Penyakit Liver Ini Gejalanya !

Penyakit Liver Ini Gejalanya !

 

Penyakit Liver Ini Gejalanya !

Penyakit Liver – Dengan ratusan fungsi yang dijalankan, hati menjadi salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Kanker hati dikategorikan sebagai penyakit serius akibat terhambatnya fungsi-fungsi hati tersebut, bahkan benar-benar menghentikannya.  Berikut ini adalah beberapa fungsi terpenting dari hati:

  • Menghilangkan racun dari tubuh
  • Mencerna protein dan lemak
  • Memproduksi cairan penghancur lemak (empedu) yang membantu pencernaan
  • Membantu mengontrol penggumpalan darah

Penyakit liver atau hepatitis dianggap sebagai pembunuh diam-diam karena gejala awal yang muncul terkadang sulit dideteksi karena tidak tampak serius. Gejala akan mulai dirasakan ketika penyakit ini sudah semakin parah menyerang hati.

Oleh karena itu mengapa setiap orang harus selalu waspada terhadap setiap serangan penyakit yang muncul khususnya penyakit liver yang sedikit sulit untuk dideteksi. Berikut ini beberapa gejala yang ditimbulkan dari penderita yang terkena penyakit liver untuk diwaspadai.

Kulit dan Mata Menguning

Bagi penderita yang terserang penyakit liver umumnya gejala awal yang muncul yaitu kulit dan mata nampak menjadi kuning. Hal ini diakibatkan kerena banyaknya bilirubin atau pigmen warna kuning dalam darah yang menumpuk sehingga kulit dan mata akan terlihat menjadi kuning. Bukan hanya itu, melainkan kuku juga terkadang ikut menguning.

Urine Berwarna Coklat

Setelah melihat kulit, mata dan kuku yang berubah warna menjadi kuning. Gejala lainnya yang harus diwaspadai yakni urine berubah wana menjadi lebih coklat layaknya air teh. Ini diakibatkan karena pigmen kuning banyak terbuang melalui urin sehingga membuat warna urin menjadi coklat.

Sakit Perut

Sakit perut yang cukup hebat serta terjadi secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu gejala terserang penyakit liver. Terutama sakit yang terjadi di daerah hati yakni pada sisi kanan di bawah tulang rusuk.

Demam

Selain sakit perut, gejala lainnya yang muncul dari penderita liver yakni disertai dengan demam. Ini dikarenakan adanya luka atau peradangan pada hati yang menyebabkan suhu tubuh meningkat atau demam.

Kehilangan Nafsu Makan

Hampir sama seperti gejala dari penyakit lainnya yakni pada penderita penyakit liver juga akan menyebabkan hilangnya nafsu atau selera makan.

Mual dan Muntah

Merasa mual hingga muntah merupakan gejala lainnya yang mungkin diartikan sebagai gejala penyakit lain. Padahal gejala penyakit liver juga bisa menyebabkan rasa mual hingga muntah.

Kelehahan

Kelelahan atau mudah lelah bisa jadi sebagai pertanda atau gejala penyakit liver yang mengakibatkan penderitanya malas dan merasa kehilangan energi untuk sekedar beraktifitas.

Penyebab liver pada umunya adalah virus, bahan-bahan beracun,bakteri dan alkohol. Masuknya penyebab liver tersebut biasanya melalui berbagai zat makanan dan minuman yang anda konsumsi yang tidak diproses dengan baik, kondisi dalam keadaan tidak bersih dan memang pada dasarnya mengandung racun. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti meminum minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab liver.

Ketika liver terkena penyakit atau gangguan fungsi. Jenis makanan yang menjadi pantangan penyakit liver dan harus dihindari bagi yang menderita sakit liver. Bagi para penderita liver, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam pantangan makanan untuk penderita liver, hal ini bertujuan agar penyakit-liver yang diderita tidak bertambah parah, dan juga untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Cara Pencegahan Penyakit Liver

Walaupun penyakit liver termasuk sebagai penyakit yang sulit diobati, tetapi sakit liver masih bisa dicegah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan liver.

  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.
  • Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri
  • Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik.
  • Melakukan hubungan intim yang aman
  • Menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
  • Menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya.
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus. Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional.
  • Menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia.
  • Mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat.
  • Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis a
  • Mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur. Lamanya tidur 6-7 jam perhari.

Ada banyak pengobatan yang dilakukan untuk penyakit liver. Salah satu yang paling utama saat ini adalah pengobatan herbal menggunakan S-Lutena, sebuah obat yang begitu ampuh dan didapatkan dari berbagai bahan-bahan alami. Sudah banyak orang yang mendapatkan kesembuhan dari slutena, sebuah obat serbaguna yang mampu mengatasi masalah hati anda. Ketika anda mempunyai berbagai tanda tanda penyakit liver, segera pesan Slutena sekarang juga.

Penyakit Liver Ini Gejalanya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*