Penyakit Liver Dan Gejalanya

Penyakit Liver Dan Gejalanya

Penyakit Liver Dan Gejalanya

Penyakit Liver

Penyakit Liver – Liver adalah organ penting yang punya lebih dari 500 fungsi. Salah satu fungsi hati yang utama adalah menetralkan zat-zat yang sangat berbahaya bagi tubuh anda. Hati juga punya fungsi yang sangat penting untuk mengontrol penggumpalan darah. Hati juga membentuk plasma darah serta zat pembeku darah. Ketika anda punya penyakit liver, semua fungsi hati akan terhenti dan anda akan mengalam berbagai penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit liver sangat berkaitan erat dengan organ hati atau yang sering sekali disebut dengan hepatitis . Penyakit liver juga sangat erat dengan peradangan hati.

PENYEBAB PENYAKIT LIVER

Apa saja penyebab penyakit liver dalam tubuh anda? Anda bisa terkena penyakit liver jika anda mengkonsumsi banyak obat-obatan ataupun makanan yang mengandung banyak zat-zat kimia. Zat kimia tidak bisa diproses oleh hati anda dengan mudah. Ketika hati anda bekerja dengan sangat keras, anda akan mambuat hati anda dalam kondisi yang sangat buruk dan akhirnya anda akan terjangkit penyakit liver. Keracunan juga bisa menjadi alasan mengapa anda mempunyai penyakit liver. Kita sebaiknya mengetahui beberapa hal tentang penyakit liver sebelum kita melakukan tindakan. Penyakit liver ini sendiri terdiri dari dua bagian. Pembagian penyakit ini didasarkan pada waktu orang menderita penyakit ini. Bagi orang yang telah 6 bulan menderita penyakit ini, mereka dikatakan punya penyakit hepatitis akut. Sedangkan orang yang telah menderita penyakit ini selama lebih dari 6 bulan, penyakit liver disebut sebagai penyakit hepatitis kronis.

GEJALA PENYAKIT LIVER

Ada beberapa gejala penyakit liver yang dapat diperhatikan dan perlunya diwaspadai. Berikut ini beberapa gejala dari liver :

  • Air kemih yang berubah warna menjadi cokelat seperti air teh
  • Hilangnya selera makan
  • Rasa mual yang dapat terjadi dengan frekuensi yang cukup sering
  • Perubahan yang tidak menentu terhadap kenaikan maupun penurunan berat badan secara tidak normal
  • Beberapa diantara penderita liver ada yang mengalami penyakit diare
  • Rasa mual yang semakin sering terjadi menyebabkan keinginan muntah menjadi lebih sering
  • Perubahan pada warna feses menjadi pucat
  • Perut yang tiba-tiba dan menjadi mengalami nyeri terutama perut bagian sebelah kanan
  • Tubuh merasakan letih dan cepat lelah
  • Beberapa diantaranya ada yang mengalami peningkatan pada kadar gula dalam darah
  • Terkadang mengalami nyeri otot
  • Kemudian timbul varises
  • Perubahan pada gairah seksual yang semakin menurun
  • Perasaan depresi dan atau stress anda.

Jika keadaan kian parah dan terlambat diobati dapat mengakibatkan gejala dari gagal hati, seperti :

  1. Aplastic anemia

Aplastic anemia merupakan kondisi di mana tulang tak bisa lagi memproduksi sel-sel darah.

  1. Ascites

Ascites merupakan perkumpulan cairan yang terjadi di daerah perut. Banyak ditemukan pada penderita liver dengan keadaan perut yang membesar seperti berisi tumor ganas akibat liver yang semakin terluka dan membengkak serta fungsi hati tidak lagi dapat berjalan normal.

Gejala penyakit liver dapat terjadi yang tentunya dipicu oleh beberapa penyebab penyertanya yang kebanyakan timbul dan diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Tubuh selalu dipaksa bekerja melebihi kemampuan untuk bekerja keras hingga tidak memperhatikan asupan makanan bergizi untuk tubuh.

PENGOBATAN BAGI PENDERITA PENYAKIT LIVER

Penyakit Liver Dan Gejalanya

Setiap penyakit liver akan memiliki cara pengobatan sendiri yang spesifik. Sebagai contoh, hepatitis A memerlukan perawatan suportif untuk mempertahankan hidrasi sementara perkelahian sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi. Pasien dengan batu empedu mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat kantong empedu. Penyakit lain mungkin perlu jangka panjang perawatan medis untuk mengontrol dan meminimalkan konsekuensi dari penyakit mereka

Pada pasien dengan sirosis dan stadium akhir sakit liver, pengobatan mungkin diperlukan untuk mengontrol jumlah protein diserap dalam makanan.Pada pasien dengan jumlah besar cairan asites (cairan terakumulasi di rongga perut), cairan berlebih mungkin harus sesekali dihapus dengan jarum suntik (paracentesis).Operasi mungkin diperlukan untuk mengobati hipertensi portal dan meminimalkan risiko perdarahan.Transplantasi liver adalah pilihan terakhir bagi pasien yang telah gagal liver.

Penyakit Liver Dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*