Mencegah Gagal Liver

Mencegah Gagal Liver

 Mencegah Gagal Liver

Mencegah Gagal Liver – Penyakit ini akan terjadi jika liver gagal untuk memproduksi atau mengeluarkan cairan empedu dalam tubuh beresiko batu empedu. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi pula kegagalan dalam penyerapan lemak, vitamin (A.D,E,K) pada usus. Tak hanya itu saja, penyakit ini juga menyebabkan penumpukan bilirubin, asam empedu serta kolesterol di liver. Penyakit ini pun memiliki gejala atau tanda seperti kulit penderita menjadi kuning, warna feses terang dan urine berwarna gelap.

Gagal liver berarti liver kehilangan sebagian besar atau telah kehilangan seluruh fungsinya. Ini merupakan kondisi yang mengancam jiwa yang menuntut perawatan medis yang intens. Gejala pertama gagal liver yaitu sering mual, kehilangan nafsu makan, kelelahan, dan diare.

Gagal liver adalah kondisi yang mengancam jiwa yang menuntut perawatan medis yang mendesak. Seiring dengan berkembangnya gagal liver, gejala-gejala akan menjadi lebih serius. Pasien mungkin menjadi mudah bingung, dan sangat mengantuk bisa terjadi koma dan bahkan kematian. oleh kaena itu pengobatan segera sangat diperlukan. Ketika gagal liver terjadi sebagai akibat dari sirosis, maka berarti bahwa liver mengalami kegagalan secara bertahap pada beberapa waktu, mungkin selama bertahun-tahun. Ini disebut gagal liver kronis.

Gagal liver kronis juga dapat disebabkan oleh kekurangan gizi. Pada kasus yang jarang, gagal liver dapat terjadi tiba-tiba, dalam waktu 48 jam. Kondisi ini disebut sebagai gagal liver akut dan biasanya akibat dari keracunan atau overdosis obat. Berikut adalah beberapa gejala awal ciri ciri penyakit gagal liver yang paling umum terjadi, kenali tanda fisik sampai klinis untuk mencegah gagal liver sejak dini.

 

Tanda Gejala Awal Kegagalan liver

  • mual, kelelahan, berat badan, kehilangan nafsu makan
  • diare, kering, kulit gatal, mudah memar dan berdarah
  • kebingungan, pelupa, kabut otak, disorientasi
  • gangguan tidur, gerakan lamban, mengantuk
  • pembicaraan yang kacau, kesulitan dalam menulis
  • pemarah, perubahan mood, bau napas manis / apak
  • buruk pertimbangan, konsentrasi yang buruk

 

Kegagalan liver terjadi dalam dua bentuk: akut dan kronis. Gagal liver akut mengacu pada tiba-tiba kehilangan fungsi liver, sedangkan gagal liver kronis adalah hasil dari penurunan bertahap dalam fungsi liver. Paling sering, individu dengan gagal liver tetap asimtomatik atau mengalami gejala ringan seperti sakit perut, kelelahan dan mual, yang mungkin tidak diketahui. Gejala ini, jika disertai dengan tanda-tanda berikut, adalah indikasi dari gagal liver. Beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk mencegah gagal liver akut:

 

  1. Batasi minum alkohol

Mencegah gagal liver yang pertama yaitu dengan batasi jumlah alkohol yang Anda minum tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan laki-laki yang lebih tua dari 65 tahun, dan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria yang lebih mudaDapatkan vaksinasi. Jika Anda pada peningkatan risiko tertular hepatitis, jika Anda telah terinfeksi dengan bentuk virus hepatitis atau jika Anda memiliki penyakit liver kronis, berbicara dengan dokter Anda tentang mendapatkan vaksin hepatitis B. Vaksin juga tersedia untuk hepatitis A.

 

  1. Hindari kontak langsung

Mencegah gagal liver kedua yaitu hindari kontak secara langsung dengan darah dan cairan orang lain yang berisiko. Jarum suntik aksidental atau pembersihan darah atau cairan tubuh yang tidak benar dapat menyebarkan virus hepatitis. Berbagi pisau cukur atau sikat gigi juga dapat menyebarkan infeksi.

 

  1. Berhati-hatilah dengan semprotan aerosol

Ketika Anda menggunakan pembersih aerosol, pastikan ruangan berventilasi, atau pakailah masker. Mencegah gagal liver dengan perlindungan yang sama ketika menyemprot insektisida, fungisida, cat dan bahan kimia beracun lainnya.

 

  1. Lindungi kulit Anda

Bila menggunakan insektisida dan bahan kimia beracun lainnya, mencegah gagal liver yaitu dengan kulit Anda dengan sarung tangan, lengan panjang, topi dan masker.

 

  1. Menjaga berat badan yang sehat

Obesitas dapat menyebabkan kondisi yang disebut penyakit liver berlemak nonalkohol, yang mungkin termasuk liver berlemak, hepatitis. Karena itu cara mencegah gagal liver yang baik dengan menjaga berat badan.

 

Untuk Anda penderita penyakit liver segera lakukan penanganan penyakit liver sejak dini dengan cara mengobati penyakit liver secara alami tanpa operasi, hal ini dapat anda lakukan dengan memperhatikan pola hidup sehat sesuai poin-poin diatas mengenai cara mencegah gagal liver. Semoga bermanfaat…

 

Mencegah Gagal Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*