Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati– Kanker hati adalah tumor ganas yang menyebabkan kerusakan bentuk dan fungsi organ hati. Kanker ini dapat terjadi pada semua golongan usia, tetapi jarang ditemukan pada usia muda.

Gejala Kanker Hati-Pada umumnya pria lebih banyak menderita kanker hati daripada wanita, dengan perbandingan masing-masing negara yang berbeda-beda. Kejadian kanker hati  lebih tinggi pada pria, bisa disebabkan karena laki-laki lebih banyak terkena oleh faktor risiko kanker hati seperti virus hepatitis dan alkohol.

Gejala Kanker Hati– Kanker hati cenderung menyerang orang-orang yang mempunyai riwayat terkena virus hepatitis B atau C, perokok dan peminum alkohol, juga yang sering mengalami gangguan metabolisme.

Lalu, bagaimanakah ciri ciri kanker hati ini? Biasanya pada  stadium awal kanker hati sulit didiagnosa. Oleh karena itu, prinsip utama pencegahan kanker hati adalah dengan melakukan skrining kanker hati sedini mungkin. Berikut ini adalah gejala kanker hati.

Gejala Kanker Hati– Beberapa ganguan metabolisme juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker hati dan kelainan lain. Misalnya, penumpukan zat besi dalam hati yang sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak organ tubuh dimana zat besi tersebut menumpuk.

Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati

Mewaspadai Gejala-Gejala Kanker Hati

Berikut ini adalah beberapa gejala kanker hati yang umum terjadi baik pada stadium awal ataupun pada stadium lanjut. Adapun penjelasan gejala kanker hati stadium awal dan stadium lanjut bisa juga di baca pada bagian berikutnya. Jika merasakan salah satu atau sebagian dari masalah di bawah ini, maka hal terbaik adalah lakukan pemeriksaan secara detail ke dokter. Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut jika gejala-gejala kanker hati berikut dirasakan.

  • Gejala Kanker Hati- Adanya massa di sebelah kanan atas perut. Hal ini jelas terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal.
  • Gejala Kanker Hati- Tangan dan kaki membengkak.
  • Gejala Kanker Hati- Lemah, hilang nafsu makan, penurunan berat badan, demam, dan menggigil biasanya pada malam hari.
  • Gejala Kanker Hati- Adanya perubahan warna kulit dan putih mata yaitu berubah menguning.
  • Gejala Kanker Hati- Feses berwarna kehitaman dan urin berwarna seperti air teh.
  • Gejala umum kanker seperti cepat capek dan badan terasa lemah.
  • Gejala Kanker Hati- Sering merasa nyeri di bagian punggung dan bahu.
  • Gejala Kanker Hati- Terkadang batuk atau muntah darah.
  • Gejala Kanker Hati- Karena adanya massa sehingga menyebabkan perut buncit dan nyeri perut atas.

 

Pada stadium awal kanker hati sulit didiagnosa. Gejala Kanker Hati- Oleh karena itu, prinsip utama pencegahan kanker hati adalah dengan melakukan skrining kanker hati sedini mungkin.

Gejala Kanker Hati- Pada stadium awal penyakit ini berjalan perlahan. Malah banyak tanpa keluhan. Lebih dari 75 % tidak memberikan gejala-gejala yang khas. Bahkan, ada penderita yang kankernya sudah berkembang hingga sebesar 10 cm meter pun tidak merasakan apa-apa. Keluhan yang umum adalah adanya massa dalam perut perut atas.
Gejala Kanker Hati- Pada umumnya tidak bergejala dan tanpa keluhan yang jelas. Kanker hati baru akan menimbulkan gejala bila telah memasuki stadium lanjut, misalnya akan muncul keluhan seperti gejala di atas.

 

Selain itu, ada langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil yakni dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol serta melakukan vaksinasi hepatitis.

Pemeriksaan juga dapat dilakukan dengan menghubungi dokter spesialis kanker untuk mengetahui sudah sejauh mana tingkat penyebaran. Gejala Kanker Hati- Umumnya, pengobatan dapat dilakukan dengan mengonsumsi herbal saja jika kanker ditemukan masih dalam stadium dini.

Gejala Kanker Hati- Berbeda pada kasus kanker stadium lanjut dimana penyebaran kanker sangat cepat, pengobatan dengan herbal sebaiknya dipadukan dengan pengobatan medis karena efek herbal tidak secepat pengobatan medis dalam situasi darurat tersebut.

Itulah beberapa gejala kanker hati yang sering terjadi. Gejala Kanker Hati- Ingatlah mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi sebelum keadaan yang parah terjadi ada baiknya harus selalu waspada.

Jalankan pola hidup sehat dan hindari selalu faktor-faktor risiko penyebab kanker yang biasanya ada pada kebiasaan-kebiasaan buruk dan juga pada makanan. Semoga kita bisa terhindar dari kanker ini!

 

Gejala Kanker Hati

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*