Penyakit Liver Ada Pantangannya

Penyakit Liver Ada Pantangannya

Penyakit Liver – Fungsi hati yang sangat banyak menjadikan hati sebagai bagian terpenting bagi kelangsungan hidup manusia salah satu fungsi hati adalah untuk menetralkan tubuh dari zat-zat berbahaya yang masuk dari luar tubuh dan juga yang terbentuk dari dalam tubuh lalau akan di buang ke hati bersama cairan empedu ke usus, mengontrol penggumpalan darah serta menghasilkan empedu untuk menguraikan lemak menjadi asam lemak pada saat proses pencernaan. Selain itu fungsi hati adalah sebagai tempat pembentukan plasma darah zat pembeku darah, sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral, seperti besi, kalium, dan tembaga, penyimpanan cadangan air, tempat pembakaran gula dan pembentukan kolestrol.

Penyebab penyakit liver pada umumnya adalah virus, bahan-bahan beracun, bakteri dan alkohol. Masuknya penyebab sakit liver tersebut biasanya melalui berbagai zat makanan dan minuman yang anda konsumsi yang tidak diproses dengan baik, kondisi dalam keadaan tidak bersih dan memang pada dasarnya mengandung racun. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti meminum minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab sakit liver.

Penyakit Liver Ada Pantangannya

Penyebab Sakit Liver Apa Saja ?

Banyak faktor penyebab sakit liver. Berikut ini akan kami bahas beberapa penyebab sakit liver yang perlu anda ketahui. Beberapa penyebab sakit liver tersebut, yaitu :

Faktor lingkungan.

Faktor lingkungan yang terdiri dari kebersihan akan diri pribadi dan lingkungan sekitar tempat tinggal yang dirasa kurang nyaman, kurang bersih dan sebagainya menjadi salah satu penyebab sakit liver. Misalnya dari kurangnya perhatian terhadap kebersihan akan makanan, kebersihan tubuh dsb penyebab sakit liver. Segala macam virus, bakteri, dan jamur mudah sekali masuk ke dalam makanan.

Faktor Psikologis.

Faktor psikologis atau psikis seperti stress, depresi juga menjadi faktor penyebab sakit liver. Misalnya ketika mengalami suatu masalah kemudian berakibat pada kondisi fisik yang semakin menurun memudahkan penyakit datang dan hinggap pada diri kita, penyebab sakit liver.

Kebiasaan buruk.

Kebiasaan buruk juga menjadi salah satu penyebab sakit liver utama seperti merokok, minuman bersoda, makanan cepat saji, Minum obat berlebihan, Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan higienis penyebab sakit liver, Minum alkohol berlebihan penyebab sakit liver, Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang, makanan yang banyak mengandung pengawet, bahan pewarna makanan kimia dsb. Jelas menjadi faktor utama yang penyakit mudah datang. Akibat dari kebiasaan buruk ini memicu datangnya penyalkit, seperti diabetes mellitus, stroke, serangan jantung, obesitas, penyakit gangguan fungsi hati atau liver dsb.

Pantangan Penyakit Liver Apa Saja ?

Ada banyak pantangan penyakit liver yang sudah seharusnya anda hindari. Penting bagi kita untuk menjaga gaya dan pola hidup yang sehat, supaya terhindar dari penyakit liver. Liver merupakan salah satu organ yang teramat vital serta menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh.

Ketika liver terkena penyakit atau gangguan fungsi. Jenis makanan yang menjadi pantangan penyakit liver dan harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri. Selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita liver mempunyai pantangan penyakit liver sebagai berikut :

  1. Pantangan penyakit liver pertama yaitu Berbagai makanan dengan kandungan lemak yang begitu tinggi seperti daging kambing, es krim, jeroan, keju, mentega, makanan berminyak, serta makanan bersantan.
  2. Makanan yang ada di dalam kemasan kaleng seperti cornet serta sarden.
  3. Pantangan penyakit liver berikutnya adalah kue atau cemilan. Kue atau cemilan yang mempunyai kandungan kalori serta lemak jenuh yang tinggi. Kue yang patut untuk dihindari adalah kue tart, gorengan, dan beragam makanan cepat saji.
  4. Pantangan penyakit liver berikutnya adalah makanan yang menimbulkan gas seperti kacang merang, lobak, durian, kol, sawi, serta nangka.
  5. Bumbu masakan yang mempunyai rasa serta aroma begitu kuat seperti bawang, cabai, merica, serta jahe.
  6. Pantangan penyakit liver berikutnya adalah minuman yang mengandung soda serta alcohol.
  7. Hindari asap rokok.
  8. Apabila menkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal, seperti Pegagan, Sambung nyawa, Mahkota dewa, Daun salam, dll.
  9. Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari makananseafood, seperti udang, cumi-cumi, kerang dan makanan seafood lainnya.
  10. Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari stress dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.

Walaupun sakit liver termasuk sebagai penyakit yang sulit diobati, tetapi sakit liver masih bisa dicegah. Pencegahan sakit liver yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu. Pencegahan sakit liver yang kedua adalah menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri

Penyakit Liver Ada Pantangannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*