Penyebab Gagal Liver

Penyebab Gagal Liver

Penyebab Gagal Liver

Penyebab Gagal Liver – Gagal liver akut terjadi ketika liver kehilangan kemampuannya untuk berfungsi. Biasanya gagal liver muncul perlahan dalam waktu beberapa tahun. Tetapi, pada gagal liver akut, gagal liver muncul dalam waktu beberapa hari saja.

Gagal liver akut dapat menyebabkan banyak komplikasi, termasuk perdarahan berlebih dan peningkatan tekanan di dalam otak. Sebutan lainnya untuk gagal liver akut adalah gagal liver fulminan. Gagal liver akut adalah suatu emergensi medis yang memerlukan perawatan rumah sakit. Beberapa kasus gagal liver akut dapat disembuhkan dengan pengobatan. Tetapi dalam beberapa kasus yang lain, transplant liver mungkin bisa menjadi satu-satunya penyembuh gagal liver akut.

Pada kebanyakan kasus, gagal liver terjadi secara bertahap dalam beberapa waktu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Namun dalam kasus tertentu gagal liver dapat terjadi dengan cepat atau dikenal sebagai gagal liver akut dan terjadi dengan cepat (kurang dari 45 jam). Kasus gagal liver akut sangat sulit untuk dideteksi dari awal, maka dari itu mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab sangat diperlukan guna mencegah penyakit serius tersebut datang di hidup Anda.

 

Penyebab Gagal Liver Secara Umum

Kebanyakan kasus gagal liver disebabkan oleh Hepatitis B, C, penyakit sirosis, malnutrisi dan hemochromatosis (kelainan bawaan yang menyebabkan tubuh menyerap dan menyimpan terlalu banyak zat besi).

Namun selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya kegagalan fungsi liver. Gagal liver akut terjadi ketika sel-sel liver yang rusak secara signifikan dan tidak mampu lagi untuk berfungsi. Penyebab gagal liver akut dapat disebabkan oleh :

 

  1. Overdosis acetaminophen

Yang berlebihan itu memang sangatlah tidak baik, termasuk bila Anda mengonsumsi obat termasuk suplemen atau vitamin sekalipun jika dosisnya tidak tepat bukan kesembuhan yang didapat, namun akan semakin memperparah kondisi yang ada.

Kelebihan penggunaan suplemen gizi dapat menyebabkan peningkatan produksi enzim liver yang berakibat munculnya peradangan dan jaringan parut organ. Mengonsumsi terlalu banyak acetaminophen (Tylenol, dan lain-lain) adalah penyebab gagal liver akut yang paling umum di Amerika Serikat. Gagal liver akut dapat terjadi jika mengonsumsi acetaminophen dengan dosis yang sangat besar sekaligus.

Atau dapat terjadi jika mengonsumsi acetaminophen dengan dosis yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan setiap hari selama beberapa hari berturut-turut, terutama pada orang dengan penyakit liver kronis.

 

  1. Resep obat

Terlalu sering mengonsumsi obat memiliki efek buruk salah satunya adalah kerusakan organ liver. Beberapa antidepresant, stabilisator suasana hati, bila digunakan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan liver, dan bahkan penyakit lainnya.

 

  1. Hepatitis dan virus lainnya

Hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis E dapat menyebabkan gagal liver akut. Virus lain yang dapat menjadi penyebab gagal liver akut termasuk virus Epstein-Barr, cytomegalovirus, dan virus herpes simpleks.

 

  1. Racun

Racun yang dapat menjadi penyebab gagal liver akut termasuk jamur liar beracun Amanita phalloides, yang kadang-kadang keliru dengan spesies jamur yang dapat dimakan.

 

  1. Penyakit autoimun

Gagal liver dapat disebabkan oleh hepatitis autoimun, yang merupakan sebuah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel liver, menyebabkan peradangan dan cedera.

 

  1. Penyakit pembuluh darah di liver

Penyakit pembuluh darah, seperti sindrom Budd-Chiari, dapat menyebabkan penyumbatan yang terbentuk dalam pembuluh darah liver dan menjadi penyebab gagal liver akut.

 

  1. Alkohol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang minum alkohol lebih cenderung menderita masalah yang berhubungan dengan organ liver. Alkohol merupakan salah satu penyebab gagal liver dan terjadinya penyakit liver lainnya seperti peradangan, lemak liver dan sirosis. Liver memiliki fungsi untuk mengurai makanan dan mengubahnya menjadi energi. Otomatis ketika liver mengalami kerusakan karena cairan alkohol, sel-selnya pun akan ikut rusak dan mengalami kegagalan fungsi.

 

 

  1. Kelebihan asupan garam

Asupan garam yang tinggi dapat selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, lama-kelamaan juga bisa meningkatkan retensi air di liver dan nantinya akan membengkak. Hal ini dapat menyebabkan peradangan liver juga penyebab gagal liver. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ ireiversebel.

 

 

Penyebab Gagal Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*