Penyakit Liver Apa Pantangannya ?

Penyakit Liver Apa Pantangannya ?

 

Penyakit Liver – Sebaiknya bila anda ingin liver / hati anda tetap sehat tentunya anda harus menjaga kesehatan hati dari mulai hal terkecil sekalipun, diantaranya mengontrol pola hidup yang sehat, berolahraga secara teratur dan rutin serta mengatur pola makan dengan menghindari makanan dan minuman pemicu liver agar kesehatan organ hati tetap selalu dalam kondisi yang sehat.

Pada umumnya penyakit liver dikenal sebagai penyakit yang berhubungan langsung dengan organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau senyawa berbahaya dari bahan kimia, yang kemudian berkembang menjadi peradangan pada hati.

Penyakit Liver Apa Pantangannya ?

Penyakit Liver Apa Pantangannya ?

PANTANGAN PENYAKIT LIVER

Ada banyak pantangan penyakit liver yang sudah seharusnya anda hindari. Penting bagi kita untuk menjaga gaya dan pola hidup yang sehat, supaya terhindar dari penyakit liver. Liver merupakan salah satu organ yang teramat vital serta menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh.

Ketika liver terkena penyakit atau gangguan fungsi. Jenis makanan yang menjadi pantangan penyakit liver dan harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri. Selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita liver mempunyai pantangan penyakit liver sebagai berikut :

  • Pantangan penyakit liver pertama yaitu Berbagai makanan dengan kandungan lemak yang begitu tinggi seperti daging kambing, es krim, jeroan, keju, mentega, makanan berminyak, serta makanan bersantan.
  • Makanan yang ada di dalam kemasan kaleng seperti cornet serta sarden.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah kue atau cemilan. Kue atau cemilan yang mempunyai kandungan kalori serta lemak jenuh yang tinggi. Kue yang patut untuk dihindari adalah kue tart, gorengan, dan beragam makanan cepat saji.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah makanan yang menimbulkan gas seperti kacang merang, lobak, durian, kol, sawi, serta nangka.
  • Bumbu masakan yang mempunyai rasa serta aroma begitu kuat seperti bawang, cabai, merica, serta jahe.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah minuman yang mengandung soda serta alcohol.
  • Hindari asap rokok.
  • Apabila menkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal, seperti Pegagan, Sambung nyawa, Mahkota dewa, Daun salam, dll.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari makananseafood, seperti udang, cumi-cumi, kerang dan makanan seafood lainnya.
  • Pantangan penyakit liver berikutnya adalah hindari stress dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.

Walaupun sakit liver termasuk sebagai penyakit yang sulit diobati, tetapi sakit liver masih bisa dicegah. Pencegahan sakit liver yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu. Pencegahan sakit liver yang kedua adalah menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri

Pencegahan penyakit liver yang ketiga adalah menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik. Pencegahan liver selanjutnya adalah melakukan hubungan intim yang aman, menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku, menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya, jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus. Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional, menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia, mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat, dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis a, mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur lamanya tidur 6-7 jam perhari.

 

Penyakit Liver Apa Pantangannya ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*