Penyakit Liver Dan Penanganannya

Penyakit Liver Dan Penanganannya

 

Penyakit LiverPenyakit liver atau di kenal juga sebagai hepatitis merupakan penyakit menular yang biasanya di tularkan melalui berbagai zat seperti makanan dan minuman yang Anda konsumsi tidak di proses dengan baik dan dalam kondisi yang tidak bersih, kondisi tersebut tentunya sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama liver/hati.

Penyebab penyakit liver ada beberapa. Pertama, penyakit liver disebabkan oleh infeksi kronis pada penderita hepatitis yang sudah berkelanjutan. Kedua, penyakit liver disebabkan para peminum alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko tinggi terkena penyakit liver. Selain itu mengkonsumsi obat medis secara sembarangan tanpa adanya resep atau anjuran dokter dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ hati penyebab penyakit liver.

Semua faktor penyebab penyakit liver di atas jika tidak memperoleh pengobatan akan menimbulkan gejala yang disebut sirosis hati. Sel-sel hati akan mengalami peradangan bahkan kematian sel akibat dari penyebab penyakit liver di atas. Jika fungsi hati sudah mulai menurun maka berbagai macam aktivitas yang bergantung pada organ hati akan terganggu. Pengobatan medis yang dilakukan untuk pasien pada tahap awal penyakit liver umumnya adalah mengatasi penyebabnya.

Jika penyebab penyakit liver tersebut karena masalah infeksi maka pemberian obat untuk mengatasi infeksi akan membantu menghambat proses kerusakan hati. Menghentikan konsumsi alkohol dan mengurangi asupan garam juga dapat membantu menyelamatkan fungsi organ hati anda mencegah penyakit liver. Jika organ hati sudah mengalami disfungsi yang cukup kronis maka perlu dilakukan tindakan medis lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut. Operasi dapat dilakukan dengan dua metode. Yang pertama  mengatsai penyakit liver yaitu dengan memotong bagian hati yang mengalami kerusakan agar tidak semakin menyebar ke bagian organ yang sehat. Kedua mengatsi penyakit liver adalah dengan melakukan transplantasi hati dari pendonor.

Penyakit Liver Dan PenanganannyaKarena hati juga bertanggung jawab terhadap produksi cairan empedu, yang diperlukan untuk pemecahan dan asimilasi lemak dan protein dari makanan Anda, maka kesehatan hati harus dipelihara dengan baik. Berikut 5 makanan yang dapat menjaga hati tetap sehat dan menghindari penyakit liver, antara lain :

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu makanan yang paling kuat untuk mempertahankan hati yang sehat, yang secara aktif melindungi hati terhadap kerusakan beracun dan menumbuhkan sel-sel hati yang rusak. Kunyit juga meningkatkan produksi alami cairan empedu, menyusutkan pembesar saluran hati dan meningkatkan fungsi hati. Kunyit juga dapat dapat membersihkan racun yang ada di liver, dan juga mengeluarkan kotoran yang ada pada sel-sel liver.

Bawang Putih

Bawang putih banyak mengandung sulfur, senyawa yang mengaktifkan enzim dalam hati yang bertanggung jawab untuk membilas racun dari tubuh. Bawang juga mengandung allicin dan selenium, dua nutrisi yang terbukti membantu melindungi hati dari kerusakan akibat racun dan membantu dalam proses detoksifikasi. Bila dicampurkan dalam makanan kita, maka bisa menangkal radikal bebas yang tidak baik untuk liver dan membantu regenerasi sel baru.

Buah Lemon

Buah ini sangat kaya akan vitamin C dan juga antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas dari luar. Untuk memulihkan kondisi liver yang lelah setelah bekerja keras untuk menghalau racun di dalam tubuh, kamu bisa meminum sari lemon dengan teratur.

Buah Pare

Rasa pahit pare membuatnya kurang disukai. Namun, pare dapat membantu tubuh kita untuk mengeluarkan racun dan membersihkan liver. Pare juga dapat mencegah terjadinya penyakit liver bila dikonsumsi secara teratur.

Wortel

Wortel juga merupakan sayuran yang sangat bermanfaat dan memungkinkan untuk mendetoksifikasi hati. Wortel kaya akan glutathione, yaitu sejenis protein yang membantu mendetoksifikasi hati. Hal ini juga mengandung flavonoid dan beta karoten. Anda bisa memakannya sebagai salad atau hanya makan mentah seperti kelinci. Cobalah untuk mencernanya mentah-mentah, karena akan memberikan manfaat yang maksimal.

Penyakit Liver Dan Penanganannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*