Penyakit Liver itu apa ?

Penyakit Liver itu apa ?

penyakit liver

penyakit liver

Penyakit liver atau hati adalah gangguan fungsi hati yang berakibat penyakit. Hati bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi kritis dalam tubuh hilangnya fungsi-fungsi hati dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh. Penyakit Liver juga disebut sebagai penyakit hatim (Liver=hepatic).

Penyakit liver adalah istilah yang luas yang mencakup semua masalah potensial menyebabkan gagal hati untuk melakukan fungsi dalam tubuh. Biasanya, lebih dari 75% atau tiga perempat dari jaringan hati perlu terpengaruh sebelum terjadi penurunan fungsi.

Penyakit liver atau hati dapat disebabkan oleh virus, yang dikenal dengan penyakit hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis non A dan non B. Selain itu, penyakit hati dapat pula berasal dari pola konsumsi makanan yang salah atau zat-zat kimia yang terkandung dalam obat, seperti antibiotika, parasetamol, arsenal, dan obat-obatan yang dikonsumsi manusia dalam bentuk hidangan fast food. Jangan dilupakan pula bahwa zat-zat cemaran dari polusi udara mampu menyerang hati secara lambat laun tetapi pasti. Timah hitam (Pb) dan kadmium (Cd) merupakan kntaminan terbesar dari seluruh debu logam di udara. Kontribusi terbesar Pb dan Cd berasal dari knalpot kendaraan bermotor yang selain mencemari udara, juga dapat mencemari makanan dan air. Zat-zat polutan tersebuta akan disimpan secara akumulatiof dalam hati dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sirosis hati.

Penyakit Liver- Liver dapat rusak dengan berbagai cara:
1. Sel  terjadi peradangan (seperti pada hepatitis: hepar = liver + itis = peradangan).
2. Aliran empedu terhambat (seperti di kolestasis: chole = empedu + stasis berdiri =).
3. Kolesterol atau trigliserida menumpuk (seperti di steatosis; steat = lemak + osis = akumulasi).
4. Jaringan liver rusak oleh bahan kimia dan mineral, atau disusupi oleh sel-sel abnormal.

Penyebab Penyakit Liver

  • Penyakit Liver- Penyalahgunaan alcohol, Alkohol secara langsung racun bagi sel hati dan dapat menyebabkan peradangan hati, disebut sebagai hepatitis alkoholik.
  • Sirosis
    Penyakit Liver- Sirosis adalah tahap akhir dari penyakit liver atau hati. Jaringan parut pada hati dan hilangnya sel hati berfungsi menyebabkan hati untuk gagal.
  • Penyakit Liver- Banyak jamur beracun bagi liver dan makan jamur tak dikenal berkumpul di alam liar dapat mematikan.
  •  Infeksi hepatitis
    Penyakit Liver- Hepatitis A adalah infeksi virus yang menyebar terutama melalui rute fecal-oral ketika sejumlah kecil dari kotoran yang terinfeksi secara tidak sengaja tertelan.
    Hepatitis B ditularkan oleh paparan cairan tubuh (jarum dari pencandu obat, darah yang terkontaminasi, dan kontak seksual) dan dapat menyebabkan infeksi akut, tetapi juga dapat berkembang menjadi kronis menyebabkan peradangan (hepatitis kronis) yang dapat menyebabkan sirosis dan kanker liver.
    Hepatitis C menyebabkan hepatitis kronis.
    Hepatitis D adalah virus yang membutuhkan infeksi bersamaan dengan hepatitis B untuk bertahan hidup, dan menyebar melalui paparan cairan tubuh (jarum dari pencandu obat, darah yang terkontaminasi, dan kontak seksual).
    Hepatitis E adalah virus yang menyebar melalui paparan makanan dan air yang terkontaminasi.
  • Virus Lain
    Penyakit Liver- Virus lain juga dapat menyebabkan peradangan liver atau hepatitis sebagai bagian dari cluster gejala. Infeksi virus dengan infeksi mononucleosis (virus Epstein Barr), adenovirus, dan virus sitomegalo dapat mengobarkan liver. Non-virus infeksi seperti toksoplasmosis dan Rocky Mountain spotted fever adalah penyebab kurang umum.
  • Akumulasi  Lemak
    Penyakit Liver- NASH atau non-alkohol steatohepatitis (juga disebut sebagai “fatty liver”) menggambarkan akumulasi lemak dalam liver yang dapat menyebabkan peradangan liver dan penurunan bertahap dalam fungsi liver.
  • Hemochromatosis
    Penyakit Liver- Hemachromatosis (kelebihan zat besi) adalah gangguan metabolisme yang mengarah ke kadar besi abnormal dalam tubuh. Kelebihan zat besi dapat terakumulasi dalam jaringan dari, pankreas jantung liver, dan dan dapat menyebabkan peradangan, sirosis, kanker liver, dan gagal liver. Hemachromatosis adalah penyakit yang diwariskan.
  • Penyakit Wilson
    Penyakit Liver- Penyakit Wilson merupakan penyakit bawaan yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme tembaga. Penyakit Wilson dapat menyebabkan sirosis dan gagal liver.
  • Penyakit Gilbert
    Penyakit Liver- Pada penyakit Gilbert, adalah kelainan dalam metabolisme bilirubin dalam liver.
  • Kanker
    Penyakit Liver- Kanker primer liver timbul dari struktur liver dan sel. Dua contoh termasuk karsinoma hepatoseluler dan cholangiocarcinoma.
  • Kelainan Aliran Darah
    Penyakit Liver- Budd Chiari syndrome adalah penyakit di mana gumpalan darah terbentuk di vena hepatik dan mencegah darah meninggalkan liver.
  • Sirosis bilier primer dan primary sclerosing cholangitis
    Penyakit Liver- Sirosis bilier primer dan primary sclerosing cholangitis dapat menyebabkan jaringan parut progresif dari saluran-saluran empedu, menyebabkan mereka untuk menjadi sempit, yang menghasilkan aliran empedu dikurangi melalui liver.

Penyebab dan Risiko Penyakit Liver

Penyakit liver atau hati dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang bervariasi. Penyebab-penyebabnya termasuk:

  • Kerusakan-kerusakan bawaan sejak lahir atau kelainan-kelainan hati yang hadir pada kelahiran
  • Kelainan-kelainan metabolisme atau kerusakan dalam proses dasar tubuh
  • Infeksi-infeksi virus atau bakteri
  • Alkohol atau keracunan oleh racun
  • Obat-obat terentu yang merupakan racun bagi hati
  • Kekurangan Gizi (nutrisi)
  • Trauma atau luka

Penyakit Liver itu apa ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*