Pantangan penyakit liver

PANTANGAN PENYAKIT LIVER

Pantangan Penyakit liver- Penyakit Liver yaitu penyakit peradangan pada hati yang umumnya sering disebut juga dengan hepatitis. Penyakit liver ini atau bisa di bilang hepatitis juga bisa berjalan karena mengkonsumsi toxin yang terbawa oleh bahan makanan, obat-obatan yang banyak mempunyai kandungan bahan kimia atau bisa juga karena oleh agen infeksi ( virus ) atau karena keracuanan.

Pantangan Penyakit Liver

Pantangan Penyakit Liver

Pantangan Penyakit liver-Penyebab Penyakit Liver biasanya adalah virus, racun, bakteri d an alkohol. Masuknya penyebab penyakit liver tersebut umumnya melalui bermacam zat makanan dan minuman yang anda mengonsumsi yang tidak di sistem dengan baik. Situasi di dalam situasi tidak bersih dan pada prinsipnya mempunyai kandungan racun. Selain itu pola hidup yang tidak sehat layaknya meminum-minuman yang mempunyai kandungan alkohol juga bisa lantas penyebab penyakit liver.

Pantangan Penyakit Liver bagi Penderita Liver Yang harus Diwaspadai dalam hal makanan yang dikonsumsi

Pantangan Penyakit Liver– Apa saja jenis makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver ? dan jenis makanan apa yang harus dihindari bagi yang sakit liver ? Perlu diketahui bahwa pola makan yang dapat memicu terjadinya penyakit liver atau radang empedu adalah jenis makanan yang mengandng banyak lemak, sehingga mengakibatkan penumpukan lemak berlebih yang pada akhirnya menjadi kristal diempedu yang mengakibatkan luka dan jika terdapat kuman maka akan menimbulkan infeksi atau radang.

Pantangan Penyakit Liver– Jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver ?
Nah untuk makanan yang diperbolehkan bagi penderita liver sebaiknya memilih jenis makanan dalam proses memasaknya melalui penguapan, dikukus atau direbus. Proses memasak makanan dengan sistem uap /penguapan sangat baik utuk kesehatan, baik bagi penderita liver itu sendiri juga menghindari penyakit lain seperti kanker, tumor. Kenapa demikian sebab jenis memasak dengan proses ini akan terhidar dari lemak yang bisa memicu penyakit kolesterol yang mengakibatkan rematik.

Pantangan Penyakit Liver– Penderita liver wajib menghindari jenis makanan gorengan, dibakar, diasap atau dipanggang seperti sate dan sejenisnya, sebab makanan dengan proses diasap dan digoreng tidak bisa lepas dari adanya unsur lemak, dan lemak itu sendiri bagi penderita liver akan merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi sakit.

Pantangan Penyakit Liver– Makanan sakit liver menurut para ahli ilmu kedokteran terbaik adalah susu. Susu bagi penderita liver merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi dengan takaran 1 liter susu setiap hari. Buah dan sayuran juga wajib dikunsumsi setiap hari bagi yang menderita sakit liver, dan idealnya mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 1 kg. Jadi minum susu serta buah dan sayuran adalah wajib bagi penderita liver sebab buah dan sayuran serta susu merupakan obat penyembuh sakit liver alami. Selain jenis makanan diatas makanan yang boleh di konsumsi bagi penderita liver antara lain ayam kampung beserta telornya, ikan laut, ikan tawar, dan kacang hijau.

Pantangan Penyakit Liver– Makanan apa yang harus dihindari bagi penderita liver ?
Jenis makanan yang harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri.

Nah selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita liver mempunyai pantangan penyakit liver dari segi makanan sebgai berikut .

Pantangan Penyakit Liver– pantangan makanan bagi penderita liver :

  • Hindari makan menimbulkan gas buah-buahan seperti durian, nanas, nangka, anggur, ubi, kacang merang, lobak, mentimun, durian, kool, sawi, dan nangka.
  • Hindari daging sapi, daging kambing atau daging ayam yang berlemak.
  • Hindari makan seafood seperti udang, cumi-cumi, kepiting, kerang.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan bahan pengawet, minuman yang mengandung soda.
  • Hindari makanan dengan kandungan tinggi lemak seperti daging kambing dan babi, jeroan, es krim, suus full cream, keju, mentega/margarine, makanan berminyak dan makanan bersantan.
  • Makanan dalam kemasan kaleng seperti sarden dan corned.
  • Kue atau cemilan dengan kandungan tinggi kalori dan lemak jenuh, seperti kue tart, gorengan, fast food.

Pantangan Penyakit Liver- Saran dan anjuran bagi para penderita liver :

• Konsumsi sayur segar. Antara lain : Kubis, leunca, Buncis, Wortel, Pare, Brocoli, Sambung nyawa, Bit dan Bawang putih.
• Konsumsi juice buah. Antara lain : Belimbing manis, Apel malang, Jeruk, Pepaya, Jambu biji, Tomat.
• Jangan menkonsumsi makanan yang dipanggang, makanan yang digoreng berulang kali, nasi kemarin.
• Hindari asap rokok.
• Apabila menkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal, seperti Pegagan, Sambung nyawa, Mahkota dewa, Daun salam, dll.
• Perbanyak minum air putih.
• Hindari stress dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.

Pantangan Penyakit Liver- Terapi diet ini dilakukan bertujuan untuk memberi asupan sumber gizi bagi penderita hepatitis dan mengontrol nilai kandungan sumber energi yang dibutuhkan dari penderita hepatitis, kondisi/keadaan dan kebutuhan akan sumber gizi berbeda-beda pada penderita hepatitis tergantung pada berat badan dan aktifitas penderita.

Pantangan Penyakit Liver- Bila si penderita menimbulkan gejala mata kuning atau perubahan kulit jangan terlalu banyak mengurangi lemak. Lemak baik terdapat pada asam lemak essensial seperti minyak nabati atau minyak ikan boleh diberikan seperti biasa.

Pantangan Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*