Hepatitis A Pada Anak

Hepatitis A Pada Anak

 

Hepatitis A Pada Anak, Hepatitis adalah suatu keadaan hati yang mengalami inflamasi dan atau nekrosis. Pemicu timbulnya proses inflamasi dapat berupa infeksi, obat, toksin atau kelainan autoimun maupun metabolik. Hepatitis infeksi merupakan penyebab terbanyak hepatitis akut. Virus hepatitis adalah penyebab terbanyak hepatitis infeksi. Hepatitis A merupakan penyebab terbanyak hepatitis virus. Sebagian besar penderita hepatitis A adalah anak-anak.

Hepatitis A Pada Anak

Hepatitis A Pada Anak

Hepatitis A termasuk dalam penyakit akut yang tidak mengalami berkelanjutan pada penderitanya. Pada umumnya imunitas anak dapat melawan virus hepatitis A akan tetapi apabila pertahanan tubuh lemah dan virus yang menyerang lebih kuat maka dikhawatirkan akan menyebabkan hepatitis yang fulminant (penyakit hepatitis yang sangat berat) dengan gejala warna kulit anak menjadi kuning, mengalami kesadaran anak menurun dan menyebabkan kejang.

Secara global didapatkan sekitar 1,4 juta kasus baru infeksi hepatitisA pertahunnya. Menurut CDC, Hepatitis A justru lebih sering mengenai anak-anak, terutama yang tinggal di area dengan sanitasi rendah. Anak yang berusia lebih kecil seringkali tidak menunjukkan gejala apa-apa. Walaupun begitu, mereka tetap dapat menularkan infeksi virus ini pada orang lain di sekitarnya. Sementara itu, anak yang lebih besar dapat merasa sangat lemah. Gejala yang mungkin dapat muncul adalah:

  • Demam
  • Kehilangan napsu makan
  • Merasa letih
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Warna BAK yang seperti teh
  • Kulit dan mata yang terlihat kuning

Gejala yang timbul setelah adanya infeksi virus Hepatitis A sebenarnya bukanlah akibat langsung dari virus tsb melainkan akibat respons imun tubuh anak untuk mengeluarkan virus pada sel hati. Munculnya gejala penyakit ini merupakan pertanda respons imun tubuh seseorang sudah bekerja dengan baik. Pada anak di bawah 6 tahun, respons imun tubuhnya belum begitu sempurna sehingga gejala dari penyakit Hepatitis A ini seringkali tak terlihat.

Penyebab Hepatitis A Pada Anak

Penyebab hepatitisA adalah virus hepatitis A (VHA). Virus ini ditularkan melalui makanan dan juga minuman yang tercemar Virus Hepatitis A.Kebersihan lingkungan merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi pencegah dan penyebaran virus hepatitisA.

Kebanyakan yang terserang virus hepatitisA adalah anak-anak apalagi bila anak yang sering makan dan minum sembarangan. Makanan dan minuman yang terinfeksi virus hepatitisA adalah sumber utama penyebaran hepatitisA. Infeksi akan berlangsung selamam 2-6 minggu setelah terpapar virus hepatitisA.

Selain makanan dan minuman yang tercemar virus hepatitisA, tidak kalah penting harus diperhatikan yaitu lingkungan sekitar yang berhubungan dengan sanitasi. Virus hepatitisA termasuk dalam genus hepatovirus dimana penyebarannya dapat melalui tinja penderita. Buruknya lingkungan yang berhubungan dengan sanitasi yang akan mendorong penyebaran virus. Hepatitis A Pada Anak

Pencegahan Hepatitis A Pada Anak

Penularan virus hepatitisA dicegah dengan menjaga kebersihan perorangan seperti mencuci tangan dengan teliti; orang yang dekat dengan penderita mungkin memerlukan terapi imunoglobulin. Imunisasi hepatitis A bisa dilakukan dalam bentuk vaksin hepatitisA sendiri (Havrix) atau bentuk kombinasi dengan vaksin hepatitis B (Twinrix). Imunisasi hepatitisA dilakukan dua kali, yaitu vaksinasi dasar dan booster yang dilakukan 6-12 bulan kemudian, sementara imunisasi hepatitis B dilakukan tiga kali, yaitu dasar, satu bulan dan 6 bulan kemudian. Imunisasi hepatitisA dianjurkan bagi orang yang potensial terinfeksi seperti penghuni asrama dan mereka yang sering jajan di luar rumah.

Hepatitis pada anak dapat berakibat fatal karena akan menganggu fungsi organ. Meskipun demikian pencegahan dapat dilakukan sehingga mengurangi resiko hepatitis A pada anak. Kali ini melalui artikel waspadai hepatitis A pada anak akan diuraikan pengertian hepatitis A pada anak, gejala dan penyebab hepatitis A pada anak serta pencegahan dan pengobatan hepatitis A. Hepatitis A Pada Anak

Hepatitis A Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*