Penyakit Liver Ini Penyebabnya

Penyakit Liver Ini Penyebabnya

 

penyakit liver ini penyebabnya

penyakit liver ini penyebabnya

Penyakit Liver – Liver atau hati adalah organ terbesar dalam tubuh padat dan juga dianggap kelenjar karena di antara banyak fungsi, itu membuat dan mengeluarkan empedu. Liver ini terletak di bagian kanan atas perut dilindungi oleh tulang rusuk.

Penyakit liver adalah salah satu penyakit yang menyerang organ hati. Hayi (liver) sebagai organ tubuh yang penting memiliki peranan yang besar sebagai penetral racun dari hasil metabolisme. Penyakit liver pada hati adalah kerusakan sel-sel yang menurunkan fungsi hati sebagai penetral racun sehingga akan terjadi gangguan yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan kesehatan.

Penyebab penyakit liver ada berbagai macam. Pertama, penyakit ini disebabkan oleh infeksi kronis pada penderita hepatitis yang sudah berkelanjutan. Kedua, para peminum alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko tinggi terkena penyakit liver. Selain itu mengkonsumsi obat medis secara sembarangan tanpa adanya resep atau anjuran dokter dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ hati.

Semua faktor penyebab di atas jika tidak memperoleh pengobatan akan menimbulkan gejala yang disebut sirosis hati. Sel-sel hati akan mengalami peradangan bahkan kematian sel akibat dari penyebab di atas. Jika fungsi hati sudah mulai menurun maka berbagai macam aktivitas yang bergantung pada organ hati akan terganggu. Pengobatan medis yang dilakukan untuk pasien pada tahap awal umumnya adalah mengatasi penyebabnya.

Jika penyebab penyakit liver tersebut karena masalah infeksi maka pemberian obat untuk mengatasi infeksi akan membantu menghambat proses kerusakan hati. Menghentikan konsumsi alkohol dan mengurangi asupan garam juga dapat membantu menyelamatkan fungsi organ hati anda. Jika organ hati sudah mengalami disfungsi yang cukup kronis maka perlu dilakukan tindakan medis lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada beberapa gejala yang muncul saat seseorang mulai mengalami penyakit liver. Gejala yang timbul adalah seperti berikut:

  • Mengalami mual dan terserang diare
  • Terjadi perubahan warna urine, urin menjadi lebih keruh berwarna cokelat pekat
  • Persendian akan terserang rasa nyeri
  • Menurunnya nafsu makan
  • Selalu lemas dan lelah
  • Kemudian timbul nyeri pada ulu hati
  • Terjadi perubahan warna kulit dan bola mata, menjadi kuning

Pengobatan Penyakit Liver

  • Setiap penyakit liver akan memiliki cara pengobatan sendiri yang spesifik. Sebagai contoh, hepatitis A memerlukan perawatan suportif untuk mempertahankan hidrasi sementara perkelahian sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi. Pasien dengan batu empedu mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat kantong empedu. Penyakit lain mungkin perlu jangka panjang perawatan medis untuk mengontrol dan meminimalkan konsekuensi dari penyakit mereka
  • Pada pasien dengan sirosis dan stadium akhir penyakit liver, pengobatan mungkin diperlukan untuk mengontrol jumlah protein diserap dalam makanan.
  • Pada pasien dengan jumlah besar cairan asites (cairan terakumulasi di rongga perut), cairan berlebih mungkin harus sesekali dihapus dengan jarum suntik (paracentesis).
  • Operasi mungkin diperlukan untuk mengobati hipertensi portal dan meminimalkan risiko perdarahan.
  • Transplantasi liver adalah pilihan terakhir bagi pasien yang telah gagal live

Lakukan pencegahan penyakit liver. Sebaiknya anda menghindari rokok, minuman beralkohol dan obat-obatan sembarangan agar terhindar dari berbagai gangguan hati akibat toksin atau racun yang berasal dari bahan kimia di atas.

Selanjutnya anda juga tidak boleh sembarangan jajan di pinggir jalan karena virus hepatitis bisa menjangkit nada yang mungkin sedang berdaya tahan tubuh lemah. Lakukan vaksin hepatitis A dan B saat balita pada anak untuk menghindari infeksi di kemudian hari. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap berbagai macam organ vital tubuh kita secara rutin minimal dua tahun sekali. Jangan remehkan penyakit yang satu ini karena jika telat diatasi maka akan menjadi penyakit yang bisa merenggut nyawa anda dan keluarga. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

 

Penyakit Liver Ini Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*