Penyebab Kerusakan Liver

Penyebab Kerusakan Liver

Penyebab Kerusakan Liver

Liver adalah organ yang sangat aktif metabolik. Hati sangat penting bagi kelangsungan hidup tubuh manusia. Meskipun semua ini, tubuh manusia dapat menahan hilangnya sekitar 60% dari liver yang normal. Hal ini karena hati memiliki kemampuan untuk meregenerasi sendiri. Namun, masalah hati tidak harus dipandang santai. Dalam kasus terjadinya penyebab kerusakan liver tersebut, Anda harus segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk intervensi yang diperlukan.

 

Gejala awal kerusakan liver termasuk kelelahan, kelemahan, kurang nafsu makan, kehilangan energi, penurunan berat badan dan mual.

  • Suatu liver yang rusak tidak dapat menghapus bilirubin dari darah. Kulit dan bagian putih mata menjadi kuning karena kehadirannya dalam darah. Kondisi ini disebut penyakit kuning, yang merupakan salah satu gejala utama kerusakan liver.
  • Kuku berubah warna dan penampilan. Mereka menjadi lebih melengkung (clubbing) dan terlihat putih bukan merah muda.
  • Kehilangan nafsu makan terjadi dan akhirnya dapat mengakibatkan penurunan berat badan dan anemia. Ada pencernaan atau metabolisme yang tidak benar dari protein, lemak dan karbohidrat.  Penyebab Kerusakan Liver
  • 20% dari pasien yang menderita penyakit hati terjadi penggelapan warna kulit mereka.
  • Tinja pasien menjadi lebih ringan dalam warna. Hal ini disebabkan tidak adanya empedu di dalamnya.    Penyebab Kerusakan Liver
  • Sindrom iritasi usus adalah tanda lain umum dari kerusakan hati.
  • Pada banyak pasien kerusakan liver, pembesaran hati dapat diamati. Ini disebut hepatomegali. Ada pelebaran bagian perut bawah kanan bawah tulang rusuk.
  • Tingkat keparahan masalah di atas dapat meningkatkan tekanan pada diafragma. Ini lebih lanjut dapat mengakibatkan komplikasi pernapasan.

 

Penyebab Kerusakan Liver

Banyak hal yang dapat memengaruhi organ liver dalam tubuh kita. Berikut di bawah ini merupakan apa apa saja yang menyebabkan kerusakan liver yang mengakibatkan penyakit pada liver.

 

  1. Hepatitis

Ini adalah salah satu alasan penyebab kerusakan liver yang paling penting. Hepatitis A, B, C, D, dan G adalah virus yang merusak organ liver. Gejala utama dari masalah ini adalah penyakit kuning, malaise dan anoreksia. Hal ini biasanya menyebabkan peradangan pada liver. Apa yang terjadi ini adalah karena liver mulai menghadapi masalah dalam menyaring makanan. Hal ini menjadi penyebab kerusakan liver dan penyakit menular terlebih hepatitis c.

 

  1. Sirosis

Sirosis adalah kondisi medis yang merusak jaringan liver. Ini membunuh sel-sel pada liver kemudian membentuk jaringan bekas luka. Penyebab kerusakan liver ini memiliki dampak negatif pada sel-sel liver dan darah, yang berarti bahwa liver tidak bisa lagi membersihkan darah dari racun. Darah juga tidak dapat mengalir bebas melalui liver dan sel-sel liver. Pencernaan juga terpengaruh karena sekresi empedu dari liver terkena. Empedeu tidak bisa lagi mengeluarkan racun keluar dari tubuh.

 

  1. Overdosis obat

Penyebab Kerusakan LiverObat-obatan tertentu kadang juga dapat menjadi penyebab kerusakan liver karena merusak jaringan liver. Hal ini dapat terjadi jika seseorang mengalami overdosis obat. Resep sesuai petunjuk dokter tidak memengaruhi liver, tetapi jika dikonsumsi lebih dari itu ada kemungkinan timbul masalah. Obat-obatan tertentu, bagaimanapun juga memengaruhi liver bahkan ketika diminum dalam jumlah kecil. Namun hal itu hanyalah masalah sementara dan fungsi liver kembali normal ketika obat dihentikan.

 

  1. Penyakit wilson

Ini adalah penyebab kerusakan liver lain dimana terjadi penumpukan tembaga dalam tubuh. Gejala pertama dari masalah ini adalah kerusakan pada liver. Ini adalah kelainan bawaan yang mengurangi kemampuan tubuh kita untuk proses metabolisme tembaga dan juga dapat menyebabkan sirosis.

 

  1. Kelainan pada aliran darah dan empedu

Pembentukan bekuan darah dalam vena hepatik mencegah aliran darah dari jantung ke liver. Apa yang terjadi berikutnya adalah bahwa tekanan dalam vena portal meningkat dan ini menjadi penyebab kerusakan liver. Batu empedu dapat menghambat aliran empedu dari liver ke kantong empedu dan kemudian ke usus. Jika ada semacam obstruksi pada saluran empedu, maka dapat mencegah empedu mengalir bebas.

 

  1. Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol berlebih juga dapat menjadi penyebab kerusakan liver, karena kerusakan jaringan liver yang mengakibatkan peradangan pada liver. Seseorang yang mengonsumsi alkohol berlebihan, seringkali mempunyai liver yang tidak berfungsi dengan baik.

 

Jika Anda mendapati gejala-gejala yang terdapat diatas segeralah konsultasikan ke dokter terdekat Anda. Semoga bermanfaat…

 

 

 

Penyebab Kerusakan Liver

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*