Penyakit Liver Dan Obatnya

Penyakit Liver Dan Obatnya

 

Penyakit LiverPenyakit liver atau hati adalah sejenis penyakit yang menyebabkan mengerasnya hati. Penyakit ini timbul karena bertambahnya serabut-serabut pada jaringan hati serta rusaknya sel-sel hati tersebut. Penyakit liver ini timbul karena kurang gizi makanan, hama, terlalu capek, atau karena keracunan akibat menengguk minuman keras.

Penyakit liver atau hati ini berkembang secara perlahan-lahan. Biasanya belum diketahui, penyakit ini sudah dalam taraf berat. Pada awalnya penderita merasa lemah dan kurang berat badan. Kemudian kurang selera makan dan kemungkinan terganggu pencernaan.

Penyakit Liver Dan Obatnya

Penyakit Liver Dan Obatnya

Fungsi Liver

Liver adalah organ penting yang punya lebih dari 500 fungsi. Salah satu fungsi hati yang utama adalah menetralkan zat-zat yang sangat berbahaya bagi tubuh anda. Hati juga punya fungsi yang sangat penting untuk mengontrol penggumpalan darah. Hati juga membentuk plasma darah serta zat pembeku darah. Ketika anda punya penyakit liver, semua fungsi hati akan terhenti dan anda akan mengalam berbagai penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit liver sangat berkaitan erat dengan organ hati atau yang sering sekali disebut dengan hepatitis . Penyakit liver juga sangat erat dengan peradangan hati.

Gejala Penyakit Liver

Karena sakit liver menular ini sangat berbahaya bagi kesehatan anda, oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui gejala liver agar anda bisa mengetahui apakah anda sedang mengidap sakit liver dan melakukan pencegahan dini serta pengobatan liver.

Gejala sakit liver menular yang umum dikenal adalah adanya perubahan warna selaput mata yang menjadi kuning, sehingga sakit liver terkadang juga dikenal dengan nama penyakit kuning. Secara umum gejala sakit liver menular adalah sebagai berikut :

  • Air kemih yang berubah warna menjadi cokelat seperti air teh
  • Hilangnya selera makan
  • Rasa mual yang dapat terjadi dengan frekuensi yang cukup sering
  • Perubahan yang tidak menentu terhadap kenaikan maupun penurunan berat badan secara tidak normal
  • Beberapa diantara penderita liver ada yang mengalami penyakit diare
  • Rasa mual yang semakin sering terjadi menyebabkan keinginan muntah menjadi lebih sering
  • Perubahan pada warna feses menjadi pucat
  • Perut yang tiba-tiba dan menjadi mengalami nyeri terutama perut bagian sebelah kanan
  • Tubuh merasakan letih dan cepat lelah
  • Beberapa diantaranya ada yang mengalami peningkatan pada kadar gula dalam darah

Penanganan Penyakit Liver

Untuk penanganan penyakit liver yang lebih baik, anda harus mengetahui penyebab dari penyakit liver tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit liver pada tubuh anda. Pertama, anda bisa punya kelainan hati. Kelainan hati ini bisa merupakan bawaan dari lahir ataupun pada saat kelahiran.

Kedua, anda bisa terkena sakit liver karena adanya gangguan proses metabolism dan juga kelainan metabolism. Anda yang sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam waktu yang lama juga harus sangat berhati-hati karena bisa menyebabkan penyakit liver. Jika anda tidak menjaga pola makan yang baik bisa menjadi penyebab utama terjadinya penyakit liver. Kekurangan nutrisi dan gizi pada tubuh dalam waktu yang lama bisa menyebabkan penyakit liver yang akut. Merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol juga sangat berbahaya bagi tubuh anda. Anda sebaiknya mulai mengurangi atau bahkan menghindari rokok. Penyakit liver bisa juga disebabkan oleh kecanduan obat-obatan tertentu. Anda yang keracunan beberapa jamur dan racun bisa jadi akan mengalami penyakit liver.

Nah untuk pengobatan liver sediakan bahan ramuan berikut :

  • 15 gram brotowali.
  • 25 gram daun ingu.
  • 10 gram kunyit.

Cara membuat ramuan : Brotowali dan kunyit dipotong tipis – tipis. Kemudian ketiga bahan direbus dengan 1 liter air, biarkan tinggal setengah liter saja. Cara minumnya, ramuan yang barusan anda buat diminum 3 kali sehari. Nah untuk menghilangkan rasa pahit ramuan ini minumlah air gula aren kareana brotowali terkenal pahit rasanya .

 

Penyakit Liver Dan Obatnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*