Pantangan Penyakit Liver Apa Saja ?

Pantangan Penyakit Liver Apa Saja ?

Pantangan Penyakit Liver – Untuk makanan yang diperbolehkan bagi penderita liver sebaiknya memilih jenis makanan dalam proses memasaknya melalui penguapan, dikukus atau direbus. Proses memasak makana dengan sistem uap/penguapan sangat baik untuk kesehatan, baik bagi penderita liver itu sendiri juga menghindari penyakit lain seperti kanker, tumor, asam urat, dan sejenisnya. Kenapa demikian ? Sebab jenis memasak dengan proses ini akan terhindar dari lemak yang bisa memicu penyakit kolesterol yang mengakibatkan rematik dan asam urat.

Penderita liver wajib menghindari jenis makanan gorengan, dibakar, diasap atau dipanggang seperti sate dan sejenisnya, sebab makanan dengan proses diasap dan digoreng tidak bisa lepas dari adanya unsur lemak, dan lemak itu sendiri bagi penderita liver akan merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi tidak sehat (sakit).

Makanan sakit liver menurut para ahli ilmu kedokteran terbaik adalah susu. Susu bagi penderita liver merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi dengan takaran 1 liter susu setiap hari. Buah dan sayuran juga wajib dikonsumsi setiap hari bagi yang menderita sakit liver, dan idealnya mengkpnsumsi buah dan sayuran sebanyak 1 kg perhari. Jadi minum susu serta buah dan sayuran adalah wajib bagi penderita liver sebab buah dan sayuran serta susu merupakan obat penyembuh sakit liver alami. Selain jenis makanan diatas, makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver antara lain ayam kampung beserta telurnya, ikan laut, ikan tawar, dan kacang hijau.

Pantangan Penyakit Liver Apa Saja ?

Pantangan Penyakit Liver

Ada banyak pantangan penyakit liver yang sudah seharusnya anda hindari. Penting bagi kita untuk menjaga gaya dan pola hidup yang sehat, supaya terhindar dari penyakit liver. Liver merupakan salah satu organ yang teramat vital serta menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh.

Ketika liver terkena penyakit atau gangguan fungsi. Jenis makanan yang menjadi pantangan penyakit liver dan harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri. Selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita liver mempunyai pantangan penyakit liver sebagai berikut :

  • Pantangan penyakit liver pertama yaitu Berbagai makanan dengan kandungan lemak yang begitu tinggi seperti daging kambing, es krim, jeroan, keju, mentega, makanan berminyak, serta makanan bersantan.
  • Makanan yang ada di dalam kemasan kaleng seperti cornet serta sarden.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah kue atau cemilan. Kue atau cemilan yang mempunyai kandungan kalori serta lemak jenuh yang tinggi. Kue yang patut untuk dihindari adalah kue tart, gorengan, dan beragam makanan cepat saji.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah makanan yang menimbulkan gas seperti kacang merang, lobak, durian, kol, sawi, serta nangka.
  • Bumbu masakan yang mempunyai rasa serta aroma begitu kuat seperti bawang, cabai, merica, serta jahe.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah minuman yang mengandung soda serta alcohol.
  • Hindari asap rokok.
  • Apabila menkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal, seperti Pegagan, Sambung nyawa, Mahkota dewa, Daun salam, dll.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari makananseafood, seperti udang, cumi-cumi, kerang dan makanan seafood lainnya.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari stress dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.

Itulah daftar beberapa makanan pantangan penyakit liver. Sekian artikel mengenai pantangan penyakit liver. Semoga artikel mengenai pantangan penyakit liver diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Pantangan Penyakit Liver Apa Saja ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*