Hepatitis B Dan Cirinya

Hepatitis B Dan Cirinya

Hati adalah salah satu organ paling penting yang ada dalam tubuh manusia. Organ terbesar ini memiliki fungsi utama untuk menyaring racun yang terkandung dalam darah. Saat hati terkena penyakit, ini akan memberikan risiko yang besar bagi kesehatan karena racun tidak dapat disaring dan masih beredar dalam tubuh. Penyakit yang paling sering menjangkiti hati adalah hepatitis.

Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi  ini dapat  mengakibatkan kerusakan pada hati selanjutnya  dan menyebabkan kanker hati. Orang-orang yang terinfeksi virus ini,  tidak menyadari kalau mereka  sudah terinfeksi.  Pada umumnya di beberapa negara penyebaran hepatitis B adalah melalui  ibu ke anak.

Hepatitis B Dan Cirinya

Hepatitis B Dan Cirinya

Penyebab umum dari penyakit hepatitis B adalah virus hepatitis B yang ditularkan oleh penderita lain. Penyakit ini termasuk penyakit yang paling sering menyerang sebab penyakit hepatitis B merupakan penyakit yang mudah menular, penularannyapun dari berbagai macam cara, diantaranya :

  • Sering bergonta-ganti pasangan seksual
  • Menggunakan alat kesehatan secara bersama-sama
  • Menggunakan jarum suntik yang tidak steril
  • Penularan melalui transfusi darah
  • Penularan ibu penderita hepatitis B kepada bayi yang dilahirkannya.

Selain penyakit hepatitis B, ada juga macam-macam penyakit hepatitis lainnya. Bila diabjad, penyakit hepatitis ada dari A sampe E. Namun yang paling berbahaya dan sangat mudah menular adalah penyakit hepatitis B. Penyakit hepatitis B banyak menjangkiti penduduk Asia dan pulau-pulau daerah Pasifik termasuk Indonesia.

Seringkali penyakit hepatitis B tidak mempunyai ciri, karena ciri-ciri hepatitis B hampir mirip dengan ciri-ciri penyakit lainnya. Sehingga orang seringkali tidak sadar bahwa ia sudah tertular penyakit hepatitis B. Diantara ciri-ciri hepatitis b adalah:

  • Kehilangan nafsu makan
  • Kelelahan
  •  Demam ringan
  • Otot atau sendi terasa nyeri
  • Mual dan muntah-muntah
  • Sakit perut

Ciri-ciri hepatitis B diatas merupakan hanya gejala umum yang sering terjadi dan banyak di antara mereka tidak menyadari gejala seperti ini sehingga menganggap remeh dan membiarkan saja. Sedangkan ciri-ciri hepatitis B di bawah ini lebih jarang terjadi namun Anda masih bisa mengenali beberapa diantaranya yaitu :

  • Warna urin menjadi lebih gelap
  • Kotoran (tinja) berwarna lebih terang
  • Muncul penyakit kuning
  • Gatal-gatal pada badan
  • Pingsan dan bahkan koma
  • Pendarahan pada organ dalam

Ciri-ciri hepatitis B seperti ini biasanya lebih mudah dilihat melalui pemeriksaan medis. Penyakit hepatitis B bisa berubah menjadi penyakit yang lebih parah seperti cirrhosis atau bahkan kanker hati. Oleh karena itu, jangan menganggap sepele penyakit ini.

Penyakit hepatitis B juga tidak pandang bulu. Muda, tua, anak-anak maupun remaja bisa terjangkit penyakit ini. Kebersihan menjadi kunci utama untuk mencegah penyakit hepatitis B dengan cara selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Juga, pastikan peralatan makan selalu bersih karena hepatitis B bisa ditularkan melalui peralatan makan yang tidak bersih.

Saat terjadi gejala umum seperti terserang penyakit flu yang datang berkali-kali dan sukar sembuh atau demam dan otot terasa nyeri, segera periksakan diri Anda agar dapat diketahui lebih dini penyakit yang diderita. Jika Anda bepergian ke suatu negara atau tempat yang jauh, segeralah memeriksakan diri sebab, bisa jadi negara atau tempat yang anda tuju termasuk daerah endemik penyakit hepatitis B.

Apa yang akan terjadi  bila anda terkena hepatitis B?

Hepatitis B  dapat menjadi akut atau kronis.  Seseorang yang terinfeksi virus hepatitis B akan menghilangkan virus ini dengan sendirinya  dalam waktu 6 bulan dan  akan meningkatkan  daya tahan tubuhnya sendiri untuk melawan virus ini  pada orang dewasa. Setelah mereka sembuh, mereka tidak dapat  terinfeksi oleh virus hepatitis B lagi dan tidak dapat menularkannya ke orang lain. Hal ini disebut hepatitis B  akut.

Seseorang akan dikategorikan sebagai hepatitis B kronis apabila infeksi  terus terjadi dan melebihi 6 bulan.  Infeksi  kronis  terjadi pada 90% bayi-bayi yang terinfeksi virus hepatitis B  dan akan menyebabkan kerusakan pada hati, gagal hati ( pada saat hati sudah tidak berfungsi  ) dan kadang-kadang dapat menyebabkan kanker hati  pada saat mereka  dewasa.

 

 

Hepatitis B Dan Cirinya

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*