Penyakit Liver Ini Gejalanya !

Penyakit Liver Ini Gejalanya !

 

Penyakit Liver -Hati adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh kita yang berfungsi untuk menetralisir racun dari dalam darah, melindungi tubuh dari infeksi, dan memusnahkan bakteri atau parasit lain sehingga tubuh kita tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus melindungi organ vital ini dari penyakit hati atau dalam istilah medis sering disebut sebagai hepatitis. Bila terserang oleh penyakit ini maka sel-sel hati akan mengalami peradangan sehingga akan mengalami penurunan fungsi normalnya.

Penyakit Liver Ini Gejalanya !

Penyebab Peyakit Liver

Apa saja penyebab penyakit liver dalam tubuh anda? Anda bisa terkena penyakit liver jika anda mengkonsumsi banyak obat-obatan ataupun makanan yang mengandung banyak zat-zat kimia. Zat kimia tidak bisa diproses oleh hati anda dengan mudah. Ketika hati anda bekerja dengan sangat keras, anda akan mambuat hati anda dalam kondisi yang sangat buruk dan akhirnya anda akan terjangkit penyakit liver. Keracunan juga bisa menjadi alasan mengapa anda mempunyai penyakit liver. Kita sebaiknya mengetahui beberapa hal tentang penyakit liver sebelum kita melakukan tindakan. Penyakit liver ini sendiri terdiri dari dua bagian. Pembagian penyakit ini didasarkan pada waktu orang menderita penyakit ini. Bagi orang yang telah 6 bulan menderita penyakit ini, mereka dikatakan punya penyakit hepatitis akut. Sedangkan orang yang telah menderita penyakit ini selama lebih dari 6 bulan, penyakit liver disebut sebagai penyakit hepatitis kronis.

Gejala Penyakit Liver

Gejala-gejala penyakit liver antara lain kulit anda dan selaput mata anda akan menjadi berwarna kuning. Anda pasti mengenal istilah penyakit kuning. Ini bisa menjadi tanda awal anda terdeteksi terkena penyakit liver. Mengapa berwarna kuning? Warna ini muncul karena adanya cairan empedu yang berlebihan dalam darah anda sehingga merubah warnanya menjadi kuning. Anda yang sering muntah dan tidak nafsu makan juga harus mencermati apakah penyebab dari kebiasaan anda ini. Bisa jadi penyakit liver sudah ada dalam tubuh anda. Anda akan mudah terserang nyeri yang sangat menyakitkan di bagian kanan atas perut anda. Badan anda akan terasa sangat lemah dan mulai terasa sakit. Urin anda akan berwarna coklat pekat dan jika anda mendapati urin berwarna seperti teh sebaiknya anda benar-benar memeriksakan diri anda ke dokter. Mudah depresi juga menjadi gejala penyakit liver ini. Gairah seks anda akan menurun dan anda akan merasa kurang bergairah.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit liver :

  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.
  • Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri
  • Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik.
  • Melakukan hubungan intim yang aman
  • Menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
  • Menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya.
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus. Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional.
  • Menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia.
  • Mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat.
  • Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis A
  • Mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur. Lamanya tidur 6-7 jam perhari.

 

Penyakit Liver Ini Gejalanya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*