Pantangan Penderita Kanker Liver

Pantangan Penderita Kanker Liver

Pantangan Penderita Kanker Liver

Kanker liver bisa dianggap sebagai kanker primer ketika terbentuk di liver itu sendiri atau sekunder (metastatik) ketika terbentuk di area lain pada tubuh. Karena liver terbentuk dari beberapa jenis sel yang berbeda, maka tumor yang terbentuk pun beragam. Namun, tidak semua tumor yang terbentuk di liver berakhir dengan kanker. Beberapa tumor jinak yang terbentuk dapat dihilangkan melalui operasi jika menimbulkan rasa sakit.

 

 

Ciri-Ciri Utama Kanker Liver

Adakalanya tanda-tanda kanker liver dapat terlihat lebih cepat dan hal ini memudahkan bagi kita untuk segera menanganinya. Beberapa gejala umum dari kanker liver antara lain:

  • Merasa sangat kenyang meskipun hanya makan sedikit
  • Mual atau muntah
  • Pembengkakan liver, merasa seperti ada benjolan di area bawah tulang rusuk sisi kanan
  • Pembengkakan limpa, merasa seperti ada benjolan di area bawah tulang rusuk sisi kiri
  • Merasa sakit di perut atau di dekat tulang belikat kanan
  • Bengkak atau penumpukan cairan di perut
  • Menguningnya warna kulit dan putih mata (penyakit kuning)
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  • Kehilangan selera makan
  • Gatal-gatal
  • Demam
  • Pembuluh darah di perut membesar sehingga tampak di permukaan kulit
  • Memar atau perdarahan yang tidak biasa

 

 

Pantangan Penderita Kanker Liver

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), kanker liver merupakan salah satu dari lima kanker yang paling umum terjadi pada laki-laki. Jika Anda mengidap kanker liver berat, konsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi akan membantu proses pemulihan liver. Berikut beberapa pantangan penderita kanker liver :

 

  1. Kurangi jumlah garam

Anda mungkin sering membaca resep masakan atau mendengar koki mengatakan: beri garam secukupnya. Garam memang digunakan sebagai penambah rasa, biasanya untuk mengurangi rasa pahit. Sayangnya, penderita kanker liver harus mengurangi konsumsi garam. Gejala-gejala kanker liver dapat bertambah buruk akibat konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi. Menurut MedlinePlus, garam dapat memicu dan memperburuk gejala peradangan pada liver Anda. Garam dapat meningkatkan air terakumulasi dalam liver dan menyebabkan pembengkakan. Garam menyebabkan tubuh Anda menyimpan dan menyerap lebih banyak air. Selain menghindari garam dalam makanan, Anda juga harus teliti terhadap makanan kemasan yang mengandung garam, seperti sup kalengan, makanan beku, kue dan pai.

 

  1. Hindari makanan tinggi protein

Kanker liver dapat memengaruhi proses penyerapan protein dalam tubuh. Protein perlu diolah agar dapat dicerna dan dipecah menjadi nutrisi penting. Namun, ketika liver Anda rusak, proses ini menjadi terganggu. Makan yang mengandung terlalu banyak protein mungkin akan menumpuk dan menjadi limbah atau racun dalam liver dan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut bagi liver Anda sekaligus memperparah gejala. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus menghilangkan seluruh sumber protein dalam diet Anda. Sebagai tindak antisipasi, pantangan penderita kanker liver ini baiknya Anda konsumsi makanan berprotein secukupnya.

Daripada memilih makanan tinggi protein seperti susu, daging, unggas, ikan dan telur, cobalah protein nabati seperti produk kedelai dan kacang-kacangan. Protein ini mudah dicerna dan memberikan jeda untuk liver Anda beristirahat, dan Anda masih bisa dapat kebaikan protein dalam diet harian. International Agency for Research on Cancer, sebuah lembaga kanker dari WHO, menyimpulkan bahwa mengonsumsi daging olahan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

 

  1. Hindari makanan tinggi lemak, kolesterol, dan kalori

Konsumsilah makanan rendah kalori, termasuk gula halus dan lemak hewani untuk menghindari obesitas. Terlalu banyak mengonsumsi lemak dapat menyebabkan penumpukan lemak di liver. Selain itu, liver harus bekerja lebih keras untuk mengolah lemak dan merespon pengobatan kanker. Sebagai tindakan antisipasi, pantangan penderita kanker liver yaitu makanan tinggi lemak, seperti kue dan pai kemasan, onion ring goreng, kentang goreng, dan keripik.

 

  1. Batasi konsumsi alkohol dan berhenti merokok

Menghindari tembakau dan alkohol merupakan salah satu pantangan penderita kanker liver yang baik demi kesehatan Anda. Jika memang terpaksa, konsumsi alkohol tidak boleh berlebihan. Pasalnya, risiko kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal dan liver, akan meningkat seiring dengan banyaknya jumlah alkohol dan seringnya Anda mengonsumsinya.

Sekitar 20% kematian akibat kanker mulanya dipicu oleh rokok. Rokok dapat memicu berbagai jenis kanker dan gangguan medis lainnya. Bahkan jika Anda bukan perokok aktif, paparan asap rokok dari orang sekitar dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

 

 

Tes-Tes untuk Menegakkan Diagnosis

Sebelum menegakkan diagnosis kanker liver, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan atau prosedur medis berikut: Tes darah yang digunakan untuk mendeteksi ada-tidaknya kelainan pada fungsi liver. Tes pencitraan yang dilakukan dokter untuk menjalani pemeriksaan dapat berupa utrasound, CT scan, dan MRI scan.

Tes sampel jaringan liver (biopsi), ini dilakukan dokter dengan memasukkan jarum kecil ke dalam kulit menuju liver guna memperioleh sampel jaringannya. Agar terhindar dari serangan kanker liver, Anda tentu perlu menjaga kesehatan tubuh melalui pola makan yang sehat. Apakah ada dari antara dari tanda-tanda kanker liver yang Anda alami? Segeralah tangani sebelum terlambat!

 

Bila kanker ditemukan masih dalam tahap awal perkembangannya, besar kemungkinan Anda belum perlu melakukan proses pengobatan atau pembedahan yang menyakitkan. Obat kanker liver herbal dapat dimanfaatkan untuk menekan gejala-gejala kanker liver agar tidak bertambah parah selagi menunggu hasil pemeriksaan medis.

Kanker liver dapat membawa banyak efek samping yang tidak diinginkan, seperti penurunan berat badan, sakit perut, muntah, mual dan kehilangan nafsu makan. Menghindari jenis makanan di atas dapat mempercepat proses pemulihan. Semoga ulasan pantangan penderita kanker liver di atas bermanfaat dapat menambah pengetahuan Anda. Terimakasih…

 

 

Pantangan Penderita Kanker Liver

This entry was posted in Penyakit Liver and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*