Mencegah Kerusakan Liver

Mencegah Kerusakan Liver

Mencegah Kerusakan Liver

Kerusakan liver ini dapat terjadi karena disebabkan oleh hal-hal tertentu. Kerusakan liver juga dapat di sembuhkan dengan beberapa cara. Jika kerusakan liver ini ada penyebabnya dan ada penyembuhannya, tentu ada pula pencegahannya. Beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan liver. Beberapa hal yang dapat dilakukan tersebut antara lain:

 

  1. Membatasi diri mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol

Minuman yang mengandung alkohol merupakan minuman yang tidak baik bagi kesehatan. Minuman yang mengandung alkohol ini sebagai contoh adalah minuman keras. Agar liver tidak mengalami kerusakan, maka cara yang tepat untuk mencegah kerusakan liver yaitu Anda harus membatasi diri dalam mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Lebih baik lagi jika Anda tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol tersebut. Pengonsumsian minuman yang mengandung alkohol akan dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada liver Anda. Maka dari itu langkah tepat mencegah kerusakan liver hendaknya kita bisa membatasi diri dalam mengonsumsi minuman beralkohol ini. Dalam jangka panjang, minuman yang beralkohol ini juga akan menyebabkan gangguan kesehatan lain tidak hanya pada liver saja.

 

  1. Jangan melakukan seks bebas

Penyakit kerusakan liver ini juga dapat disebabkan karena adanya penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis B dan hepatitis C ini adalah penyakit menular yang bisa diderita melalui hubugan seks yang tidak aman atau seks bebas. Maka untuk mencegah kerusakan liver yang beresiko dari penyakit hepatitis B dan juga Hepatitis C ini hendaknya Anda menjauhkan diri dari yang namanya hubungan seks bebas. Sebaiknya melakukan hubungan seks pada satu orang saja dan tidak perlu berganti-ganti pasangan. Apabila terpaksa harus berganti pasangan, maka gunakan pengaman seperti kondom agar membuat hubungan seks menjadi lebih aman dan tidak mengundang banyak penyakit.

 

  1. Hati-hati bila memilih jarum suntik

Salah satu cara penularan penyakit hepatitis B dan C selain melalui hubungan seks yaitu melalui jarum suntik. Orang yang mengonsumsi narkotika lebih mudah terjangkit penyakit hepatitis karena terbiasa berganti-ganti jarum suntik dengan para pemakai lainnya. Jika Anda bukan pemakai narkotika, maka Anda perlu berhati-hati dalam penggunaan jarum suntik. Penggunaan jarum suntik yang sembarangan dan tidak steril dapat menyebabkan datangnya penyakit hepatitis ini. Penyakit hepatitis pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya kerusakan liver.

 

  1. Menghindari pengonsumsian obat-obatan terlarang

Mencegah Kerusakan LiverObat-obatan yang dilarang, seperti narkoba dan narkotika dan lain sebagainya bila dikonsumsi bisa menimbulkan kerusakan liver serta membahayakan kesehatan tubuh manusia. Selain obat-obatan terlarang yang dikonsumsi melalui mulut, obat-obatan yang disuntikkan dengan melalui intravena juga beresiko dapa mengeluarkan penyakit hepatitis C yang dapat menyebabkan kerusakan liver. Oleh karena itu untuk mencegah kerusakan liver, penggunaan obat-obatan ini haruslah diatur sedemikian rupa oleh dunia medis dan tidak seharusnya digunakan secara bebas.

 

  1. Menghindari paparan polusi

Menurut pendapat dari Hepatitis Foundation International, bahan kimia yang berada dalam polusi seperti pengencer cat, penyemprot serangga, dan juga bahan kimia lainnya dapat dengan mudah masuk ke dalam liver. Pada jumlah tertentu, zat-zat seperti ini bisa didektoksifikasi, namun jika jumlahnya terlalu banyak justru dapat menyebabkan kerusakan liver. Maka dari itu cara mencegah kerusakan liver yang baik yaitu gunakan selalu masker dan juga sarung tangan sebagai pelindung untuk melindungi ketika berhadapan dengan bahan kimia dan juga selalu mencuci tangan.

 

  1. Mengonsumsi makanan yang rendah lemak

Salah satu cara untuk mencegah kerusakan liver adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat memicu kedatangan penyakit liver non- alkohol yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada liver. Maka dari itu, pengonsumsian makanan yang tinggi lemak ini haruslah dibatasi. Makanan yang perlu dibatasi pengonsumsiannya antara lain adalah daging, dan juga produk susu yang tinggi lemak. Dan jenis makanan yang hendaknya tetap dikonsumsi antara lain adalah makanan nabati, biji- bijian, sayuran, dan juga jenis kacang- kacangan.

 

Demikianlah beberapa cara mencegah kerusakan liver yang dapat dilakukan untuk menjaga agar organ liver yang Anda miliki menjadi sehat dan juga terhindar dari kerusakan. Hal-hal diatas sebaiknya kita lakukan sejak dini agar kita bisa dari awal terhindar dari kerusakan liver.

 

 

Mencegah Kerusakan Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*