Penyakit Liver Komplikasi

Penyakit Liver Komplikasi

 

Penyakit Liver – Sirosis adalah kondisi medis kronis yang disebabkan oleh peradangan hati, dan ditandai oleh kerusakan dan gangguan fungsi hati. Pada sirosis, jaringan sehat hati digantikan oleh jaringan parut dan menghalangi aliran darah ke hati. Sirosis umumnya disebabkan oleh faktor-faktor seperti konsumsi alkohol yang berlebihan dan kondisi medis tertentu seperti hepatitis B dan C. Namun, dalam beberapa kasus, sirosis bisa terjadi karena gabungan berbagai sebab yang tidak selalu spesifik.

Penyakit liver atau hati adalah sejenis penyakit yang menyebabkan mengerasnya hati. Penyakit ini timbul karena bertambahnya serabut-serabut pada jaringan hati serta rusaknya sel-sel hati tersebut. Penyakit liver kronis ini timbul karena kurang gizi makanan, hama, terlalu capek, atau karena keracunan akibat menengguk minuman keras.

Penyakit liver atau hati ini berkembang secara perlahan-lahan. Biasanya belum diketahui, penyakit ini sudah dalam taraf berat. Pada awalnya penderita merasa lemah dan kurang berat badan. Kemudian kurang selera makan dan kemungkinan terganggu pencernaan.

Penyakit Liver KomplikasiBerikut adalah beberapa gejala dari penyakit liver kronis, antara lain :

  • Kulit dan selaput putih mata yang mungkin akan berubah warna menjadi kuning, Gejala ini biasa dikenal sebagai penyakit kuning. – Warna kuning timbul disebabkan oleh cairan empedu yang berlebihan kadarnya dalam darah.
  • Sering muntah dan kehilangan selera makan.
  • Mudah depresi
  • Sering merasakan nyeri pada bagian kanan atas perut
  • Badan gampang lelah dan terasa sakit (malaise)
  • Urin berwarna cokelat pekat seperti teh
  • Warna tinja / feces pucat
  • Kehilangan berat badan dengan cepat
  • Kadar gula darah rendah (Hipoglikemia)
  • Gairah seks menurun
  • Terjadinya pembesaran pada pembuluh vena (varises)

Gejala Penyakit Liver

Gejala pada kerusakan liver berbeda tergantung dari penyebabnya, namun ada beberapa gejala umum yang timbul, yaitu :

Jaundice atau Kuning

Gejala yang paling sering ditemukan, yang mana disebabkan oleh gangguan metabolisme dan aliran empude. Kuning yang disebabkan gangguan liver harus dilihat dari mata penderita dan bukan dari kulit atau telapak tangan.

Mual dan Muntah

Apabila terjadi kerusakan pada liver, maka pencernaan akan terganggu dan menimbulkan rasa mual dan muntah.

Muntah dan BAB Darah Hitam

Jika kerusakan liver masuk fase sirosis, komplikasi yang menyertai adalah perdarahan dari lambung yang menimbulkan muntah dan kotoran yang berwarna hitam.

Perut Membuncit

Muncul pada kerusakan liver fase sirosis akibat penempukan cairan didalam rongga perut. Gejala lain yang muncul antara lain, mudah lebam dan berdarah akibat gangguan pembentukan faktor pembekuan, rasa lemas dan lelah.

Mengobati Penyakit Liver

Mengobati penyakit liver secara alami bisa dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar seperti : kol atau kubis, wortel, buncis, brokoli, apel, tomat, jeruk, jambu biji, pepaya, apukat dan belimbing buah atau manis.Dalam mengobati penyakit liver secara alami anda juga harus memperhatikan pola makan sehari-hari, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung banyak vitamin terutama vitamin B6 dan B12, hati dan ikan.

Mengobati penyakit liver secara alami juga harus memperhatikan makanan yang perlu di hindari, yaitu makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan yang di bakar atau di asapin seperti sate dan ayam bakar, usahakan untuk menghindari makanan yang di olah dari bahan sapi, kambing, ayam, cumi-cumi, kepiting, udang dan kerang, buah-buahan juga ada yang perlu dihindari seperti buah nanas, durian, nangka dan belimbing sayur, semua makanan yang perlu dihindari ini kalau sering mengkonsumsinya bisa mengakibatkan kambuh lagi penyakit livernya atau kalau lagi dalam masa pengobatan bisa memperlambat proses kesembuhannya atau bahkan sulit untuk sembuh.

Untuk mengobati dan mencegah penyakit liver, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan yang baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu suplemen kesehatan yang terbaik adalah Super Lutein S-Lutena. Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi buah dan sayuran paling lengkap untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit sekaligus menjaga kesehatan. Lebih dari 1,4 juta orang di seluruh dunia telah mengkonsumsi produk dengan kandungan Lutein nomor satu di Jepang ini.

Penyakit Liver Komplikasi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*