Indikasi Kerusakan Liver

Indikasi Kerusakan Liver

Indikasi Kerusakan Liver

Liver adalah salah satu organ-organ paling vital dalam tubuh. Jika liver Anda tidak berfungsi dengan baik, Anda akan terikat untuk memperhatikan organ liver ini secara baik dan detail. Itulah sebabnya mengapa indikasi kerusakan liver sulit untuk diabaikan dan jangan sampai dibiarkan. Namun kita cenderung mengabaikan mereka, karena mungkin orang-orang yang terkena tidak pernah merasakan kondisi tubuh berbahaya karena penyakit dari dalam liver. Penyebab kerusakan liver diantaranya alkohol, terlalu banyak minyak sehingga membuat liver menjadi berlemak.

 

Alkohol bukanlah satu-satunya penyebab kerusakan liver. Hanya karena Anda bukan peminum alkohol, bukan berarti Anda juga tidak akan terkena serangan penyakit liver. Terkadang jika Anda kebiasaan mempunyai pola makan tidak teratur, maka nantinya liver Anda akan menjadi berlemak. Kondisi ini sering disebut sindrom liver berlemak. Berikut di bawah ini ada beberapa indikasi kerusakan liver yang harus Anda perhatikan secara baik-baik, antara lain:

 

  1. Lelah

Salah satu indikasi kerusakan liver adalah merasa lelah dan lemah. Hal ini disebabkan peningkatan racun dalam aliran darah yang tidak dapat dihilangkan, karena liver tidak dapat menyingkirkannya. Gangguan fungsi liver ini terkait dengan kerusakan kulit di lingkaran mata dan kelelahan pada mata juga. Kulit di bawah mata Anda sangat lembut dan juga mencerminkan keadaan kesehatan.

 

  1. Nafsu makan menurun

Indikasi kerusakan liver ini terjadi karena kurangnya produksi cairan empedu yang membantu mencerna lemak dalam diet. Ketika makanan tidak dicerna dengan benar, maka dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan.

 

  1. Bau mulut

Indikasi kerusakan liver juga bisa dikenali melalui bau mulut hal ini disebabkan karena kelebihan amonia diproduksi dalam tubuh yang memberikan sensasi bau pada mulut.

 

  1. Gatal

The Mayo Clinic memasukkan penyakit liver ke dalam daftar penyebab tersembunyi terjadinya gatal pada kulit, begitu juga dengan gagal ginjal, masalah tiroid dan kanker. Indikasi kerusakan liver gatal yang terjadi biasanya mempengaruhi tubuh secara keseluruhan. Kulit mungkin akan tampak normal saja terkecuali pada area yang sudah digaruk berulang kali.

 

  1. Memar

Indikasi kerusakan liver pada penderitanya akan dengan mudah mengalami memar atau pendarahan karena liver mereka mulai melemah atau bahkan berhenti memproduksi protein yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney. Liver sebenarnya memproduksi beberapa faktor untuk pembekuan darah, yang akan mulai menghilang pada orang yang mengalami kerusakan organ tersebut.

 

  1. Kerusakan kulit

Perubahan warna kulit terjadi jika Anda memiliki liver yang rusak. Kadang-kadang kulit Anda akan kehilangan pigmentasi dan Anda memiliki bercak putih yang disebut bercak liver.

 

  1. Urin dan tinja berwarna gelap

Disaat air seni dan tinja mulai berubah warna menjadi cokelat gelap, maka itu harus Anda waspadai. Jika hal ini terjadi sekali dua kali, maka bisa dikategorikan wajar atau karena Anda kekurangan cairan (dehidrasi). Akan tetapi, apabila kondisi ini terjadi secara sering, maka itu menunjukan bahwa liver Anda mengalami kerusakan.

 

  1. Kulit dan putih mata menjadi kuning

Kulit dan putih bagian mata Anda berubah warna menjadi kuning, ketika liver tidak berfungsi dengan baik. Indikasi kerusakan liver ini terjadi karena ada penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh. Maka tidak salah lagi Anda menderita penyakit kuning. Itu berarti, jika Anda menderita penyakit kuning, maka liver Anda sedang terkena infeksi dan memerlukan perawatan. Penyebab umum dari kerusakan liver semacam itu bisa terjadi karena hepatitis, kanker, terlalu banyak konsumsi alkohol, penyalahgunaan ekstasi, terpapar oleh zat beracun serta akibat berbagai macam infeksi.

 

  1. Rasa pahit di mulut

Liver menghasilkan enzim yang disebut empedu yang pahit secukupnya. Jadi jika Anda memiliki rasa pahit di mulut berlebihan, berarti empedu Anda sedang mengalami masalah dan itu merupakan indikasi kerusakan liver.

 

 

Itulah beberapa indikasi kerusakan liver yang harus Anda waspadai, dan ingat jangan sampai dibiarkan, apabila salah satu tanda diatas menyerang Anda. Sekian persembahan artikel dari kami, semoga dapat bermanfaat bagi Anda…

 

 

 

Indikasi Kerusakan Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*