver (retensi air) dan pembengkakan liver.

  1. Merokok

Meskipun asap rokok tidak memiliki efek langsung pada fungsi liver, bahan kimia berbahaya dalam asap rokok meningkatkan stres oksidatif sistem setelah mencapai liver, yang menjadi Faktor Penyebab Penyakit Liver ireversibel yang merusak sel-sel liver.

  1. Terlalu sering menggunakan obat

Terlalu sering menggunakan obat dosis tinggi dan obat resep tertentu diketahui menjadi Faktor Penyebab Penyakit Liver. Beberapa obat ini termasuk antidepresan, stabilisator suasana hati, kortikosteroid (digunakan untuk mengobati peradangan) dan penghilang rasa sakit Baca petunjuk karena itu penting untuk meninjau efek samping obat sebelum mengonsumsinya.

  1. Suplemen gizi

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen makanan atau gizi dapat meningkatkan produksi enzim liver tertentu ketika diambil dalam jumlah berlebih menyebabkan kerusakan. Faktor Penyebab Penyakit Liver terkenal toksisitas liver adalah overdosis vitamin A.

 

Tips untuk memiliki liver yang sehat

  • Menjaga berat badan yang sehat dengan menghindari makanan berlemak dan tetap sehat. Ganti junk food dengan makanan sehat dari semua kelompok makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, produk susu, dan sayuran. Hindari diet yang mungkin mengekspos liver dengan kondisi stres. Berolahraga secara teratur untuk membakar lemak berlebih jika Anda kelebihan berat badan.
  • Sebelum mengambil obat apapun, mencari peringatan toksisitas liver pada label. Ikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengambil beberapa obat untuk kondisi yang berbeda untuk memastikan mereka tidak merusak liver Anda.  –  Faktor Penyebab Penyakit Liver
  • Kebersihan yang baik memainkan peran penting dalam mencegah infeksi virus. Infeksi hepatitis dapat ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi, air, darah dan cairan tubuh lain, terutama ketika Anda bepergian ke luar negeri. Periksa wabah sebelum bepergian. Jangan berbagi pisau cukur atau jarum dengan siapa pun.
  • Minum banyak cairan. Daripada minum kopi, teh, atau minuman soda lebih baik minum jus buah segar dan banyak air. Ini akan membantu liver untuk detoksifikasi sistem.  –  Faktor Penyebab Penyakit Liver
  • Berhenti merokok. Merokok tidak hanya merusak liver dengan sendirinya tetapi juga meningkatkan efek toksik obat-obatan bagi liver Anda.
  • Hindari alkohol. Semakin banyak Anda minum, semakin besar kemungkinan Anda untuk merusak hati.
  • Jika Anda memiliki diabetes atau hipertensi, periksakan secara teratur glukosa Anda, kadar lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit liver berlemak.

 

Semoga dengan mengetahui apa saja Faktor Penyebab Penyakit Liver bisa membantu Anda untuk segera menjauhi apa saja Faktor Penyebab Penyakit Liver yang bisa berakibat fatal. Semoga bermanfaat…

 

 

Faktor Penyebab Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*