Pantangan Makanan Fatty Liver

Pantangan Makanan Fatty Liver

Pantangan Makanan Fatty Liver– Fatty liver merupakan sebuah gejala awal yang dapat menimbulkan masalah pada organ hati dan gangguan fungsi hati. Fatty liver merupakan pembengkakan hati yang disebabkan oleh adanya penimbunan lemak (Lipid) yang berlebihan di dalam sel-sel hati. Jika hati mengalami pembengkakan maka hati atau liver menjadi tidak berfungsi. Pantangan Makanan Fatty Liver– Kemudian akan timbul gejala-gejala dari penyakit hati atau liver yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab.

Pantangan Makanan Fatty Liver– Penting bagi kita untuk menjaga gaya dan pola hidup yang sehat,supaya terhindar dari penyakit fatty liver.apabila anda salah satu orang yang terkena fatty liver,maka simak artikel berikut,apa saja yang menjadi pantangan makanan bagi penderita fatty liver.

Fatty liver jarang menimbulkan keluhan, karena penimbunan lemak ini terjadinya secara perlahan-lahan. Gejala klinis yang dikeluhkan penderita paling-paling perut terasa penuh, ini disebabkan karena lemak kebanyakan menumpuk di hati bagian atas.  Terus, perut daerah ulu hati kadang-kadang terasa keras. Pantangan Makanan Fatty Liver– Pada waktu penyakit bertambah parah, mungkin penderita  akan mengalami rasa lelah, sakit di sekitar perut, dan lemah.

Pantangan Makanan Fatty Liver– Siapakah yang beresiko menderita fatty liver?

  • 80% penderita fatty liver adalah obese untuk NASH (Nonalcoholic Steatohepatitis).  Resiko fatty liver meningkat bagi yang kelebihan berat dan obese.
  • Penderita Diabetes.
  • Penderita trigliserid yang tinggi.
  • Umur, Bisa terjadi pada segala umur, bahkan anak-anak yang kegemukan.  Karena data di Indonesia tidak ada, jadi saya ambil data dari Amerika Serikat.  Penderita steatosis/fatty liver terjadi kira-kira pada 25-35% jumlah populasi di sana.
pantangan makanan fatty liver

pantangan makanan fatty liver

Penyebab Fatty Liver

Pantangan Makanan Fatty Liver- Genetika tampaknya memainkan peran dalam pembentukan fatty liver. Kondisi ini lebih sering muncul pada usia paruh baya atau mereka yang mungkin serius kelebihan berat badan atau obesitas. Mungkin ada beberapa kondisi yang sudah ada yang dapat berkontribusi terhadap hati berlemak.

Makanan apa yang harus dihindari bagi penderita fatty liver ?

Pantangan Makanan Fatty Liver- Jenis makanan yang harus dihindari bagi yang menderita sakit fatty liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri. Nah selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita fatty liver mempunyai pantangan makanan sebgai berikut .

Pantangan makanan fatty liver :

  • Hindari makan duah-buahan seperti durian, nanas, nangka, anggur.
  • Hindari daging sapi, daging kambing atau daging ayam yang berlemak
  • Hindari makan seafood seperti udang, cumi-cumi, kepiting, kerang.
  • Hindari telur ayam dan telur puyuh
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan bahan pengawet
  • Jangan menkonsumsi makanan yang dipanggang, makanan yang digoreng berulang kali, nasi kemarin.
  • Hindari asap rokok.
  • Apabila menkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal, seperti Pegagan, Sambung nyawa, Mahkota dewa, Daun salam, dll.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Hindari stress dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.

 

Pantangan Makanan Fatty Liver- Saran dan anjuran bagi para penderita fatty liver :

Pola makan berbasis nabati: Diet nabati dapat sangat membantu baik untuk pengobatan dan pencegah penyakit fatty liver. Diet vegetarian yang rendah lemak, tinggi serat biasanya menyebabkan penurunan berat badan dan dapat menurunkan kadar lemak darah (misalnya, trigliserida) yang berkontribusi terhadap penyakit hati berlemak non alkohol. Pantangan Makanan Fatty Liver- Diet seperti ini juga berhubungan dengan penurunan resistensi insulin dan perlindungan antioksidan yang lebih besar, dibandingkan dengan pola makan daging.

Pantangan Makanan Fatty Liver- Penurunan berat badan sangat penting pada pasien dengan kelebihan berat badan. Bahkan penurunan berat badan moderat (sekitar 5 persen dari berat badan) dapat memiliki efek menguntungkan yang signifikan dengan membalikkan diabetes dan hipertensi.

Konsumsi sayur segar. Antara lain : Kubis, leunca, Buncis, Wortel, Pare, Brocoli, Sambung nyawa, Bit dan Bawang putih, Konsumsi juice buah. Antara lain : Belimbing manis, Apel malang, Jeruk, Pepaya, Jambu biji, Tomat.

Pantangan Makanan Fatty Liver

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pantangan Makanan Fatty Liver

  1. Uliz Kirei says:

    Saya mencari obat hati berlemak untuk Ayah Saya mohon diberikan informasi lebih lanjut. Terimakasih.

    • bayu says:

      Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:

      Ibu Sona
      0857 8111 3079
      0818 755 799
      0812 9127 3879
      Pin BB 28910E4E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*