Penyakit Liver Dan Pengobatannya

Penyakit Liver Dan Pengobatannya

Penyakit liver yang tidak diobati akan menyebabkan menjadi penyakit liver kronis. Bahkan jika masih tidak segera diobati juga, bukan hal yang mustahil jika akan berkembang menjadi penyakit kanker liver/hati. Jika sudah sampai tahap kanker, terutama stadium lanjut, pengobatannya pun tidak gampang karena membutuhkan biaya dan waktu yang akan terkuras. Oleh karena itu, kenali penyakit liver kronis agar kita bisa terhindar dan dapat mencegah penyakit tersebut sebelum ke tahap penyakit yang lebih serius.

Penyakit liver kronis adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kerusakan jaringan hati yang bertahap seiring dengan perjalanan penyakit, yang dapat menyebabkan fibrosis dan sirosis hati. Fibrosis adalah pembentukan struktur seperti jaringan parut yang halus yang menyebabkan pengerasan jaringan dan menghalangi aliran cairan yang melewati jaringan-jaringan ini.

Sedangkan sirosis hati adalah proses terbentuknya jaringan parut pada jaringan hati. Penyebabnya antara alain : infeksi, cedera, paparan terhadap obat-obatan atau zat beracun, proses autoimun, atau cacat genetik yang menyebabkan tertimbunnya dan terakumulasinya zat-zat yang merusak seperti besi atau tembaga. Ada banyak tipe penyakit hati, yang berasal dari penyebab yang berbeda-beda. Tipe penyakit liver yang paling umum terjadi yaitu termasuk penyakit liver yang berhubungan dengan autoimun, penyakit hepatitis, penyakit hati alkoholik, penyakit kanker hati dan sebagainya.

Penyakit Liver Dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Liver Apa Saja ?

Banyak faktor penyebab penyakit liver. Berikut ini akan kami bahas beberapa penyebab sakit liver yang perlu anda ketahui. Beberapa penyebab penyakit liver tersebut, yaitu :

Faktor lingkungan.

Faktor lingkungan yang terdiri dari kebersihan akan diri pribadi dan lingkungan sekitar tempat tinggal yang dirasa kurang nyaman, kurang bersih dan sebagainya menjadi salah satu penyebab sakit liver. Misalnya dari kurangnya perhatian terhadap kebersihan akan makanan, kebersihan tubuh dsb. Segala macam virus, bakteri, dan jamur mudah sekali masuk ke dalam makanan.

Faktor Psikologis.

Faktor psikologis atau psikis seperti stress, depresi juga menjadi faktor penyebab sakit liver. Misalnya ketika mengalami suatu masalah kemudian berakibat pada kondisi fisik yang semakin menurun memudahkan penyakit datang dan hinggap pada diri kita.

Kebiasaan buruk.

Kebiasaan buruk juga menjadi salah satu penyebab penyakit liver utama seperti merokok, minuman bersoda, makanan cepat saji, Minum obat berlebihan, Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan higienis, Minum alkohol berlebihan, Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang, makanan yang banyak mengandung pengawet, bahan pewarna makanan kimia dsb. Jelas menjadi faktor utama yang penyakit mudah datang. Akibat dari kebiasaan buruk ini memicu datangnya penyalkit, seperti diabetes mellitus, stroke, serangan jantung, obesitas, penyakit gangguan fungsi hati atau liver dsb.

Hampir semua peradangan pada liver menimbulkan gejala kuning pada tubuh, hal ini disebabkan menurunnya fungsi liver. Namun, hal ini tergantung pada penyebab, gejala serta tanda penyertanya yang seringkali tidak sama. Jika disebabkan oleh infeksi, umumnya akan disertai demam, nyeri kepala, lesu, dan lemah. Selain itu, keluhan mual dan muntah juga selalu menyertai penyakit liver ini.

Bila diperhatikan, kulit dan bagian putih pada mata akan tampak kuning, begitu juga dengan air seni yang akan berubah menjadi berwarna seperti teh. Gejala penyakit liver lainnya adalah nafsu makan menjadi hilang, susah bernafas, gangguan pada pencernaan seiring berjalannya waktu, timbul alergi atau bahkan tidak menyukai makanan sama sekali.

Selain semua gejala penyakit liver diatas, biasanya juga ada rasa tidak enak di perut bagian kanan atas dan terasa nyeri kalau ditekan. Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak semua penyakit liver akan menyebabkan gejala kuning pada kulit dan bagian putih pada mata.

Untuk mengobati dan mencegah penyakit liver, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah Super Lutein S-Lutena. Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini.

Mengapa harus Super Lutein (S. Lutena)? Peranan Super Lutein (S.Lutena) sebagai herbal untuk Membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam super lutein (S.Lutena) yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Penyakit Liver Dan Pengobatannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*