Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver

Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver

Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver

Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver – Liver merupakan organ dalam yang terletak di kanan perut atau tepatnya di bawah sekat rongga perut yang membagi antara dada dan perut. Organ ini berperan penting bagi tubuh karena berfungsi memecah racun yang terdapat dalam tubuh. Karena itu, hati atau liver sangat rawan mengalami kerusakan.

 

Penyakit liver bisa disebabkan karena beberapa hal, bisa dari virus, bakteri atau penyebab lain misalnya rokok dan alkohol. Oleh karena itu, jika anda menderita penyakit liver memiliki makanan pantangan yang perlu anda perhatikan. Ada beberapa pantangan penyakit liver yang harus dihindari demi menjaga agar penyakit ini tidak semakin parah. Pantangan yang ada ini juga bertujuan untuk menunjang pengobatan yang dilakukan.

 

Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver

Berikut makanan yang menjadi Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver (hati), diantaranya :

 

  1. Makanan Berlemak Tinggi

Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver Pantangan untuk Penderita Penyakit Liveryang pertama yaitu makanan berlemak tinggi. Makanan dengan kandungan lemak yang sangat tinggi. Contoh makanan seperti ini antara lain jeroan, kari daging ayam, sapi, kambing. Sebaiknya penderita penyakit liver menghindari makanan seperti ini. Makanan berlemak tinggi lainnya seperti susu full cream, mentega, keju, makanan yang digoreng, dan bersantan pun tidak boleh dimakan oleh penderita penyakit liver.

 

  1. Makanan Kemasan Kaleng

Makanan kalengan juga menjadi Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver. Sebut saja sarden, kornet, sosis dan semua jenis makanan olahan lain yang dikemas dalam bentuk kaleng.

 

  1. Beberapa Jenis Sayuran

Makanan Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver berupa jenis makanan yang bisa memicu gas di dalam perut. Contohnya antara lain lobak, buah mentimun, sayur kol, sayur sawi, ubi, kacang merang.

 

  1. Beberapa Jenis Buah-Buahan

Seharusnya buah menjadi makanan yang menyehatkan dan bagus untuk kita semua ketika sedang sakit. Tetapi ada beberapa buah yang menjadi Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver, diantaranya adalah buah durian, nangka, anggur dan buah nangka.

 

  1. Makanan Dengan Bumbu Rempah Tinggi

Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver lainnya yaitu masakan dengan bumbu yang sangat menyengat. Misalnya makanan dengan cabai, bawang, merica, jahe dan juga cuka yang banyak. Jika anda yang suka makan di restoran Padang, maka sebaiknya dihindari karena makanan padang kaya akan bumbu rempah-rempahan.

 

  1. Seafood

Beberapa jenis seafood seperti udang, kerang, cumi, dan kepiting menjadi pantangan bagi pengidap penyakit hati.

 

  1. Minuman Alkohol dan Bersoda

Penderita penyakit liver juga harus menghindari semua jenis makanan atau minuman yang beralkohol dan mengandung soda.

 

  1. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Kadar zat besi yang terlalu banyak juga bisa merusak liver. Pasien penderita hepatitis C kadang bermasalah dalam menguraikan zat besi di dalam tubuh. Maka Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver adalah makanan yang mengandung zat besi.

 

  1. Makanan atau Minuman Berkafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau cokelat juga berpotensi memperparah kondisi penyakit liver. Khusus untuk teh, teh juga dapat mengganggu metabolisme tubuh. Jadi, Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver sebaiknya menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman tersebut.

 

Itulah Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui makanan pantangan tersebut, maka diharapkan anda lebih memperhatikan asupan nutrisi demi kesehatan anda.

 

Pantangan untuk Penderita Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*