Gejala Penyakit Fatty Liver

Gejala Penyakit Fatty Liver

Gejala Penyakit Fatty LiverРFatty liver merupakan sebuah gejala awal yang dapat menimbulkan masalah pada organ hati dan gangguan fungsi hati. Fatty liver merupakan pembengkakan hati yang disebabkan oleh adanya penimbunan lemak (Lipid) yang berlebihan di dalam sel-sel hati. Gejala Penyakit Fatty LiverРJika hati mengalami pembengkakan maka hati atau liver menjadi tidak berfungsi. Kemudian akan timbul gejala- gejala  penyakit fatty liver yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab.

Perlu Anda tahu bahwa LIVER merupakan organ tubuh yang vital karena memproduksi enzim dan hormon, memetabolisme semua bahan yang masuk dalam tubuh dan juga mengatur cairan tubuh. Gejala penyakit fatty liver– Tapi sayang kita lebih suka memilih gaya hidup yang melukai organ hati kita. Salah satu masalah yang banyak dijumpai adalah fatty liver.

Fatty Liver bisa saja tidak menimbulkan kerusakan. Namun ada kalanya kelebihan lemak memicu terjadinya peradangan pada liver (Hepatitis).

Gejala Penyakit Fatty Liver– Umumnya fatyy liver terjadi karena konsumsi lemak terlalu banyak, contohnya makanan gorengan. Konsumsi kalori berlebihan juga menyebabkan lemak tertimbun di hati. Jadi lemak akan menyelimuti hati dan masuk ke sel-sel hati. Akibatnya fungsi sel hati menjadi terganggu.

Perlemakan hati terjadi karena lemak yang berlebih menumpuk di dalam sel liver (hati). Sebenarnya, seperti disebutkan dalam situs Liver Foundation, normal saja bagi hati untuk mengandung sejumlah lemak asalkan jumlahnya tidak melebihi 10% dari berat hati itu sendiri. Gejala Penyakit Fatty Liver– Kalau jumlahnya sudah kelewat batas, itu tanda hati mengalami perlemakan. Jika kondisi ini tidak ditangani, akan memungkinkan munculnya komplikasi serius.

Fatty liver umumnya tidak bergejala. Orang baru mengetahuinya saat melakukan tes kesehatan (pemeriksaan fisik), dan selanjutnya dipastikan dengan menjalani tes darah (Lab Darah lengkap, SGOT/SGPT, bilirubin, kolesterol) atau pemeriksaan USG bila hati membesar.

gejala penyakit fatty liver

gejala penyakit fatty liver

gejala-gejala penyakit fatty liver ini terjadi :

– Jaundice atau kekuningan kulit
– Urin yang coklat seperti teh
– Mual
– Hilang selera makan
– Kehilangan atau kenaikan berat tubuh yang abnormal
– Muntah
– Diare
– Warna tinja (feces)yang pucat
– Nyeri abdomen (perut) pada bagian kanan atas perut
– Tidak enak badan (malaise) atau perasaan sakit yang kabur
– Gatal-gatal
– Varises (pembesaran pembuluh vena)
– Kelelahan
– Hipoglikemia (kadar gula darah rendah)
– Demam ringan
– Sakit otot-otot
– Libido berkurang (gairah sex berkurang)
– Depresi

Gejala Penyakit Fatty Liver lainya Mulut kering, rasa sakit di bawah tulang rusuk, pembengkakan pada kaki, dan masalah dengan memori. Meskipun demikian, gejala hati berlemak dapat hadir dalam tahap akhir penyakit. Gejala ini biasanya datang ketika kondisi belum didiagnosis.

DIAGNOSA

Jika pemeriksaan fisik belum menunjukkan pembesaran hati, maka perlu diagnosis penjunjang yaitu dengan pemeriksaan SGOT/SGPT, Bilirubin, kolesterol (TG, LDL, HDL) dan USG Abdomen. Gambaran  USG Abdomen dari fatty liver menunjukkan echoparenkim hepar yang meningkat (hepar terlihat lebih gelap), dan dari sini bisa ditentukan derajat keparahan dari fatty liver.

Berlemak adalah penyakit di mana lemak akan disimpan dalam sel-sel hati. Hal ini kadang disebut sebagai steatosis.

Gejala Penyakit Fatty Liver- Hal ini diyakini bahwa lemak dapat terjadi karena dua alasan. Salah satunya adalah bahwa lemak dari berbagai bagian tubuh yang akan ditransfer ke hati di mana ia mendapat akumulasi. Dan, yang lain adalah bahwa hati memperlambat laju proses yang gemuk dan memindahkannya dari tubuh. Harus dikatakan bahwa hati berlemak tidak disebabkan hanya dengan makan makanan berlemak.

Gejala Penyakit Fatty Liver- Telah melihat bahwa dalam keadaan normal, tidak ada gejala hati berlemak. Selalu, hati berlemak ditemukan oleh dokter ketika pasien berlaku untuk beberapa masalah lain atau selama pemeriksaan fisik biasa. Dokter umum mungkin akan menemukan bahwa enzim dari hati adalah tinggi hati atau yang diperbesar sedikit. Ini dapat mengakibatkan dokter untuk melakukan tes lebih lanjut untuk mendapatkan diagnosa pada kondisi. Gejala Penyakit Fatty Liver- Berlemak biasanya didiagnosis dengan bantuan dari biopsi hati. Hal ini dilakukan di bawah anestesi lokal. Setelah diekstrak jaringan hati, itu diperiksa di bawah mikroskop dan kehadiran lemak dalam sel hati mengkonfirmasikan diagnosis.

Gejala Penyakit Fatty Liver

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*