Makanan Pencegah Kerusakan Liver

Makanan Pencegah Kerusakan Liver

Makanan Pencegah Kerusakan Liver

Makanan Pencegah Kerusakan Liver – Penyakit liver merupakan kerusakan fungsi liver yang sudah pada tahap yang cukup parah. Hal ini karena peran liver yang sangatlah penting untuk tubuh kita karena sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang ada pada tubuh yang bersifat racun. Selain itu, liver juga merupakan organ tubuh penghasil amonia, urin serta asam urat yang memanfaatkan nitrogen serta asam amino.

Penyebab dari terganggunya fungsi liver ini disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat, adanya infeksi virus atau bakteri di dalam liver, pecandu alkohol, efek samping dari obat-obatan, faktor genetika, kelainan dalam metabolisme tubuh, terjadinya luka pada organ liver dan sering makan makanan yang berlemak. Berikut di bawah ini merupakan beberapa makanan pencegah kerusakan liver yang bisa menjadi referensi untuk Anda coba:

 

  • Bawang Putih

Makanan pencegah kerusakan liver pertama yaitu bawang putih senyawa alami yang dimiliki bawang putih seperti allicin dan selenium, sangat berguna dalam proses pembersihan dan melindungi liver dari kerusakan beracun. Ini juga membantu mengaktifkan enzim dalam liver yang membantu racun untuk keluar. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida yang dapat membebani liver dan menghambat fungsinya.

 

  • Anggur

Makanan pencegah kerusakan liver kedua yaitu anggur yang memiliki sumber yang baik dari vitamin C, pektin dan antioksidan yang membantu proses pembersihan alami dari liver. Anggur juga berisi glutathione, antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dan mendetoksifikasi liver. Glutathione juga membantu dalam detoksifikasi logam berat. Selain itu, naringenin flavonoid dalam anggur membantu memecah lemak penyebab kerusakan pada liver.

 

  • Lemon

Makanan pencegah kerusakan liver yang berikutnya yaitu lemon yang membantu detoksifikasi liver terutama disebabkan oleh antioksidan D-Limonene yang ada didalamnya, ini juga membantu mengaktifkan enzim dalam liver untuk bantuan detoksifikasi. Selain itu, Jumlah yang tinggi vitamin C dalam lemon membantu liver untuk menghasilkan lebih banyak enzim untuk membantu percernaan. Tidak hanya itu, Lemon juga dapat meningkatkan penyerapan mineral oleh liver.

 

  • Green Tea

Dengan minum teh hijau setiap hari, Anda dapat membantu tubuh untuk flush racun dan timbunan lemak, sekaligus meningkatkan tingkat hidrasi. Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa katekin dalam teh membantu merangsang katabolisme lipid dalam liver. Hal ini pada gilirannya mencegah akumulasi lemak di liver. Minuman sehat ini juga melindungi liver dari efek merusak dari zat beracun seperti alkohol.

 

  • Alpukat

Alpukat mengandung bahan kimia kuat yang dapat mengurangi kerusakan liver, menurut sebuah studi 2000 oleh American Chemical Society. Makanan pencegah kerusakan liver ini kaya glutathione, senyawa yang dibutuhkan oleh liver untuk membersihkan racun berbahaya dan berfungsi dengan baik. Selain itu, alpukat mengandung banyak mineral, vitamin dan nutrisi tanaman yang mendukung kesehatan liver secara keseluruhan dan membantu memecah lemak.

 

  • Apel

Apel merupakan sumber yang baik dari pektin. Serat larut yang membantu mengeluarkan racun dari saluran percernaan dan kolesterol dari darah, yang pada gilirannnya mencegah liver untuk bekerja terlalu keras. Selain itu, makanan pencegah kerusakan liver juga mengandung asam malat, nutrisi pembersihan alami yang menghilangkan karsinogen dan racun lainnya dalam darah.

 

  • Kenari

Tingginya jumlah asam amino l-arginin dalam kenari membantu liver dalam mendetoksifikasi amonia. Selain itu, makanan pencegah kerusakan liver ini mengandung glutathione dan asam lemak omega-3, yang dapat membantu dalam proses pembersihan liver secara alami. Hal ini juga didukung oleh sebut studi. Menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, kenari polifenol mencegah kerusakan liver yang disebabkan oleh karbon tetraklorida dan d-galactosamine.

 

  • Brokoli

Brokoli termasuk salah satu sayuran yang bermanfaat untuk mendukung proses pembersihan liver secara alami. Brokoli sangat kaya glucosinolates yang dapat membantu karsinogen flush dan racun berbahaya lainnya dari tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam brokoli juga meningkatkan proses pencernaan. Tidak hanya itu, makanan pencegah kerusakan liver juga mengandung lemak-larut vitamin E, antioksidan yang sangat penting untuk membantu melaksanakan fungsi liver.

 

Untuk membantu dalam merawat kesehatan liver, alangkah baiknya jika Anda mencoba melakukan perawatan dengan beberapa makanan pencegah kerusakan liver yang kami rekomendasikan untuk mencegah kerusakan pada liver dan menjaga kesehatan liver supaya menjalankan fungsinya sebagaimana fungsi liver dan terhindar dari beberapa penyakit yang dapat menyerang kesehatan liver Anda.

 

 

Makanan Pencegah Kerusakan Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*