Penyakit Liver Adalah

Penyakit Liver Adalah

Penyakit Liver -Liver merupakan organ yang sering luput dari perhatian dalam menjaga kesehatan. Padahal liver memiliki pekerjaan berat karena betranggung jawab pada lebih dari 500 fungsi yang berbeda. Fungsi liver antara lain mengeluarkan racun dalam tubuh, menyimpan vitamin tertentu, mengontrol kolesterol serta metabolisme lemak dan mengatur hormon. Setiap hari anda terpapar polusi dan racun, akibatnya liver ‘bekerja berat’. Apalagi jika anda perokok, sering begadang, minum obat-obatan dan sering mengkonsumsi alkohol.

Penyakit Liver Adalah

Penyakit Liver Adalah

Apa Penyakit Liver Itu ?

Penyakit liver atau hepatitis adalah peradangan hati yang di sebabkan oleh infeksi virus atau bahan-bahan beracun. Ada dua jeni penyaikit liver yang umum kita kenal yaitu hepatitis A dan B. Semua orang sangat ingin punya badan yang sehat. Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya anda sangat bisa menjaga kesehatan tubuh anda. Anda harus punya gaya hidup yang sehat dari muda. Banyak orang yang kini sangat menderita karena penyakit liver. Penyakit liver ini adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi semua orang. Seperti yang kita ketahui, liver atau hati sangatlah penting bagi kita. Kita akan anda dalam penyakit yang serius jika hati atau liver anda bermasalah.

Penyebab Peyakit Liver

Apa saja penyebabpenyakit liverdalam tubuh anda? Anda bisa terkena penyakit liver jika anda mengkonsumsi banyak obat-obatan ataupun makanan yang mengandung banyak zat-zat kimia. Zat kimia tidak bisa diproses oleh hati anda dengan mudah. Ketika hati anda bekerja dengan sangat keras, anda akan mambuat hati anda dalam kondisi yang sangat buruk dan akhirnya anda akan terjangkit penyakit liver.

Keracunan juga bisa menjadi alasan mengapa anda mempunyai penyakit liver. Kita sebaiknya mengetahui beberapa hal tentang penyakit liver sebelum kita melakukan tindakan. Penyakit liver ini sendiri terdiri dari dua bagian. Pembagian penyakit ini didasarkan pada waktu orang menderita penyakit ini. Bagi orang yang telah 6 bulan menderita penyakit ini, mereka dikatakan punya penyakit hepatitis akut. Sedangkan orang yang telah menderita penyakit ini selama lebih dari 6 bulan, penyakit liver disebut sebagai penyakit hepatitis kronis.

Penyebab dan Risiko Penyakit Liver. Penyakit liver atau hati dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang bervariasi. Penyebab-penyebabnya termasuk:

  1. Kerusakan-kerusakan bawaan sejak lahir atau kelainan-kelainan hati yang hadir pada kelahiran
  2. Kelainan-kelainan metabolisme atau kerusakan dalam proses dasar tubuh
  3. Infeksi-infeksi virus atau bakteri
  4. Alkohol atau keracunan oleh racun
  5. Obat-obat terentu yang merupakan racun bagi hati
  6. Kekurangan Gizi (nutrisi)
  7. Trauma atau luka

Liver dapat rusak dengan berbagai cara:

  1. Sel terjadi peradangan (seperti pada hepatitis: hepar = liver + itis = peradangan).
  2. Aliran empedu terhambat (seperti di kolestasis: chole = empedu + stasis berdiri =).
  3. Kolesterol atau trigliserida menumpuk (seperti di steatosis; steat = lemak + osis = akumulasi).
  4. Jaringan liver rusak oleh bahan kimia dan mineral, atau disusupi oleh sel-sel abnormal.

Penyebab Penyakit Liver

Penyalahgunaan alcohol, Alkohol secara langsung racun bagi sel hati dan dapat menyebabkan peradangan hati, disebut sebagai hepatitis alkoholik.

  • Sirosis

Sirosis adalah tahap akhir dari penyakit liver atau hati. Jaringan parut pada hati dan hilangnya sel hati berfungsi menyebabkan hati untuk gagal. Banyak jamur beracun bagi liver dan makan jamur tak dikenal berkumpul di alam liar dapat mematikan.

  • Infeksi hepatitis

Hepatitis A adalah infeksi virus yang menyebar terutama melalui rute fecal-oral ketika sejumlah kecil dari kotoran yang terinfeksi secara tidak sengaja tertelan.

Hepatitis B ditularkan oleh paparan cairan tubuh (jarum dari pencandu obat, darah yang terkontaminasi, dan kontak seksual) dan dapat menyebabkan infeksi akut, tetapi juga dapat berkembang menjadi kronis menyebabkan peradangan (hepatitis kronis) yang dapat menyebabkan sirosis dan kanker liver.

Hepatitis C menyebabkan hepatitis kronis.

Hepatitis D adalah virus yang membutuhkan infeksi bersamaan dengan hepatitis B untuk bertahan hidup, dan menyebar melalui paparan cairan tubuh (jarum dari pencandu obat, darah yang terkontaminasi, dan kontak seksual).

Hepatitis E adalah virus yang menyebar melalui paparan makanan dan air yang terkontaminasi.

Sekian info seputar penyakit liver. Semoga artikel mengenai penyakt liver ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Penyakit Liver Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*