Makanan Untuk Penderita Hepatitis

Makanan Untuk Penderita Hepatitis

Makanan Untuk Penderita Hepatitis -Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang menyerang bagian hati sering desebut juga radang hati.Fungsi utama dari hati atau liver adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah. Selain itu, masih ada sekitar 500 fungsi lain dari hati. Jika seseorang menderita hepatitis, yang merupakan peradangan pada hati atau liver ini, maka hal ini dapat menghancurkan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.

Rusaknya fungsi hati atau liver ini dapat disebabkan karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Ada 5 macam virus hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Kelima virus itu adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD) dan virus hepatitis E (VHE). Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.

Virus yang paling banyak menjangkiti manusia adalah VHB, penyebab hepatitis B. Diperkirakan 1 dari 3 orang yang ada di bumi pernah terinfeksi. Sekitar 350 juta hidup dengan virus mengendap pada tubuhnya dan berpotensi menulari orang lain. Sekitar 78% pengidap hepatitis menimpa penduduk Asia dan pulau-pulau di daerah Pasifik. Virus ini menyebabkan kematian sedikitnya 600.000 orang per tahun.

Makanan Untuk Penderita Hepatitis

Makanan Untuk Penderita Hepatitis

MAKANAN UNTUK PENDERITA HEPATITIS

Seperti apakah makanan untuk penderita Hepatitis ? Penderita hepatitis dilarang mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol. Alcohol diproses dan dipecah oleh organ liver dan hepatitis menyerang organ ini jadi alcohol tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis. Kadar zat besi yang terlalu banyak juga bisa merusak liver. Pasien penderita hepatitis C kadang bermasalah dalam menguraikan zat besi di dalam tubuh. Maka penderita hepatitis tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Konsumsi daging merah juga harus dibatasi bagi mereka yang memiliki penyakit hepatitis. Karena daging merah bisa menyebabkan akumulasi zat besi yang tinggi di dalam liver.

Makanan untuk penderita hepatitis diantaranya adalah makanan yang mengandung banyak energy dan protein. Terlebih jika Anda juga mengalami sirosis. Dokter dan ahli nutrisi bisa membantu Anda menakar kadar nutrisi baik untuk dikonsumsi bagi penderita hepatitis.

Pemilihan Bahan Makanan Untuk Penderita Hepatitis :

  1. Makanan untuk penderita hepatitis yaitu hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, seperti timun, ubi, singkong, kacang merah, kol, sawi, lobak, nangka, durian dan lain-lain.
  1. Hindari makanan yang telah diawetkan seperti sosis, ikan asin, kornet, dan lain-lain.
  1. Makanan untuk penderita hepatitis yaitu pilihlah bahan makanan yang kandungan lemaknya tidak banyak seperti daging yang tidak berlemak, ikan segar, ayam tanpa kulit.
  1. Sebaiknya pilih sayur-sayuran yang sedikit mengandung serat seperti bayam, wortel, bit, labu siam, kacang panjang muda, buncis muda, daun kangkung dan sebagainya.
  1. Makanan untuk penderita hepatitis yaitu bumbu-bumbu jangan terlalu merangsang. Salam, laos, kunyit, bawang merah, bawang putih dan ketumbar boleh dipakai tetapi jangan terlalu banyak.
  1. Hindarkan makanan yang terlalu berlemak seperti daging babi, usus, babat, otak, sum-sum dan santan kental.
  1. Makanan untuk penderita hepatitis yaitu dengan menghindari penggunaan kelapa, minyak kelapa, minyak hewan, margarin dan mentega.
  1. Batasi penggunaan daging hingga 3 kali seminggu, makanlah sering ikan atau ayam tanpa lemak sebagai pengganti.
  1. Gunakan susu skim pengganti susu penuh.

10. Makanan untuk penderita hepatitis yaitu dengan membatasi penggunaan kuning telur hingga 3 butir seminggu.

11. Gunakanlah sering tahu, tempe dan hasil olahan kacang – kacangan lainnya.

12. Batasilah penggunaan gula, makanan, minuman manis, seperti : sirup, coca – cola, limun, gula, dodol, tarcis, kolak, es krim, dan sebagainya.

Caranya Memasak Makanan Untuk Penderita Hepatitis

  1. Bila memasak daging, pilihlah daging yang kurus, lalu keluarkan bagian – bagian yang berlemak.
  2. Memasak sebaiknya dikukus, direbus, dipanggang, diungkep, atau ditumis. Hindari makanan yang digoreng.
  3. Sebagian dari sayur sebaiknya dimakan mentah atau sebagai lalapan.

Lebih baik konsultasikan dulu program diet Anda dengan dokter atau ahli gizi mengenai makanan untuk penderita hepatitis sehingga Anda tidak akan salah memilih.

Makanan Untuk Penderita Hepatitis

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*