Penyakit Liver Hepatitis

Penyakit Liver Hepatitis

Penyakit Liver -Hepatitis merupakan kondisi peradangan dari liver. Meskipun demikian, penyakit ini juga bisa jadi merupakan gejala dari penyakit lain, misalnya penyakit yang menyerang sistem ketahanan tubuh. Hepatitis biasanya disebabkan infeksi virus. Terdapat lima jenis hepatitis yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E.

Penyakit hepatitis A dan E merupakan infeksi akut yang biasanya ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Sumber utama dari virus hepatitis A dan E makanan mentah, makanan tidak matang, makanan yang dipegang oleh tangan yang tidak higienis, atau air yang terkontaminasi.

Hepatitis B, C, dan D biasanya ditularkan melalui cairan tubuh, seperti melalui jarum suntik, transfusi darah, atau kesalahan perawatan medis diakibatkan peralatan yang telah terkontaminasi. Hepatitis B juga dapat ditularkan melalui hubungan seksual atau dari penderita hepatitis B kepada bayi saat melahirkan.

Virus dapat menyerang hati dan menginfeksi hati, kejadian ini menimbulkan peradangan pada hati sehingga fungsi hati seperti membantu mencerna makanan dan membersihkan racun tidak bekerja secara maksimal. Virus hari dapat dikategorikan menjadi hepatitis A, B dan C. Virus hepatitis A biasanya menimbulkan tejadinya hepatitis akut yang tidak bisa anda kenali hingga 2-6 minggu, ini yang membuatnya lebih berbahaya dibandingkan virus hepatitis B dan C yang cenderung terjadi pada penyakit hepatitis kronis atau menahun. Virus Hepatitis ini biasanya menyebar melalui darah, air mani, dan makanan yang terkontaminasi. Karena anda bisa tertular karena kontak langsung dengan penderita hepatitis, hindari kontak tersebut terlebih dahulu agar virus tidak menyebar kedalam tubuh anda.

Penyakit Liver HepatitisTanda-Tanda Penyakit Liver

Setelah kita mengetahui apa saja yang mengakibatkan penyakit liver, kini saatnya mengetahui tanda-tanda / gejala penyakit liver. Gejala ini bisa berbeda-beda namun secara umum tanda-tanda penyakit liver ini bisa membantu anda mengurangi resiko yang jauh lebih besar dan berbahaya.

  1. Kulit dan mata yang muncul kekuningan ( jaundice)
  2. Nyeri perut dan pembengkakan
  3. Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  4. Kulit gatal
  5. Warna urin gelap
  6. Warna tinja pucat, atau disertai dengan darah
  7. Kelelahan kronis
  8. Mual atau muntah
  9. Kehilangan nafsu makan
  10. Kecenderungan untuk mudah memar

Gejala penyakit liver diatas bisa dilihat secara langsung namun kadang hanya berbentuk perubahan tubuh yang cenderung melemah dan daya tahan tubuh berkurang sangat drastis seperti pada gejala penyakit jantung.

Bagaimana cara mencegah penyakit liver ?

Setiap orang berpotensi untuk terjangkit penyakit liver meskipun tidak memiliki kelainan genetis. Maka dari itu, upaya pencegahan harus segera digalakkan untuk mengurangi resiko kematian karena penyakit ini. Berikut adalah beberapa upaya pencegahan yang perlu anda lakukan:

  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Contoh sederhananya adalah mencuci tangan setelah dan sebelum makan sehingga dapat terhindar dari bakteri-bakteri dari alat-alat makan yang digunakan. Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua harus mengajari buah hati anda untuk membiasakan hal ini.
  2. Rajin mengkonsumsi air mineral 8-10 gelas sehari juga dapat membantu menghambat potensi perkembangbiakan virus di dalam tubuh.
  3. Mengecek kondisi tubuh secara rutin untuk mengetahui adanya penyakit ini sedini mungkin. Dengan cara ini, upaya identifikasi penyakit liver dan pengobatannya dapat dilakukan sedini mungkin. Pasien masih berpotensi sembuh total jika penyebaran bakteri masih belum terlalu luas.
  4. Mengatur pola hidup menjadi lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Penyakit liver memang tidak mudah dihadapi. Namun, dengan penanganan yang tepat, maka perkembangannya bisa dihambat. Setelah sembuhpun hati tidak boleh lagi diperlakukan dengan kondisi yang sama karena kemungkinan bakteri akan muncul lagi.

Penyakit Liver Hepatitis

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*