Penyakit Liver Dan Pantangannya

Penyakit Liver Dan Pantangannya

Penyakit Liver -Perlu diketahui bahwa pola makan yang dapat memicu terjadinya penyakit liver atau radang empedu adalah jenis makanan yang mengandung banyak lemak, sehingga mengakibatkan penumpukan lemak, sehingga dapat mengakibatkan penumpukan lemak berlebih yang pada akhirnya menjadi kristal di empedu yang mengakibatkan luka dan juka terdapat kuman maka akan menimbulkan infeksi atau radang. Ada banyak pantangan liver yang sudah seharusnya anda hindari. Penting bagi kita untuk menjaga gaya dan pola hidup yang sehat, supaya terhindar dari sakit liver. Liver merupakan salah satu organ yang teramat vital serta menjadi bagian yang sangat penting bagi tubuh.

Penyakit Liver Dan Pantangannya

Penyakit Liver Dan Pantangannya

Pantangan Penyakit Liver

Pantangan bagi penderita penyakit liver yang harus diwaspadai dalam hal makanan yang dikonsumsi. Apa saja jenis makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver ? dan jenis makanan apa yang harus dihindari bagi yang sakit liver ? Perlu diketahui bahwa pola makan yang dapat memicu terjadinya penyakit liver atau radang empedu adalah jenis makanan yang mengandng banyak lemak, sehingga mengakibatkan penumpukan lemak berlebih yang pada akhirnya menjadi kristal diempedu yang mengakibatkan luka dan jika terdapat kuman maka akan menimbulkan infeksi atau radang.

Jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver ? Nah untuk makanan yang diperbolehkan bagi penderita liver sebaiknya memilih jenis makanan dalam proses memasaknya melalui penguapan, dikukus atau direbus. Proses memasak makanan dengan sistem uap /penguapan sangat baik utuk kesehatan, baik bagi penderita liver itu sendiri juga menghindari penyakit lain seperti kanker, tumor. Kenapa demikian sebab jenis memasak dengan proses ini akan terhidar dari lemak yang bisa memicu penyakit kolesterol yang mengakibatkan rematik.

Penderita penyakit liver wajib menghindari jenis makanan gorengan, dibakar, diasap atau dipanggang seperti sate dan sejenisnya, sebab makanan dengan proses diasap dan digoreng tidak bisa lepas dari adanya unsur lemak, dan lemak itu sendiri bagi penderita liver akan merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi sakit.

Setelah kita sama-sama membahas mengenai daftar pantangan penyakit liver, maka tahap selanjutnya adalah pembahasan mengenai makanan yang disarankan untuk para penderita penyakit liver. Berikut ini adalah daftar makanan tersebut :

  1. Makanan yang mengandung sumber hidrat arang seperti nasi, havermout, roti putih, umbi-umbian.
  2. Makanan yang mengandung sumber protein antara lain telur, ikan, daging, ayam, tempe, tahu, kacang hijau, sayuran dan buah-buahan yang tidak menimbulkan gas.
  3. Makanan yang mengandung hidrat arang tinggi dan mudah dicerna seperti gula-gula, sari buah, selai, sirup, manisan, dan madu.
  4. Makanan sakit liver menurut para ahli ilmu kedokteran terbaik adalah susu. Susu bagi penderita liver merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi dengan takaran 1 liter susu setiap hari. Buah dan sayuran juga wajib dikunsumsi setiap hari bagi yang menderita sakit liver, dan idealnya mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 1 kg. Jadi minum susu serta buah dan sayuran adalah wajib bagi penderita liver sebab buah dan sayuran serta susu merupakan obat penyembuh sakit liver alami. Selain jenis makanan diatas makanan yang boleh di konsumsi bagi penderita liver antara lain ayam kampung beserta telornya, ikan laut, ikan tawar, dan kacang hijau.

Bagi penderita penyakit liver, terapi diet sangat penting untuk dilakukan. Kandungan gizi pada terapi diet penderita hepatitis berbeda-beda tergantung pada kondisi penderita. Total kalori yang diberikan juga berbeda, tergantung besar badan dan aktivitas penderita. Itulah daftar beberapa makanan pantangan sakit liver. Sekian artikel mengenai pantangan penyakit liver. Semoga artikel mengenai pantangan penyakit liver diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Penyakit Liver Dan Pantangannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*