Penyakit Liver Keturunan

Penyakit Liver Keturunan

 

Penyakit Liver Keturunan

Penyakit Liver Keturunan

Penyakit liver merupakan satu dari 10 penyakit terbesar penyebab kematian di Indonesia. Menurut data WHO tahun 2013, angka penderita penyakit liver di Indonesia diperkirakan mencapai 28 juta orang. Artinya, di dalam setiap 10 orang Indonesia, terdapat lebih dari satu orang penderita penyakit liver. Sekitar 70% dari jumlah tersebut adalah penderita Hepatitis B, sementara 10 juta di antaranya merupakan penderita fibrosis hati, serta 3 hingga 5 juta dari populasi tersebut terkena sirosis hati.

Serangan beberapa penyakit liver termasuk virus hepatitis B dan C serta zat-zat berbahaya bisa merusak dan menghancurkan organ hati secara total. Hal ini disebabkan terjadinya parut (fibrosis) di saat penyembuhan hati di bagian yang rusak. Bentuk parut bisa menjadi semakin banyak dengan semakin parahnya hepatitis. Akibatnya terjadi sirosis yaitu kondisi organ hati yang penuh parut yang berakibat hati tidak lagi dapat berfungsi secara normal.

Hingga saat ini dikenal 8 jenis virus hati yang menyebabkan penyakit liver. Diantara virus tersebut, virus yang paling jahat dan dapat dengan mudah menular adalah virus hepatitis B yang biasa disebut HVB dan virus hepatitis C (HCV).

Seorang anak bisa dicurigai mengalami masalah hati melalui penampilan fisiknya yang tampak kuning. tanda-tanda lain bisa berbentuk mual/muntah, menurunnya nafsu makan, pembesaran perut terlebih bagian kanan atas, air seni berwarna lebih gelap (layaknya teh), serta tinja berwarna lebih pucat (dempul). apalagi, pada situasi yang berat, bisa timbul bengkak pada ke-2 kaki akibat menyusutnya produksi albumin oleh hati ; tangan terlihat kemerahan (palmar eritema), spider nevi sampai berlangsungnya perdarahan saluran cerna. bila anak anda alami tanda-tanda seperti diatas, kontrol fisis yang lengkap serta laboratorium yang mendukung sangat dibutuhkan.

Untuk ibu hamil yang belum pernah memperoleh imunisasi hepatitis b, kerjakan kontrol serologi hepatitis b. apabila HBSAg-nya negatif, baiknya ibu memperoleh imunisasi hepatitis b. bila HBSAg-nya positif, maka bisa dikerjakan tindakan pencegahan tambahan pada bayi yang lahir memberikannya immunoglobulin hepatitis b.

Gejala Penyakit Liver

Hampir semua peradangan pada liver menimbulkan gejala kuning pada tubuh, hal ini disebabkan menurunnya fungsi liver. Namun, hal ini tergantung pada penyebab, gejala serta tanda penyertanya yang seringkali tidak sama. Jika disebabkan oleh infeksi, umumnya akan disertai demam, nyeri kepala, lesu, dan lemah. Selain itu, keluhan mual dan muntah juga selalu menyertai penyakit liver ini.

Bila diperhatikan, kulit dan bagian putih pada mata akan tampak kuning, begitu juga dengan air seni yang akan berubah menjadi berwarna seperti teh. Gejala penyakit liver lainnya adalah nafsu makan menjadi hilang, susah bernafas, gangguan pada pencernaan seiring berjalannya waktu, timbul alergi atau bahkan tidak menyukai makanan sama sekali.

Selain semua gejala penyakit liver diatas, biasanya juga ada rasa tidak enak di perut bagian kanan atas dan terasa nyeri kalau ditekan. Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak semua penyakit liver akan menyebabkan gejala kuning pada kulit dan bagian putih pada mata.

Untuk mengobati dan mencegah penyakit liver, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah Super Lutein S-Lutena. Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini.

Mengapa harus Super Lutein (S. Lutena)? Peranan Super Lutein (S.Lutena) sebagai herbal untuk Membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam super lutein (S.Lutena) yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Penyakit Liver Keturunan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*