Penyebab Penyakit Liver Dan Gejalanya

Penyebab Penyakit Liver Dan Gejalanya

 

 

Penyebab Penyakit Liver -Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit hati atau liver dapat disebabkan oleh virus, yang dikenal dengan penyakit hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis non A dan non B. Selain itu, penyakit hati dapat pula berasal dari pola konsumsi makanan yang salah atau zat-zat kimia yang terkandung dalam obat, seperti antibiotika, parasetamol, arsenal, dan obat-obatan yang dikonsumsi manusia dalam bentuk hidangan fast food.

Penyebab Penyakit Liver Dan Gejalanya

Penyebab Penyakit Liver Dan Gejalanya

Penyebab penyakit liver adalah :

  • Pola hidup yang tidak sehat penyebab penyakit liver
  • Aktivitas tinggi dan olahraga berlebihan tanpa diimbangi oleh istirahat dan pola tidur yang baik.
  • Minum obat berlebihan penyebab penyakit liver
  • Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan higienis
  • Minum alkohol berlebihan penyebab penyakit liver
  • Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang penyebab penyakit liver

Banyak faktor penyebab penyakit liver yang menjadi pemicu utama seseorang terserang penyakit, faktor penyebab penyakit liver yang paling banyak, diantaranya adalah :

1. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan yang terdiri dari kebersihan akan diri pribadi dan lingkungan sekitar tempat tinggal yang dirasa kurang nyaman, kurang bersih dan sebagainya menjadi salah satu pemicu utama seeorang dengan mudah terserang penyakit. Misalnya dari kurangnya perhatian terhadap kebersihan akan makanan, kebersihan tubuh dsb. Segala macam virus, bakteri, dan jamur mudah sekali masuk ke dalam makanan.

2.Faktor Psikologis

Faktor psikologis atau psikis seperti stress, depresi juga menjadi faktor penyebab penyakit liver yang paling banyak terjadi pada seseorang, misalnya ketika mengalami suatu masalah kemudian berakibat pada kondisi fisik yang semakin menurun memudahkan penyakit datang dan hinggap pada diri kita.

3. Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk juga menjadi alasan utama mengapa penyakit mudah hinggap pada tubuh sesseorang seperti merokok, minum alkohol, minuman bersoda, makanan cepat saji, makanan yang banyak mengandung pengawet, bahan pewarna makanan kimia dsb. Jelas menjadi faktor utama yang penyakit mudah datang. Akibat dari kebiasaan buruk ini memicu datangnya penyakit, seperti diabetes mellitus, stroke, serangan jantung, obesitas, penyakit gangguan fungsi hati atau liver dsb.

Ciri-ciri Penyakit Liver

Dibandingkan dengan penyakit luar, untuk mengetahui gejala dari penyakit yang menyerang organ dalam memang cenderung lebih sulit, mengingat tak terlihat secara langsung. Namun untuk jenis penyakit liver ini cukup mudah untuk dideteksi karena memberikan gejala nyata dibandingkan dengan jenis penyakit diabetes maupun kanker. Beberapa gejala yang wajib untuk anda waspadai diantaranya adalah:

  • Nafsu makan menghilang, hilangnya nafsu makan biasanya juga disertai dengan beberapa gejala seperti mual dan juga muntah saat anda mencoba memaksakan diri untuk makan, dengan kata lain organ dalam tubuh memang tak bisa menerimanya.
  • Sering merasakan nyeri pada perut bagian kanan tempat organ hati.
  • Mudah lelah dan kehilangan tenaga.
  • Sering kali mengalami depresi.
  • Persendian terasa nyeri.
  • Warna kulit dan juga bola mata berubah menjadi kuning, hak ini terjadi pada mereka yang terserang virus hepatitis.
  • Air seni berubah menjadi gelap seperti air teh.

Mencegah Penyakit Liver

Pencegahan penyakit liver yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja, seperti membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu. Pencegahan penyakit liver yang kedua adalah menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri

Pencegahan penyakit liver yang ketiga adalah menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, terutama yang berupa kapsul, pil atau jarum suntik. Pencegahan penyakit liver selanjutnya adalah melakukan hubungan intim yang aman, menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku, menyeimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya, jangan mengkonsumsi obat-obatan medis secara terus menerus.

Cobalah beralih pada obat-obatan herbal tradisional, menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia, mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet yang diperuntukkan hanya untuk diet yang berimbang guna menjaga fungsi hati agar tetap sehat, dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis a, mengatur pola istirahat yang cukup dan teratur, misalnya mengatur waktu tidur dan bangun tidur lamanya tidur 6-7 jam perhari.

Itulah beberapa penyebab penyakit liver. Semoga artikel penyebab penyakit liver ini dapat bermanfaat.

Penyebab Penyakit Liver Dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*