Penyakit Liver Dan Obat Herbal

Penyakit Liver Dan Obat Herbal

 

Penyakit Liver Dan Obat HerbalPenyakit Liver – Liver merupakan organ penting yang ada di dalam tubuh. Organ ini termasuk salah satu organ terbesar dibanding organ tubuh lainnya. Salah satu fungsi liver adalah menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, jika fungsi liver tidak berjalan dengan baik, maka berbagai penyakit akan mudah masuk.

Penyakit liver atau kadang dikenal juga dengan penyakit hepatitis adalah peradangan hati yang menahun atau kronis yang ditandai dengan proses peradangan atau biasa disebut hepatitis, kematian jaringan hati (nekrosis), penambahan jaringan ikat dengan terbentuknya gumpalan-gumpalan atau adanya pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.

Penyebab penyakit yang satu ini ada beberapa. Pertama, penyakit ini disebabkan oleh infeksi kronis pada penderita hepatitis yang sudah berkelanjutan. Kedua, para peminum alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko tinggi terkena penyakit liver. Selain itu mengkonsumsi obat medis secara sembarangan tanpa adanya resep atau anjuran dokter dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ hati.

Semua faktor penyebab di atas jika tidak memperoleh pengobatan akan menimbulkan gejala yang disebut sirosis hati. Sel-sel hati akan mengalami peradangan bahkan kematian sel akibat dari penyebab di atas. Jika fungsi hati sudah mulai menurun maka berbagai macam aktivitas yang bergantung pada organ hati akan terganggu. Pengobatan medis yang dilakukan untuk pasien pada tahap awal umumnya adalah mengatasi penyebabnya.

Jika penyebab penyakit liver tersebut karena masalah infeksi maka pemberian obat untuk mengatasi infeksi akan membantu menghambat proses kerusakan hati. Menghentikan konsumsi alkohol dan mengurangi asupan garam juga dapat membantu menyelamatkan fungsi organ hati anda. Jika organ hati sudah mengalami disfungsi yang cukup kronis maka perlu dilakukan tindakan medis lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut. Operasi dapat dilakukan dengan dua metode. Yang pertama yaitu dengan memotong bagian hati yang mengalami kerusakan agar tidak semakin menyebar ke bagian organ yang sehat. Kedua adalah dengan melakukan transplantasi hati dari pendonor.

Tips Mengobati Penyakit Liver  

Menggunakan Daun Pegagan

Salah satu contoh obat herbal untuk penyakit liver adalah dengan menggunakan daun pegagan, daun pegagan ini di percaya mampu mengatasi penyakit liver secara alami. Untuk menggunakannya, maka anda bisa mengambil beberapa daun pegagan ini, lalu cuci bersih dan rebuslah dengan air secukupnya saja.

Setelah itu, angkat lah dari kompor dan dinginkan air rebusan daun ini selama setengah jam saja. Minumlah air rebusan tadi secara rutin, atau jika perlu setiap hari, saat pagi dan sore hari.

Jangan Lupa Berolahraga

Olahraga ini sangat penting untuk anda jalankan, satu atau dua jam saja sebenarnya sudah cukup bagi anda untuk melakukannya. Untuk masalah jenis olahraga, maka anda bisa berolahraga dengan cara berlari, bersepeda atau pun dengan berjalan kaki di seputar taman atau pun rumah. Fungsi dari olahraga ini untuk menyehatkan tubuh anda, memperlancar sistem pencernaan, dan juga untuk mengatasi masalah pegal karena seharian di rumah.

 Temulawak

Temulawak ini juga bisa anda gunakan sebagai obat herbal untuk penyakit liver, taukah anda ? seorang dosen yang berasal dari Universitas Padjajaran sudah melakukan penelitian pada ekstrak temulawak. Dan hasilnya ternyata, temulawak ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit hati atau liver, tidak hanya itu, temulawak ini pun dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara alami. Oleh karena itu, jika ada tanaman temulawak di dekat rumah, maka tak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai obat.

Kunyit

Kunyit memang setiap hari kita gunakan untuk campuran dalam bumbu masakan, namun siapa yang mengira? ternyata kunyit ini pun dapat membantu anda dalam mengatasi masalah penyakit liver. Untuk memanfaatkannya, anda dapat merebus beberapa kunyit ini, lalu meminum air rebusan nya. Lakukan saja selama beberapa hari, atau sampai penyakit liver anda membaik.

 Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit liver, cara kerjanya yakni dengan mengkonsumsi air rebusan daun sambiloto ini secara rutin. Dengan menggunakan air rebusan ini, maka penyakit liver pun akan dapat teratasi.

Penyakit Liver Dan Obat Herbal

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*