Penyakit Liver Dan Pengobatannya

Penyakit Liver Dan Pengobatannya

Penyakit Liver Dan Pengobatannya

Penyakit Liver Dan Pengobatannya

Penyakit Liver –Liver atau hati merupakan organ terbesar yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Hati berfungsi untuk mendetoksifikasi darah dengan menyaring racun atau polusi udara, pestisida, asap rokok, bahan kimia lingkungan, alkohol, dan asupan obat-obatan. Racun dan bahan kimia dapat masuk kedalam aliran darah ketika Anda bernapas, makan dan minum, juga saat mengkonsumsi obat-obatan. Hati membantu menyingkirkan racun dari tubuh melalui urin. Hal ini sangat membantu keseimbangan hormon, regulasi lemak dan pencernaan bagi tubuh.

Liver memiliki daya kerja yang sangat tinggi, jika hati mengalami kelebihan beban pada fungsinya, hati dapat mengalami permasalahan yang serius atau yang biasa disebut dengan gangguan hati. Hati yang tidak berfungsi dengan baik dapat memperburuk jumlah racun yang tidak dikeluarkan dari tubuh.

GEJALA PENYAKIT LIVER

Secara umum, ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa liver tidak berfungsi dengan baik dan menandakan terkena penyakit liver, diantaranya seperti intoleransi terhadap makanan berminyak dan pedas, peningkatan berat badan, gangguan pencernaan, sembelit kronis, sakit kepala rutin, masalah usus, alergi dan sinus,serta perubahan kondisi kulit seperti ruam, eksim, atau psoriasis.

Untuk kasus tingkat lanjut, kondisi hati yang memburuk dapat menjadi bekas luka yang disebut sirosis. Sirosis dapat menghambat aliran darah melalui hati, sehingga hati tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal. Umumnya sirosis tidak memiliki gejala yang signifikan pada tahap awal. Jika berlangsung lama, tubuh akan mengalami kelelahan, penurunan berat badan, mual, lemah, dan kehilangan nafsu makan.

Selain gejala diatas, kerusakan fungsi hati atau penyakit liver dapat mempengaruhi tubuh seperti pembengkakan pada kaki atau edema, memar, gatal, batu empedu, penyakit kuning yang umumnya terjadi pada kulit dan mata, serta menimbunnya racun dalam darah atau otak yang dapat menyebabkan perubahan kepribadian, mental, atau bahkan koma dan kematian.

PENCEGAHAN PENYAKIT LIVER

Ada beberapa cara untuk dapat melindungi tubuh Anda dari kerusakan hati atau liver. Salah satu cara terpenting untuk tetap menjaga kesehatan hati adalah dengan mengurangi kecenderungan asupan racun dan bahan kimia lainnya dari dalam tubuh, terutama alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang disebut hepatitis alkoholik, yang akhirnya dapat menyebabkan sirosis.

Makanan yang digoreng dengan kadar lemak tinggi juga dapat merusak hati atau menyebabkan penyakit liver. Lemak tinggi terhidrogenasi dari bahan kimia dalam makanan olahan, yang dapat memaksa hati untuk bekerja jauh lebih berat. Makan berlebihan juga menjadi penyebab umum dari kerusakan hati, karena hal ini dapat membuat hati bekerja ekstra dalam menjalankan fungsinya. Beban kerja yang berlebihan pada hati dapat menyebabkan hati tidak dapat mendetoksifikasi zat berbahaya dengan baik.

SUPLEMEN BERGIZI UNTUK LIVER

Membantu menjaga hati agar tetap sehat, dapat dilakukan upaya mengkonsumsi suplemen yang bergizi, seperti:

  • Vitamin C

Vitamin C yang dikonsumsi setiap hari, dapat melindungi hati dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dengan cara melindungi sel hati dari radikal bebas.

  • Licorice Herbal

Licorice herbal memiliki fungsinya sebagai antivirus dalam membantu menghancurkan racun dari dalam tubuh.

  • Teh Hijau

Teh hijau alami dipercaya dapat mendukung kesehatan hati. Teh hijau yang tersedia dalam bentuk suplemen atau minuman, memiliki polifenol tinggi yang dapat memberikan efek antioksidan yang kuat dengan kandungan Vitamin V dan Antioksidan E. Teh hijau biasanya berfungsi melindungi hati dari asupan racun dan kimia yang ada pada tubuh.

  • NAC

NAC atau N-asetil sistein adalah suatu jenis asam amino sistein, yang merupakan sebuah jenis antioksidan yang dapat melindungi hati dari masuknya racun dan kimia pada tubuh.

  • Kurkumin

Kurkumin merupakan suatu komponen bumbu kunyit yang juga memiliki antioksidan, yang dipercaya dapat membantu menjaga sel-sel hati dari kerusakan.

Nah, itu lah beberapa info mengenai penyakit liver ,gejala penyakit liver, juga bagaimana cara mencegah penyakit liver dan obat –obatan alami untuk penyakit liver. Liver merupakan organ penting bagi tubuh kita jadi jagalah kesehatannya dengan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penyakit Liver Dan Pengobatannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*