Penyakit Liver Dan Pencegahannya

Penyakit Liver Dan Pencegahannya

 

Penyakit Liver -Hati, organ besar yang terletak pada sebelah bawah kanan tulang rusuk ini mempunyai fungsi bermacam-macam, yaitu sebagai tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah, sebagai tempat penyimapanan zat-zat mineral, seperti zat besi, kalium dan tembaga, penyimpan cadangan air, dan tempat pembakaran gula serta pembentukan kolesterol. Ia juga yang mengubah lemak menjadi asam lemak. Zat-zat racun yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalam tubuh akan dibuang ke hati bersama-sama cairan empedu menuju usus.

Penyakit Liver Dan Pencegahannya

Fungsi Hati

  • Menyaring darah/mengurai dan mendaurulang sel-sel darah merah.
  • Memproduksi empedu untuk proses pencernaan lemak
  • Mengikat lemak dan kolesterol yang diangkut ke seluruh tubuh
  • Menyimpan zat gula, besi, tembaga, vitamin A, B dan D
  • Memproduksi protein-protein untuk bahan pembekuan darah
  • Membuat protein albumin yang berperan dalam pengangkutan cairan didalam darah dan ginjal

Penyakit liver mampu menyerang orang-orang yang sudah mengalami gangguan fungsi hati dalam waktu lama semisal pada pasien hepatitis, peminum alkohol atau pada orang yang suka mengkonsumsi obat-obatan sembarangan. Jika penyakit liver berkembang menjadi semakin kronis maka dokter akan menyarankan operasi transplantasi hati baik dari pendonor keluarga maupun orang lain. Umumnya pasien akan sembuh telah melakukan transplantasi hati. Sayangnya operasi transplantasi hati begitu mahal dan rumit. Setidaknya dana sebesar satu milyar harus anda siapkan untuk melakukan operasi yang satu ini.

Ada banyak hal perlu kita ketahui yang dapat menyebabkan penyakit liver. Salah satu diantaranya yang paling utama adalah pola hidup tidak sehat, seperti ; terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, makanan cepat saji juga menjadi pengaruh terhadap penyakit liver, kurangnya mengkonsumsi buah dan sayur, berkerja atau berolahraga terlalu keras dengan tidak diimbangi istirahat yang cukup, Jika hal tersebut terus dilakukan maka bakteri menumpuk dalam organ hati sehingga mengakibtakan kerusakan pada organ hati.

Akan tetapi penyebab penyakit liver lainnya bisa dikarenakan memiliki kelainan yang dibawa sejak lahir. Penyakit seperti ini akan mudah terdeteksi sejak saat bayi baru lahir. Ada kondisi tertentu yang menjadi tingkatan penyakit liver pada anak dimana kondisi seperti ini mengharuskan anak tersebut mendapatkan penanganan tersendiri, seperti diantaranya adalah ; cacat hati bawaan, hepatitis, penyakit kuning, atresia bilier.

Gejala penyakit liver :

  • Tidak atau hilangnya nafsu makan
  • Terjadinya demam yang diakibatkan adanya infeksi
  • Perut terasa mual bahkan disertai dengan muntah
  • Kulit memiliki perubahan warna menjadi kuning begitu juga dengan putih mata
  • Warna ari kemih menguning
  • Seorang tidak akan mengalami penambahan berat badan
  • Warna tinja akan mengalami kepucatan, serta terlihat seperti tanah liat bahkan memutih

Pencegahan penyakit liver yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu. Pencegahan penyakit liver yang kedua adalah menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri

Pencegahan penyakit liver yang ketiga adalah menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik. Pencegahan penyakit liver selanjutnya adalah melakukan hubungan intim yang aman, menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku, menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya, jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus.

Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional, menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia, mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat, dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis a, mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur lamanya tidur 6-7 jam perhari.

 

Penyakit Liver Dan Pencegahannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*