Pemicu Penyakit Liver

Pemicu Penyakit Liver

Pemicu Penyakit Liver

Penyakit liver dapat bersifat menular dan tidak menular. Hal itu tegantung dari penyebab penyakitnya. Penyakit liver yang menular disebabkan oleh mikroorganisme (pada umumnya virus). Sedangkan jenis penyakit liver yang tidak menular biasanya disebabkan oleh kelainan organ sejak lahir, gaya hidup, maupun konsumsi makanan, minuman atau obat-obatan tertentu. Berikut di bawah ini yang merupakan pemicu penyakit liver:

 

  1. Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dalam waktu yang cukup lama dapat menjadi pemicu penyakit liver. Hal ini terjadi karena alkohol merupakan zat yang dapat merusak fungsi organ hati. Sehingga konsumsi alkohol secara terus-menerus menyebabkan fungsi hati tidak optimal dan lama-kelamaan akan semakin parah yang pada akhirnya organ hati tidak berfungsi sama sekali. Sehingga untuk para alkoholic sebaiknya segera menghentikan kebiasaannya agar dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

 

  1. Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan

Lemak jenuh merupakan lemak jahat yang bersifat yang susah dipecah di dalam tubuh. Pemecahan lemak adalah salah satu tugas dari organ hati agar lemak tersebut dimanfaatkan oleh tubuh sebagai energi, mengangkut protein, dan melindungi pembuluh darah. Namun karena lemak jenuh ini merupakan jenis lemak yang bersifat solid/padat, maka hati akan bekerja dengan lebih keras. Kerja keras ini jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan menurunkan kinerja organ hati secara progresif.

Pemicu Penyakit LiverSelain itu lemak jenuh juga dapat menumpuk di dalam hati sehingga akan menghambat proses metabolisme di dalam organ tersebut. Oleh karena itu kebiasaan mengkonsumsi lemak jenuh yang berlebihan dapat menjadi salah satu pemicu penyakit liver. Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh antara lain makanan yang digoreng, makanan bersantan, jerohan, daging-dagingan, makanan cepat saji (fastfood), dan sebagainya.

 

  1. Efek samping pemakaian obat-obatan kimia

Pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama juga dapat menjadi pemicu penyakit liver. Obat-obatan ini antara lain dari golongan jenis kortikosteroid, karbon tetraklorid, tetrasiklin, metotreksat, tetrasiklin, fosfor kuning, dan asam valproat. Obat-obatan tersebut mempunyai efek samping yang dapat merusak organ hati. Oleh karena itu dalam setiap penggunaan obat, selalu konsultasikan kepada dokter agar dapat mengkonsumsinya dalam dosis dan penggunaan yang tepat.

 

  1. Zat-zat karsinogenik

Zat-zat karsinogenik juga dapat berperan sebagai pemicu penyakit liver, khususnya kanker hati. Zat karsinogenik dapat ikut bersama makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat masuk ke dalam organ hati, mengalami penumpukan, dan akhirnya dapat menimbulkan kanker. Zat karsinogenik tersebut antara lain terdapat pada makanan yang mengandung MSG, bahan pengawet, dan bahan pemanis buatan, dan berbagai zat yang terdapat dalam bahan pembuat plastik yang dimungkinkan bercampur dengan bahan pangan.

 

  1. Kelainan bawaan

Pemicu penyakit liver pada kelainan bawaan ini umumnya terjadi karena gangguan dalam proses metabolisme ketika seseorang masih di dalam kandungan dalam bentuk janin. Sehingga kelainan tersebut mengakibatkan organ hati tidak berfungsi secara semestinya. Kelainan tersebut antara lain gangguan dalam metabolisme galaktose, glikogen, homosistin, dan tirosin. Selain gangguan metabolisme, kelainan bawaan ini juga dapat berupa gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti yang terjadi pada penyakit autoimun, misalnya penyakit primary biliary corrhosis, hepatitis autoimun, dan primary sclerosis colangitis.

 

  1. Istirahat yang sangat kurang

Kebiasaan bekerja dengan sangat keras atau terlalu diforsir juga dapat menjadi pemicu penyakit liver. Hal ini terutama terjadi pada pekerja yang sering bekerja sampai larut malam atau sering begadang. Pada kasus ini, hati dipaksa secara lebih cepat dan melakukan proses detoksifikasi secara lebih ekstra. Akibatnya lama-lama fungsi hati dapat menurun. Hal ini diperparah dengan asupan nutrisi yang kurang, terutama protein. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit liver, bekerjalah secara wajar dan upayakan beristirahat dengan cukup setiap harinya.

 

  1. Virus

Virus adalah pemicu penyakit liver yang paling banyak kasusnya. Penyakit liver yang diakibatkan oleh virus adalah jenis hepatitis, baik karena virus hepatitis A,B,C,D, dan E. Yang paling sering terjadi di Indonesia adalah virus hepatitis jenis A,B,C. Penyakit hepatitis bersifat menular, sehingga penyebarannya harus diwaspadai. Virus hepatitis dapat menyebar melalui tranfusi darah, hubungan seksual, serta makanan atau alat makan yang telah terkontaminasi virus.

 

 

 

Pemicu Penyakit Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*