Penyakit Liver Dan Cara Mengatasi

Penyakit Liver Dan Cara Mengatasi

Penyakit Liver Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Liver Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Liver – Penyakit Liver merupakan penyakit hati menahun yang ditandai dengan proses peradangan (hepatitis), nekrosis (kematian jaringan) hati, penambahan jaringan ikat (yang batasnya tidak jelas) dengan terbentuknya gumpalan – gumpalan / pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati. Penyakit ini memang jarang mewabah, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang terkena. Oleh karna itu ada baiknya jika kita lebih berhati-hati agar terhindar dari penyakit ini. Namun jika sudah terlanjur terdiagnosis penyakit liver sebaiknya anda sering melakukan pemeriksaan dan mengobati penyakit liver.

Penyakit liver juga kadang dikenal juga dengan penyakit hepatitis adalah peradangan hati yang menahun atau kronis yang ditandai dengan proses peradangan atau biasa disebut hepatitis, kematian jaringan hati (nekrosis), penambahan jaringan ikat dengan terbentuknya gumpalan – gumpalan atau adanya pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.

Peradangan hati sangat berbahaya karena hati mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh anda. Hati mempunyai fungsi sebagai alat ekskresi. Dalam kerjanya hati membantu fungsi ginjal dengan membantu melakukan pemecahan senyawa yang bersifat racun serta menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Pada umumnya proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi. Penyakit liver terkadang juga dikenal dengan nama penyakit hepatitis.

Biasanya Penyakit Liver ini disebabkan karena terjadinya infeksi yang terjadi karena parasit atau amuda disentri, malaria, cacing, toxoplasma dan juga biasanya paling banyak yaitu oleh virus. Pada saat ini jenis virus yang menyerang hati yang dikenal yaitu virus hepatitis B (HVB) dan juga hepatitis C (HCV).

Jika gejala penyakit liver ini dirasakan semakin parah, maka bisa mengalami infeksi yang menyebabkan masalah hepatitis dan kemudian menjalar pada penyakit lainnya biasanya ujung dari masalah dari penyakit ini yaitu sirosis. Sirosis yaitu penyakit dimana fungsi dari hati yang tidak teratur dan terjadi penambahan jaringan ikat, kerusakan ginjal dan juga gagal hati. Maka dari itu  kali ini akan memberikan informasi seputar Cara mengatasi penyakit liver yang baik untuk kesehatan anda, seperti berikut :

Mengkonsumsi Buah Dan Sayur

Sumber energi yang mengandung gizi, mmineral, zat besi, magnesium, vitamin dan sumber nutrisi lainnya yang terkandung dalam buah dan sayut sangatlah banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, C dan D serta vitamin dan mineral lainnya, sangatlah membantu proses penyembuhan Penyakit liver. Akan tetapi ada beberpa jenis buah yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita Liver yaitu buah nanas, nangka, dan durian.

Temulawak

Temulawak atau curcuma xanthoriza merupakan curcumin yang terdapat dari ekstak temulawak bermanfaat sebagai pelindung liver dan memperkuat sel-sel liver, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang termasuk dalam suku temu-temuan yang mengandung curcumin yang memiliki khasiat anti inflamasi dan anti hepatotoksik yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati dari radang hati.

Pegagan

Kandungan yang terdapat dalam pegagan seperti asiaticoside, madecassoide, brahminoside, brahmic acid, centellose, carotenoids, isothankuniside, kalium, natrium, magnesium, kalium, zat besi dan senyawa glikosida. Senyawa glikosida ini merupakan senyawa yang memiliki khasiat anti lepra, yang memiliki efek hepatoprotektor pada penderita hepatitis dengan kandungan asiatikoside dimana bekerja sebagai mekanisme perbaikan dan penguatan sel hati. Selain itu juga bertindak sebagai penangkal radikal bebas dan meregenarasi sel-sel Liver yang rusak dan mengembalikannya menjadi sel-sel yang sehat.

Penyakit Liver Dan Cara Mengatasi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*