Penyakit Liver Bisa Disembuhkan

Penyakit Liver Bisa Disembuhkan

 

Penyakit LiverPenyakit liver dapat disebabkan oleh infeksi ataupun virus yang menyerang hati atau liver. Penyakit ini sudah selayaknya menjadi perhatian karena ancamannya sudah di depan mata. Perlu diketahui, hepatitis berasal dari kata hepar (hati) dan itis (peradangan). Penyebabnya adalah Virus Hepatitis A, B, C, D, atau E. Virus Hepatitis A biasanya menyebabkan hepatitis akut, sementara Virus Hepatitis B dan C menyebabkan hepatitis kronis (menahun).

Penyakit liver yang tidak diobati sangatlah berbahaya. Akibatnya bisa menimbulkan penyakit yang lebih parah, misalkan penyakit kanker hati. Penyakit liver banyak macamnya, misalkan penyakit hepatitis B, penyakit ini juga berbahaya, bahkan menurut para pakar, lebih menular dibanding penyakit HIV.

Penyakit Liver Bisa DisembuhkanGejala Penyakit Liver

Gejala penyakit liver yang umum dikenal adalah adanya perubahan warna selaput mata yang menjadi kuning, sehingga liver terkadang juga dikenal dengan nama penyakit kuning. Secara umum gejala penyakit liver adalah sebagai berikut :

  • Warna kulit dan selaput mata berubah menjadi kuning.
  • Warna urine berubah menjadi berwarna coklat.
  • Mudah kehilangan selera makan dan sering merasa mual-mual.
  • Sangat mudah merasa kelelahan, badan sering merasa kelelahan dan tidak bersemangat.
  • Berat badan mengalami penurunan yang cukup drastic.
  • Kadar gula dalam tubuh juga rendah.
  • Perut bagian kanan atas sering terasa nyeri.
  • Mengalami pegal-pegal,otot terasa sakit dan demam walaupun ringan.
  • Sering buang air besar (diare).

Mengobati Sakit Liver

Mengobati penyakit liver secara alami bisa dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar seperti : kol atau kubis, wortel, buncis, brokoli, apel, tomat, jeruk, jambu biji, pepaya, apukat dan belimbing buah atau manis.Dalam mengobati penyakit liver secara alami anda juga harus memperhatikan pola makan sehari-hari, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung banyak vitamin terutama vitamin B6 dan B12, hati dan ikan.

Mengobati penyakit liver secara alami juga harus memperhatikan makanan yang perlu di hindari, yaitu makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan yang di bakar atau di asapin seperti sate dan ayam bakar, usahakan untuk menghindari makanan yang di olah dari bahan sapi, kambing, ayam, cumi-cumi, kepiting, udang dan kerang, buah-buahan juga ada yang perlu dihindari seperti buah nanas, durian, nangka dan belimbing sayur, semua makanan yang perlu dihindari ini kalau sering mengkonsumsinya bisa mengakibatkan kambuh lagi penyakit livernya atau kalau lagi dalam masa pengobatan bisa memperlambat proses kesembuhannya atau bahkan sulit untuk sembuh.

Berikut ini beberapa tips mudah yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah penyakit liver, diantaranya:

Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Cara mencegah penyakit liver yaitu dengan selalu membiasakan diri dari hal yang paling kecil namun memiliki fungsi dan manfaat yang baik, seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu dengan menggunakan sabun khusus pembersih tangan (hand soap) agar bakteri dan kuman yang bersarang pada kulit tangan mati. Cara mencegah sakit liver dimulai dari dalam rumah membiasakan untuk menyediakan tempat pembuangan sampah kecil, menutup makanan dengan tudung saji, kebersihan dari kamar kecil (toilet) dsb.

Rajin Mengkonsumsi Air Mineral Minimal Sehari 8-10 Gelas

Cara mencegah sakit liver yaitu dengan rajin mengkonsumsi air mineral minimal sehari 8-10 gelas atau setara dengan 1,5-2 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan anda. Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri juga salah satu cara mencegah sakit liver.

Menghindari Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak Jenuh Dan Bahan Pengawet

Cara mencegah penyakit liver yaitu dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan bahan pengawet. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi penting dalam tubuh, namun kebutuhan lemak dalam tubuh tetap harus terkendali dan diseimbangkan dengan kebutuhan gizi dan nutrisi lainnya. Bila tubuh banyak menyimpan dan menimbun lemak maka akan berakibat pada penurunan salah satu fungsi organ tubuh dan mudah terserang penyakit. Mencegah sakit liver dengan menghindari makanan seperti makanan yang banyak menggunakan santan, makanan pedas, makanan yang menggunakan bahan pewaran kimia dan bahan pengawet makanan biasanya terdapat pada makanan dalam kemasan atau siap saji yang sudah lama pengolahannya.

Banyak Mengkonsumsi Sayur Dan Buah

Cara mencegah sakit liver yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber energi yang mengandung gizi, mineral, zat besi, magnesium, vitamin dan sumber nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah dan sayur. Mencegah sakit liver dengan rajin mengkonsusmi yang banyak mengandung vitamin A, B, C dan D serta vitamin lainnya. Buah yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit liver atau hati seperti buah pepaya, jeruk, pisang, apel, mangga dan macam buah lainnya dan yang harus dihindari adalah buah nanas, nangka, durian. Ketiga buah tersebut mengandung zat yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan hati.

Penyakit Liver Bisa Disembuhkan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*