Kanker Hati (Liver)

Kanker Hati (Liver)

 

Kanker Hati (Liver)– Hati atau liver merupakan salah satu organ vital tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat penting yaitu menjaga tubuh kita dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya lainnya. Hati juga merupakan kelenjar terbesar dan organ terbesar kedua di dalam tubuh manusia. Nah, salah satu penyakit yang bisa menyerang hati adalah kanker hati.

 

Kanker atau tumor merupakan pertumbuhan atau perkembangan sel yang tidak terkontrol. Yang dimaksud dengan kanker hati adalah tumor ganas yang tumbuh di hati/liver, termasuk kanker liver primer dan metastase. Kanker hati adalah salah satu tumor ganas yang paling sering dijumpai dalam klinis, berdasarkan hasil survey terkini, di dunia setiap tahunnya ada 60.000 pasien baru kanker hati, insiden kanker hati berada pada urutan ke enam dari daftar seluruh insiden kanker, tingkat kematian berada pada urutan ke tiga. Selain mempengaruhi fungsi hati, kanker hati akan mematikan jika tidak segera ditangani. Ilmu kedokteran modern memiliki banyak pilihan pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit ini.

Kanker Hati (Liver)

Kanker Hati

 

Faktor penyebab kanker hati/liver
Hingga saat ini, penyebab langsung kanker hati masih belum diketahui dengan jelas, namun pasti berhubungan dengan berbagai faktor berikut:
1. Hepatitis kronis : Virus hepatitis berhubungan dengan patogenesis kanker liver, data menunjukkan bahwa lebih dari 30% pasien kanker liver memiliki sejarah hepatitis kronis, hepatitis B adalah yang paling sering dijumpai.
2. Sirosis liver : Pengamatan medis menunjukkan bahwa sekitar 50% – 90% pasien kanker hati mengalami proses sirosis yang berbeda, maka dari itu pasien sirosis seharusnya segera berobat dan melakukan pemeriksaan secara berkala, guna mengantisipasi terjadinya kanker hati.
3. Mengkonsumsi air yang terkontaminasi dalam jangka panjang.
4. Mengkonsumsi makanan berjamur dalam jangka panjang.
5. Mengkonsumsi makanan yang diasinkan, digoreng, diasapkan dalam jangka panjang.

 

Tanda dan Gejala Dini Penyakit Kanker Hati atau Liver
• Urin berwarna gelap
Peningkatan bilirubin dalam darah akan menyebabkan warna urin bervariasi dari kuning tua sampai coklat. Jika Anda melihat perubahan warna urin Anda menjadi gelap tanpa sebab yang pasti, segera konsultasikan ke dokter.

• Ascitis
Ascitis atau akumulasi cairan di perut adalah salah satu gejala kanker hati tahap awal yang umum terjadi. Kembung di perut disertai hati yang sakit dapat dianggap sebagai indikasi awal kanker hati.

• Pembesaran perut
Hati atau liver yang sedang bermasalah akan menyebabkan sakit perut. Jika Anda mengalami sakit perut yang disertai pembesaran hati, kemungkinan Anda terkena penyakit kanker hati (liver).

• Gatal
Gatal dapat dianggap sebagai hal biasa dan umum terjadi. Namun gatal juga merupaka salah satu indikasi dari kanker hati. Hal ini terjadi terutama karena efek peningkatan bilirubin dalam tubuh Anda. Gangguan fungsi hati akan mengakibatkan peningkatan bilirubin, yang akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

• Pembengkakan hati
Hati atau liver terletak di sisi kanan perut bagian atas, agak ke tengah. Nah, hati yang membengkak akan telihat menonjol pada posisi ini. Jika Anda mengalami hal ini, segera tanyakan kepada dokter untuk mencari solusi lebih lanjut.

• Ikterus
Ikterus bukanlah penyakit, melainkan presentasi klinis penurunan nilai pada fungsi hati. Gangguan fungsi hati menyebabkan retensi bilirubin dalam tubuh. Penyakit kuning atau hepatitis biasanya dapat dijadikan indikator sebagai salah satu tanda-tanda dini dari kanker hati.
Adapun cara pencegahan dari kanker hati adalah dengan membiasakan hidup sehat serta menghindari makanan yang mengandung pengawet dan sayuran berpestisida. Karena makanan tersebut mengandung racun dan zat berbahaya yang dapat memperberat fungsi kerja hati. Semoga bermanfaat.

 

Kanker Hati (Liver)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*