Mencegah Penyakit Fatty Liver

Mencegah Penyakit Fatty Liver

Mencegah Penyakit Fatty Liver– Fatty liver adalah suatu keadaan di mana adanya penimbunan lemak yang berlebihan di sel-sel liver.  Sebenarnya normal apabila liver kita mengandung lemak.  Tetapi apabila berat lemaknya sudah lebih dari 10% dari berat liver itu sendiri, sehingga sebagian sel-sel liver yang sehat sudah diganti dengan sel lemak,  itu sudah tidak normal.  Mencegah Penyakit Fatty Liver– Liver sudah berubah warnanya menjadi kuning mengkilat karena berlemak, membesar dan lebih berat dari keadaan normal.  Inilah yang disebut dengan fatty liver/perlemakan hati.

Mencegah Penyakit Fatty Liver– Biasanya fatty liver tidaklah berbahaya, karena sebenarnya fungsi liver juga tidak terganggu tetapi untuk jangka panjang fatty liver sering berpotensi menjadi penyebab kerusakan hati dan sirosis hati.

mencegah penyakit fatty liver

mencegah penyakit fatty liver

Mencegah Penyakit Fatty Liver– Jenis penyakit fatty liver dapat dimulai dari steatosis (hanya perlemakan hati), steatohepatitis (perlemakan hati disertai dengan inflamasi).  Keadaan ini dapat terjadi karena (1) konsumsi alcohol yang berlebihan yang disebut dengan ASH (Alcoholic Steatohepatitis), atau (2) bukan karena alkohol yang disebut NASH (Nonalcoholic Steatohepatitis).

Fatty liver jarang menimbulkan keluhan, karena penimbunan lemak ini terjadinya secara perlahan-lahan.  Mencegah Penyakit Fatty Liver- Gejala klinis yang dikeluhkan penderita paling-paling perut terasa penuh, ini disebabkan karena lemak kebanyakan menumpuk di hati bagian atas.  Terus, perut daerah ulu hati kadang-kadang terasa keras.  Mencegah Penyakit Fatty Liver- Pada waktu penyakit bertambah parah, mungkin penderita  akan mengalami rasa lelah, sakit di sekitar perut, dan lemah.

Mencegah Penyakit Fatty Liver- Biasanya penderita tidak tahu kalau ia menderita fatty liver, dan mereka baru tahu setelah melakukan check up lengkap karena penyakit lainnya. Fatty liver yang berhubungan dengan penggunaan alcohol bisa terjadi dengan hanya meminum sebanyak 10oz (+ 300 ml) alkohol perminggu.

Mencegah Penyakit Fatty Liver- Siapakah yang beresiko menderita fatty liver?

  • 80% penderita fatty liver adalah obese untuk NASH (Nonalcoholic Steatohepatitis).  Resiko fatty liver meningkat bagi yang kelebihan berat dan obese.
  • Penderita Diabetes.
  • Penderita trigliserid yang tinggi.
  • Umur, Bisa terjadi pada segala umur, bahkan anak-anak yang kegemukan.  Karena data di Indonesia tidak ada, jadi saya ambil data dari Amerika Serikat.  Penderita steatosis/fatty liver terjadi kira-kira pada 25-35% jumlah populasi di sana.

 

Bagaimana mencegah penyakit fatty liver?

Pencegahannya adalah sesuai dengan penyebabnya. Jika:

  • Kegemukan, turunkan berat badan. Turun berat badan yang aman adalah 1/2 kg per minggu.
  • Tinggi trigliserid, turunkan.
  • Hindari alcohol, jika konsumsi alcohol.
  • Control diabetes jika karena diabetes.
  • Pola makan dan gaya hidup harus diubah.  Makanlah makanan bergizi seimbang, sehat dan tingkatkan aktivitas tubuh.

 

Pola makan yang bagaimana yang baik untuk mencegah penyakit fatty liver?

Mencegah Penyakit Fatty Liver- Pola makan berbasis nabati: Diet nabati dapat sangat membantu baik untuk pengobatan dan mencegah penyakit fatty liver. Diet vegetarian yang rendah lemak, tinggi serat biasanya menyebabkan penurunan berat badan dan dapat menurunkan kadar lemak darah (misalnya, trigliserida) yang berkontribusi terhadap penyakit hati berlemak non alkohol. Mencegah Penyakit Fatty Liver– Diet seperti ini juga berhubungan dengan penurunan resistensi insulin dan perlindungan antioksidan yang lebih besar, dibandingkan dengan pola makan daging.

  • Hindari makanan hewani terutama yang berlemak, hindari gorengan dan makanan proses.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat yang sudah direfined misalnya gula putih, roti putih, nasi putih, mie, kue-kue, biscuit, pudding dll.
  • Hindari produk susu seperti susu sapi, cheese, cream atau butter.
  • Hindari semua margarine dan sejenisnya.
  • Hindari semua makanan dan minuman manis-manis.
  • Hindari pemanis buatan.
  • Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran mentah.
  • Minumlah paling sedikit 2 liter air sehari.

 

Pengobatan

Mencegah Penyakit Fatty Liver- Penurunan berat badan sangat penting pada pasien dengan kelebihan berat badan. Bahkan penurunan berat badan moderat (sekitar 5 persen dari berat badan) dapat memiliki efek menguntungkan yang signifikan dengan membalikkan diabetes dan hipertensi.

  • Olah raga dapat bermanfaat, dengan atau tanpa penurunan berat badan yang terkait.
  • Pasien dengan obesitas yang parah (BMI lebih dari 35) dapat mempertimbangkan pilihan operasi, seperti “stapel perut.”
  • Diabetes melitus harus ditangani dengan tepat. Obat sensitisasi insulin (misalnya, metformin dan pioglitazone) dapat sangat berguna dan juga sedang diselidiki untuk digunakan pada pasien nondiabetes dengan hati berlemak.
  • Penanganan kolesterol dan trigliserida tinggi juga dapat bermanfaat. Jarang, pasien dengan penyakit lanjut membutuhkan transplantasi hati.

 

Mencegah Penyakit Fatty Liver

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*