Mencegah Penyakit Liver

Mencegah Penyakit Liver

Mencegah Penyakit Liver

Mencegah Penyakit Liver – Penyakit pada organ hati ini biasanya kita sebut dengan sakit liver dan penyakit ini dapat muncul ketika ada kelainan yang terjadi pada fungsi hati kita. Penyakit liver atau yang kita juga bisa sebut dengan hepatitis adalah suatu kondisi sel-sel hati yang terkena peradangan. Padahal organ hati sangatlah penting untuk membuat segala yang masuk ke dalam tubuh kita dapat tersaring dengan baik.

 

Fungsi organ hati adalah untuk melindungi infeksi melalui proses pembuangan bahan beracun dan segala bakteri dari darah sehingga kesehatan tubuh dapat tetap terjaga. Hati pun memiliki peran besar dalam menyimpan energi serta membuat kadar gula lebih teratur, berikut juga hormon serta enzim dalam darah. Infeksi virus menjadi pemicu utama dari terjadinya peradangan pada organ hati dan berikut adalah bahaya penyakit liver yang perlu diwaspadai.

 

Berikut beberapa faktor penyebab penyakit liver diantaranya yaitu :

  • Mengkonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu faktor penyebab paling tinggi terhadap kerusakan organ hati, hal ini disebut dengan hepatitis alkoholik.
  • Sirosis merupakan tahap akhir dari penyakit liver, ini dikarenakan jaringan pada perut dan hilangnya sel hati dapat mengakibatkan hati untuk gagal dalam fungsinya.
  • Terjadinya kelainan hati sejak kecil atau sejak lahir
  • Terganggunya metabolisme di dalam tubuh
  • Terinfeksi virus dan bakteri jahat kedalam tubuh, bakteri atau virus ini biasanya terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi
  • Ketergantungan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang tanpa direkomendasikan oleh dokter
  • Melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang (Narkoba)
  • Terjadinya infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh jamur seperti chloride, anabolic steroids, arsenic dan aflatoxin.

 

Beberapa gejala yang ditimbulkan, yaitu :

  • Menurunnya nafsu makan, sehingga berat badan juga ikut menurun secara drastis dan otomatis kesehatan tubuh akan terganggu.
  • Terdapat tanda perubahan pada selaput mata yang berubah warna menjadi kuning, tanda ini dikarenakan terjadi penumpukan empedu di dalam darah., selain itu, terjadi perubahan warna kulit yang kekuning-kuningan.
  • Sering merasa depresi atau stress
  • Timbul rasa nyeri didaerah perut kanan
  • Perubahan warna urin yang menjadi kecokelatan
  • Terjadi pembesaran pada pembuluh vena
  • Mudah lelah dan hilangnya gairah, sehingga malas untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari
  • Terjadi penurunan gula darah
  • Sering merasa mual dan muntah, bahkan dapat terjadi muntah darah

 

Tips Mencegah Penyakit Liver

Berikut ini adalah cara mencegah penyakit liver yang efektif :

 

  1. Imunisasi

Jelas sekali bahwa mencegah penyakit liver paling ampuh adalah dengan melakukan imunisasi karena imunisasi adalah yang paling efektif untuk membuat infeksi penyakit hepatitis dapat dicegah.Mencegah Penyakit Liver Sesudah memperoleh imunisasi, antibodi akan dihasilkan oleh tubuh dengan bentuk zat daya tahan tubuh yang bisa melawan hepatitis. Imunisasi ini pun hanya perlu diberikan sekali seumur hidup pada anak usia 2-18 tahun agar terlindung dari penyakit hepatitis serius.    mencegah penyakit liver

 

  1. Menjaga kebersihan

Tentu dengan menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar kita adalah yang paling baik agar diri sendiri, serta orang lain tidak mudah terkena maupun tertular penyakit liver. Cara mencegah penyakit liver yaitu dengan mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun, bahkan juga sehabis dari toilet.

 

  1. Tidak Saling Bertukar Barang

Walaupun hidup bersama di dalam satu atap, meski hubungan dengan orang tersebut masih keluarga, alangkah baiknya mencegah penyakit liver untuk tidak memakai sikat gigi, handuk maupun barang pribadi lainnya secara bergantian alias 1 barang milik bersama. Tidak terkecuali alat makan, seperti misalnya menggunakan sendok dan garpu yang sama tanpa dicuci lebih dulu akan dapat berbahaya bagi kesehatan karena bakteri dan virus akan mudah tersebar. mencegah penyakit liver

 

  1. Mengonsumsi Makanan Matang

Mungkin Anda menemukan jenis makanan yang memang enak-enak saja dinikmati mentah atau bahkan setengah matang, namun akan jauh lebih sehat bila makanan yang disantap dijamin sudah dimasak secara matang. Makanan yang matang tentu akan lebih bersih. mencegah penyakit liver

 

  1. Tidak Jajan Sembarangan

Anak-anak sangat suka jajan apalagi ketika di sekitar sekolahnya banyak pedagang makanan dan minuman. Orang dewasa pun ada yang suka jajan di pinggir jalan. Namun, perhatikan apakah makanan serta minuman yang dijajakan tersebut benar-benar bersih karena jajanan terbuka apalagi di pinggir jalan tidak semuanya terjamin bersih.

 

  1. Menerapkan Pola Tidur yang Baik

Mencegah penyakit liver yang terakhir yaitu pola tidur yang dianggap baik dan sehat adalah seseorang yang dapat beristirahat selama 8 jam sehari dan waktu tersebut merupakan waktu tidur minimal.

 

Demikianlah mencegah penyakit liver yang harus dilakukan sebelum terlambat. Jangan pernah megabaikan bahaya penyakit liver tersebut dan berlaku masa bodoh. Mulailah hidup sehat dari sekarang dan lakukanlah pencegahan sedini mungkin.

 

 

Mencegah Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*